Home » » Cara Berternak Burung Kenari

Cara Berternak Burung Kenari

CARA BERTERNAK BURUNG KENARI


Pada awalnya kebanyakan pemula mencoba untuk membeli dan memelihara  burung kenari untuk d CARA BERTERNAK BURUNG KENARIPada awalnya kebanyakan pemula mencoba untuk membeli dan memelihara burung kenari untuk didengarkan bunyi kicauannya yang beraneka ragam. Selain itu, warna kenari yang bermacam - macam sanggup menjadi penyegar dan penghilang stress bagi orang yang memeliharanya. Setelah memahami kicauan dan warna warna kenari, usang kelamaan akan terpikir sebuah inspirasi untuk beternak kenari. "Apa hasilnya kalau kenari warna ini dikawinkan dengan yang ini?". Pasti itu akan menjadi misteri dan menciptakan kita penasaran. Maka tidak heran kalau dikala ini aneka macam orang yang mencoba untuk ternak kenari dan menjadi penangkar burung kenari ini. Setelah sukses ternak kenari, kita sanggup menjual kembali hasil budidaya kenari kita, namun inti dari ternak kenari yang baik yaitu sebagai riset dan proyek percobaan kawin silang kenari. Baik itu burung kenari untuk hobi dan burung kenari kontes.
Meskipun burung kenari termasuk salah satu burung yang gampang untuk dikembangbiakan namun ternyata ada beberapa orang yang masih kesulitan dan belum mengetahui cara ternak kenari yang baik dan benar. Banyak fakto-faktor yang perlu anda ketahui sebelum anda memulai membudidayakan burung kenari, meskipun burung ini termasuk spesies yang gampang untuk dikembang biakan namun anda tidak sanggup sembarangan dalam menjodohkan burung kenari.
Buat anda yang ingin mencar ilmu membudidayakan kenari baik untuk usaha sampingan ataupun hanya sekedar menekuni hobi saja mungkin ulasan ini sanggup memberi sedikit tips untuk anda.
Baiklah kalau begitu kita eksklusif saya ke topik utama yang akan saya bahas yaitu cara berternak atau budidaya burung kenari untuk pemula.

Pada awalnya kebanyakan pemula mencoba untuk membeli dan memelihara  burung kenari untuk d CARA BERTERNAK BURUNG KENARI
Sebelum memulai berternek kenari sebaikya anda harus memperhatikan faktor-faktor berkut diantaranya :
  • Usia burung kenari
Usia burung kenari menjadi salah satu faktor yang penting dalam memulai budidaya kenari. Pada umumya indukan yang sudah siap di kawinkan untuk kenari jantan berumur sekitar 8 bulan sedangkan untuk indukan burung kenari betina kira-kira berumur 6 bulan. Makara anda harus tau kapan kenari siap untuk di kawinkan alasannya bila usia kenari terlalu muda untuk di kawinkan akan mempengaruhi kualitas anakan yang di hasilkan.
  • Jenis kelamin burung kenari
Dalam berternak kenari anda harus wajib mengenali jenis kelamin kenari. Mungkin untuk para master kenari sangat gampang membedakan kenari jantan dan betina tapi untuk seorang pemula saya yakin anda niscaya akan kerepotan dalam hal ini.

Cara membedakan burung kenari jantan dan betina :
* Pada umur lima bulan atau lebih, biasanya kenari jantan warnanya lebih terang. pada serpihan tertentu warnanya lebih tajam khususnya pada serpihan erat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.

* Cara membedakan burung kenari sanggup kita lihat dari bentuk kepala, untuk burung kenari yang jantan biasanya mempunyai bentuk kepala yang pipih, sedangkan untuk burung kenari betina biasanya mempunyai bentuk kepala yang bulat
* Apabila pada umur enam bulan belum tertangkap berair jenis kalaminnya ,kenari yang dicampur diantarabanyak kenari-kenari maka menari betina akan duduk lebih rendah lebih hal tersebut di karenakan struktur badannya. Dan juga biasanya kenari betina akan langgar dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya. Meskipun sang betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan ini hanya sekedar ingin berkicau saja.

* Cara membedakan dari dubur burung kenari, biasanya burung kenari jantan mempunyai tonjolan di serpihan duburnya, dan burung kenari betina biasanya tidak mempunyai tonjolan pada dubur burung tersebut.
  • Kandang atau sangkar untuk kenari
Pada awalnya kebanyakan pemula mencoba untuk membeli dan memelihara  burung kenari untuk d CARA BERTERNAK BURUNG KENARI

Sebaikya tempatkan sangkar burung kenari melekat di dinding hal ini bertujuan biar sangkar tidak goyang-goyang. Tempatkan sangkar di tempat yang teduh dan jauh dari keramaian biar dikala kenari mengerami telurnya tidak merasa terganggu. Tempatkanlah sangkar di kawasan yang kondusif dari gangguan semut atau pun serangga serta tempatkanlah burung kenari pada sangkar yang cukup luas dan tidak terlalu sempit.

Usia Kenari Yang Ideal Untuk Diternak

Usia yaitu salah satu poin penting yang wajib diperhatikan kalau kita ingin berhasil beternak kenari. Sebaiknya usia ideal kenari siap ternak yaitu tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Burung kenari siap ternak biasanya berumur paling tidak 6 bulan untuk kenari betina dan usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk kenari yang bertubuh besar ibarat Kenari Yorkshire, usia minimal yaitu 1 tahun. Karena Yorkshire lebih usang masa menuju birahinya.

Dapat Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Sebagai peternak/breeder kenari, sudah merupakan kewajiban mutlak untuk tahu dan menguasai cara membedakan kenari jantan dan betina. Tidak sulit membedakan kelamin kenari bagi peternak senior. Mereka tentunya sudah hapal sehabis sejenak melihat postur tubuh kenari. Bagi anda pemula yang ingin tahu caranya, baca artikel sebelumnya ihwal cara membedakan kenari jantan dan betina.

Sarana Dan Tempat Beternak Kenari

Beternak kenari tidaklah sesimple yang kita pikirkan. Sedikit saja kita melupakan hal-hal kecil, maka kita akan kecewa kalau tidak berhasil dalam budidaya kenari. Contoh hal sepele yaitu posisi kandang ternak kenari. Kenapa lingkungan sangkar ternak dan sarana itu penting? Karena kalau kita salah dalam menaruh sangkar kenari, maka aneka macam hewan predator yang akan memangsa kenari kita. Penempatan sangkar yang baik yaitu sangkar atau sangkar kenari melekat di dinding, samping kiri dan kanan sangkar ditutup. Dan tempatkan sangkar di tempat yang bebas dari gangguan serangga atau hewan lainnya ibarat tikus, cicak dan predator lainnya.
Pada awalnya kebanyakan pemula mencoba untuk membeli dan memelihara  burung kenari untuk d CARA BERTERNAK BURUNG KENARI
Budidaya dan Ternak Kenari Gampang Gampang Susah
Beberapa cara untuk mengatasi gangguan dari serangan ibarat semut dan kecoa, kita sanggup kapur serangga (kapur ajaib) di sekeliling sangkar. Jika ukuran sangkar ternak besar, kita sanggup mengoleskan oli pada kaki kaki kandangnya. Sedangkan untuk mengatasi gangguan tikus dengan menempatkan sangkar di dinding. Dengan begitu sanggup meminimalisir serangan tikus. Namun kadang tikus juga melewati celah yang kita lalaikan. Kandang terbaik yaitu sangkar aluminium yang rapat dan kokoh. Kendari tikus hanya mengambil pakan kenari, kalau kita lengah maka tikus juga sanggup memangsa kenari kita.

Proses Menjodohkan Burung Kenari

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari berkualitas yang remaja dan siap diternak, maka kita sudah sanggup memasukkan kenari tersebut ke tahap penjodohan. Proses menjodohkan kenari yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda. Namun kedua sangkar tersebut harus ditaruh pada posisi yang berdekatan. Salah satu kesalahan ternak kenari yang sering terjadi yaitu para peternak pemula buru - buru memasukkan kenari jantan dan betina ke dalam satu wadah. Hal ini lah penyebab utama kegagalan penjodohan burung kenari. Karena kenari dan betina belum niscaya cocok satu sama lain. Dengan adanya proses penjodohan (menaruh sangkar kenari secara berdampingan), maka kita sanggup mengetahui kesiapan kenari untuk dikawinkan. Jika kedua kenari tidak cocok kita masukkan dalam satu sangkar, maka kedua kenari tersebut akan berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara kedua kenari berlangsung usang dan salah satu kenari kalah, maka kita akan kesulitan dalam menjodohkan kedua kenari tersbut kedepannya. Apalagi kalau kenari yang kalah yaitu kenari jantan, maka si jantan akan stress berat dan tidak berani mendekat pada betina. Bisa dibilang kalau terjadi hal ibarat itu, maka penjodohan kenari kita gagal 70% untuk kedepannya.
Berikut yaitu sedikit tips meningkatkan birahi kenari :
Burung kenari kita perbanyak makanannya dengan pakan kenari yang bergizi tinggi, misal telor puyuh, multivitamin dan lain lain. Kita jemur burung kenari kita setiap pagi hari, alasannya matahari pagi sangat baik untuk kesehatan dan menurunkan tingkat stress burung. Pada dikala menjemur, kita usahakan kita dekatkan terus dua kenari yang sedang dijodohkan. Jika kita mempunyai kenari jantan yang lain, sekali sekali boleh kita jemur bersama dengan jantan lainnya, tujuannya biar birahi kenari betina sanggup meningkat.

Proses Ternak Burung Kenari

Proses terakhir dan paling menarik yaitu proses ternak kenari. Caranya yaitu dengan menyatukan kedua kenari (jantan dan betina) ke dalam satu sangkar. Namun, dalam final proses budidaya kenari ini tetap ada resiko kegagalan meskipun prosentase nya rendah. Ada beberapa hal yang perlu kita cermati. Diantaranya ciri kenari yang siap ternak.
Ciri - ciri kenari siap ternak (sukses dan jodoh) :
Saat kenari jantan didekatkan dengan kenari betina, maka jantan akan terlihat mengejar/menabrak sangkar ternak kenari dengan bunyi yang keras, sedangkan kenari betina akan menggelepar-geleparkan sayap, itu yaitu menunjukan bahwa si betina siap dan minta dikawinkan. Kemudian pada sore hari menjelang tidur, kedua kenari tersebut akan tidur berdekatan. Kadang - kadang kenari betina dan jantan akan terlihat saling meloloh makanan. Jika didalam sangkar kenari betina kita beri sarang beserta isinya, maka kenari betina akan rajin merapikan sarang. Jika isi sarang sudah disusun itu berarti si kenari betina siap ternak.
Tidak ada hukum baku untuk beternak kenari. Kita boleh menyatukan kedua kenari kapan saja asal sudah memenuhi persyaratan diatas. Namun banyak ahli ternak kenari yang menyatukan kedua kenari pada sore hari biar hasil lebih optimal. Maksud untuk menyatukan kenari pada sore hari yaitu supaya pada malam hari kedua kenari tersebut sudah damai dan rukun, sehingga pagi hari sudah berjodoh. Karena sehabis kenari itu berjodoh maka akan meminimalisir resiko kenari yang bertarung dan saling melukai. Meski begitu pemantauan secara bersiklus tetap perlu dilakukan, alasannya kenari sanggup bertarung kapan saja tergantung kecocokan.
Setelah kedua kenari tersebut terlihat rukun, kita harus memperhatikan isi sarang si betina. Ambil dan gantilah sarang yang kotor dengan yang bersih. Dan sebagian isi sarang kita simpan di dasar sangkar, alasannya biasanya isi sarang yang ada di dasar sangkar akan dipindah kembali ke dalam sarang. Untuk merapikan sarang biar terlihat elok, biasanya kenari betina suka mencabuti bulu halus kenari jantan atau bulu halus dari kenari betina sendiri. Jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus, maka menunjukan tidak usang lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi resiko luka alasannya bulu halus dicabuti, kita sanggup memasukkan kapas halus ke dalam sangkar secukupnya sebagai pengganti bulu halus tersebut.
Demikian tips sukses budidaya dan cara ternak kenari yang sanggup saya berikan kepada para peternak pemula yang mampir di blog ini. Semoga sanggup meningkatkan keberhasilan ternak kenari bagi anda semua yang hobi dan berniat menjadi breeder kenari yang handal. Lain breeder, lain caranya. Jangan berkecil hati kalau gagal ternak kenari. Karena dengan kegagalan kita sanggup mencar ilmu dan menimba pengalaman tersebut. Ingat, kesabaran akan membuahkan hasil yang manis. Tidak terkecuali dalam budidaya burung kenari.
Salam :)
SEMOGA BERMANFAAT....

0 comments:

Search

Popular Posts