Home » » Cara Menyimpan Pakan Burung Biar Lebih Awet

Cara Menyimpan Pakan Burung Biar Lebih Awet

Hobi Burung Kicau - Cara Menyimpan Pakan Burung Agar Lebih Awet. Seiap kicaumania atau penghobi burung kicau pastinya mempunyai stok pakan burung yang mencukupi. Karena pakan burung menjadi unsur pokok dalam merawat dan memelihara burung kicau kesayangan. Pakan burung yang manis dan berkualitas menjadi penentu manis tidaknya burung kicau anda. Voer, kroto, jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, yaitu beberapa jenis pakan burung yang wajib kita miliki. Namun bagaimana cara menyimpan pakan burung semoga lebih infinit dan tahan lama? Banyak teman-teman kicaumania yang mengalami persoalan dalam menyimpan pakan burung yang benar. Kebanyakan mendapati pakannya mati, busuk, atau sudah tak layak diberikan. Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, pakan yang mati dan anyir terang merugikan kita. Untuk itu kami akan membuatkan tips meyimpan pakan burung semoga lebih infinit dan tidak gampang busuk.

Cara Menyimpan Pakan Burung Agar Lebih Awet CARA MENYIMPAN PAKAN BURUNG AGAR LEBIH AWET

Cara menyimpan pakan burung semoga lebih awet dan tidak gampang anyir sesungguhnya sangat gampang dan sederhana. Alangkah baiknya anda menyimpan pakan di daerah yang layak sehingga pakan masih terjaga kualitasnya. Secara bahan terang anda akan rugi jikalau pakannya anyir dan mati (pakan hidup). Pakan yang seharusnya untuk beberapa hari lenyap dalam beberapa saat. Pakan burung pun semakin mahal alasannya yaitu imbas dari penaikan harga BBM oleh pemerintah. Untuk menyiasati itu, anda harus membaca artikel ini hingga selesai. Karena kami akan memperlihatkan tips-tips untuk anda dalam menyimpan pakan burung. Berikut ini tipsnya.

Cara Menyimpan Pakan Burung Agar Lebih Awet


Ada beberapa jenis pakan yang akan kita bahas beserta cara penyimpanannya. Mari sobat kita simak yang berikut ini dengan saksama.

1. Cara Menyimpan Ulat Hongkong dan Ulat Kandang
Ulat hongkong dan ulat sangkar yaitu serangga yang merupakan extra food (EF) yang sangat penting untuk burung kicau. UH dan UK yaitu EF wajib bagi banyak burung kicau menyerupai pleci, ciblek, cendet, kacer/poci, CI, dan lain-lain. Namun banyak teman-teman kicaumania yang kesulitan bagaimana cara menyimpan UH dan UK yang benar. Khususnya bagi para kicaumania pemula, anda sanggup menyimpan UH dan UK di dalam wadah yang sanggup digantung. Pastikan toples mendapat udara yang baik namun tetap kondusif dari semut atau cicak. Gantung toples/wadah dan pada gantungannya diberi paslin/vaslin atau oli semoga tidak disemuti. Agar UH dan UK tetap hidup, berikan voer secukupnya (sebagai pakan). Bisa juga diberi ketela/singkong sebagai pakan ulat.

2. Cara Menyimpan Kroto
Kroto ketika ini berharga cukup mahal. Di banyak sekali toko pakan burung, kroto semakin langka sehingga harganya menjadi lebih mahal. Nah alasannya yaitu harganya yang mahal maka anda harus cendekia menyimpannya semoga infinit dan tetap terjaga kualitasnya. Nah untuk menyimpan kroto semoga awet, lakukan cara berikut ini :
  • Bersihkan kroto dari semut dan kotorannya.
  • Kemudian masukkan kroto yang sudah higienis ke dalam wadah yang rapat (toples atau tupperware).
  • Masukkan toples/wadah ke dalam kulkas (bukan freezer) semoga awet.
  • Jika tidak mempunyai kulkas/lemari pendingin, gunakan besek atau loyang sebagai medianya.
  • Masukkan kroto yang gres anda beli ke dalam besek terbuka (sekalian semutnya). Lalu digantung.
  • Jangan lupa berikan oli atau paslin/vaslin di gantungannya semoga tidak disemuti.
  • Berikan daun mangga 3 lembar dan harus diganti setiap hari.

3. Cara Menyimpan Jangkrik
Jangkrik termasuk serangga yang sifatnya kanibal (memakan sesama). Untuk itu dalam menyimpan jangkrik anda harus menyesuaikan jumlah jangkrik dan wadahnya. Jangan menempatkan jangkrik yang terlalu banyak dalam wadah yang kecil, alasannya yaitu jangkrik akan semakin gampang mati. Tipsnya yaitu sebagai berikut : 
  • Gunakan wadah yang agak luas semoga jangkrik mendapat ruang yang cukup. 
  • Pastikan jangkrik mendapat udara segar yang cukup.
  • Gantung wadah daerah jangkrik dan diberi vaslin/paslin/oli pada gantungannya semoga tidak disemuti.
  • Bisa memperlihatkan pakan jangkrik berupa kubis.

4. Cara Menyimpan Voer
Untuk voer relatif lebih gampang daripada pakan-pakan di atas. Karena voer bukan makhluk hidup, He..He. Untuk menyimpan voer, gunakan toples atau wadah yang ditutup rapat. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Simpan di daerah yang teduh. Dengan begitu kualitas voer akan tetap terjaga.

Sobat kicaukan, demikian isu yang sanggup kami sampaikan perihal cara menyimpan pakan burung semoga lebih awet. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapat banyak sekali macam isu penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!
Sobat kicaukan, jikalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Cara Menyimpan Pakan Burung

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive