Home » » Cara Ternak Jalak Suren

Cara Ternak Jalak Suren

 CARA TERNAK JALAK SUREN






Teori teori ternak burung jalak, burung yang sanggup jadi sangat menyenangkan, selain sanggup menyalurkan hobi, beternak burung jalak juga sanggup mendatangkan laba tersendiri. burung jalak yaitu burung yang suka mengeluarkan bunyi kicauan keras ini gampang dalam urusan pakan dan perawatannya. burung jalak merupakan burung tipe pemakan segala serangga dan masakan burung lain sehingga tidak ada kesulitan untuk memelihara burung jalak ini. burung yang sangat aktif bergerak kesana kemari ini mempunyai badan yang panjangnya 19-25 cm. sulit sekali membedakan betina dan jantan secara fisik, namun burung jalak ini biasannya ukuran betina lebih besar daripada sang pejantan.



Berikut ini merupakan alur dalam ternak burung jalan yang gampang mudahan sanggup membantu anda dalam beternak. berikut ini yaitu langkah-langkahnya :
  1. Memilih indukan jalak suren
    Untuk menentukan calon indukan jalak suren jantan dan betina, usia yang paling ideal yaitu berusia 1-2 tahun. Karena pada usia tersebut, jalak suren biasanya sudah siap kawin. Pastikan anda menentukan indukan jalak suren jantan dan betina dengan benar. Dan jangan lupa untuk menentukan calon indukan jalak suren yang sudah jinak dan tidak giras/liar supaya proses reproduksinya lancar.
  2. Membuat sangkar penangkaran
    Nah, untuk sangkar penangkaran jalak suren bahwasanya tidak ada ukuran baku. Tetapi berdasarkan master jalak suren yang sukses beternak, ukuran sangkar penangkaran yang ideal yaitu berukuran panjang 2 meter, lebar, 1 meter, dan tinggi sangkar 2,25 meter. Atau kalau lokasi dan lahan tidak memungkinkan, anda sanggup menciptakan sangkar dengan ukuran 1x1 meter2 dengan tinggi sangkar 1 meter pula.Untuk konstruksi kandangnya sebagai berikut :

    Dinding kanan dan kiri dan pecahan belakang sanggup dari batako atau watu bata. Yang penting jangan diplester dengan semen supaya kelembabannya tetap terjaga. Untuk dinding depan (pintunya) harus terbuka. Bisa ditutup dengan kawat ram.Untuk atapnya, separuh tertutup dan separuhnya terbuka. Separuh ditutup dengan asbes, sedangkan yang separuhnya lagi dengan kawat ram. Lantai sangkar lebih baik tanah liat/tanah saja, tidak usah diplester. Tujuannya supaya tetap lembab dan lebih cepat menyerap kotoran jalak suren. Tangkringan atau tenggeran memakai balok kayu persegi (bukan yang bulat) supaya lebih gampang dicengkeram. Sarang sanggup dibentuk dari kayu atau triplek berbentuk persegi (kotak) dengan ukuran 25 x 25 x 35 cm2. Letakkan di sangkar pecahan atas sebab sifat burung lebih bahagia bertelur di atas.Sediakan tempat mandi atau karamba sebagai media untuk mandi.
  3. Menjodohkan calon indukan jalak suren jantan dan betina
    Untuk penjodohan calon indukan jalak suren bahwasanya tidak berbeda jauh dengan proses menjodohkan burung kicau lainnya. Misalnya menyerupai burung kenari. Nah, untuk mengetahui bagaimana proses supaya jalak suren jantan dan betina cepat berjodoh dan lekas kawin, anda sanggup membacanya di sini.
  4. Mencukupi
kebutuhan pakan indukan jalak suren
Kebutuhan pakan utama dan pakan ekstra (EF) harus anda cukupi sebab dengan asupan pakan yang cukup dan berkualitas maka akan mempercepat proses reproduksi. Sebagai pakan utamanya anda sanggup memperlihatkan voer. Sedangkan pakan ekstranya anda sanggup memberi jangkrik, ulat hongkong, dan pisang kepok. Induk jalak suren betina akan bertelur 1 ahad sesudah proses kawin berhasil. Selanjutnya betina akan mengerami telur hingga menetas.


  • Merawat anakan jalak suren
    Setelah telur menetas, biasanya anakan jalak suren akan dibiarkan bersama induknya hingga umur 1 ahad atau 1 bulan. Tetapi berdasarkan pengalaman, anakan jalak suren yang berusia 1 ahad sudah diambil dan dirawat sendiri dengan cara diloloh. Masukkan anakan jalak suren ke dalam inkubator dan pisahkan sendiri-sendiri di dadlam besek/sarang buatan. Pada pecahan atas besek, ditutup dengan rotan supaya anakan sanggup istirahat. Untuk pelolohannya, memakai voer yang telah dihaluskan dan diberi sedikit air hangat supaya gampang dicerna. Untuk meloloh anakan JS anda sanggup memakai spet. Waktu meloloh yaitu setiap 1 jam sekali, dan kalau sudah agak besar 2 jam sekali, semakin besar 3 jam sekali, dan seterusnya hingga anakan sanggup makan sendiri. Dan kalau anakan JS sudah sanggup makan sendiri, anda sanggup memperlihatkan jangkrik kecil 3 kali sehari masing-masing 5 ekor. Tetapi pastikan jangkrik sudah dibersihkan dari kaki-kakinya.
  •  
     macam macam jalak suren

    Burung Jalak Bali
    Burung jalak yang satu ini tergolong binatang yang langka, penyebarannya mulai bubuhan hingga gilimanuk dengan luas penyebaran 320 kilometer persegi. bila sanggup memelihara burung ini dan membudidayakannya, berarti anda telah membantu dalam pelestarian burung jalak bali yang hampir punah.

    Burung Jalak Suren
    Burung jalak ini sanggup ditemukan di seluruh pelosok di indonesia, burung yang cocok dipelihara di dalam rumah sebab memang jinak dan mempunyai bunyi yang keras dan bervariasi dikala bertemu dengan siapapun. untuk memeliharannya juga sangat mudah, sangkar burung jalak ini harus terkena sinar matahari yang cukup supaya memperlihatkan kenyamanan sehingga produktivitasnya akan terus terjaga.

    Burung Jalak Putih
    Burung jalak yang bentuknya menyerupai dengan jalak bali dengan bulu yang berwarna putih, namun di sekitar matannya berwarna kuning tanpa bulu. harga burung jalak putih ini di pasar burung sangat mahal, berkisar 800 ribu hingga dengan 2 juta rupiah. menyerupai jalak suren, jalak putih bahwasanya gampang dibudidayakan asalakan syarat syaratnnya minimal terpenuhi.

    Burung Jalak Kerbau
    Jalak ini banyak terdapat di jawa, bali, sulawesi dan beberapa daerah asia timur. ukuran tubuhnya sedang, kurang lebih 25 cm dengan bulu bubuk bubuk bau tanah yang hampir hitam, tunggir da ujung ekornya putih. jambulnya pendek, paruh dan kakinya berwarna kuning, sementara burung sampaumur berwarna agak kecoklatan.

    Demikianlah beberapa jenis burung jalak dan bagaimana cara ternak burung jalak semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda dalam beternak burung jalak.


    By MOKHAMAD ALISURAHMAN
    SALAM KICAU MANIA BAGI SEMUA 
    KLIK SUKA/KOMEN


    0 comments:

    Search

    Popular Posts