Home » » Cara Beternak Burung Beo

Cara Beternak Burung Beo

CARA BETERNAK BURUNG BEO



Bagi seorang kicau mania, memelihara burung sebagai binatang peliharaan memang sangat menyenangkan yaitu sebagai penyalur hobi. Ternyata tidak hanya itu saja ternak burung juga sanggup dijadikan hobi selain itu sanggup mendatangkan laba sebagai penghasilan. Untuk ternak burung beo memang susah-susah gampang, artinya dengan sedikit kesabaran, ketelatenan dan kemauannya setiap orang niscaya sanggup melakukannya. Dan selain itu untuk tunjangan pakannya tidak terlalu merepotkan alasannya ialah hanya dua kali sehari. Tak heran bila banyak peternak yang sukses menternakkan burung beo di rumahnya. Sebut saja Solo, Klaten, dan Yogyakarta menjadi pusat para peternak burung beo.



Cara Menjodohkan

Sebelum di masukkan ke kandang penangkaran perlu diadakan proses penjodohan dulu supaya tidak terjadi perkelahian yang sanggup berakibat fatal yaitu burung yang kalah akan mati. Dalam proses ini burung jantan dan betina kita dekatkan selama kurang lebih 1 minggu. Hal ini dimaksudkan supaya burung tersebut sanggup saling mengenal. Tanda-tanda untuk burung yang sudah jodoh sanggup dilihat pada ketika burung tersebut tidur, yaitu berdampingan pada ketika tidur. Jika sudah terlihat jodoh yaitu tidur berdampingan kedua burung tersebut siap untuk dimasukkan ke dalam sangkar penangkaran sebaiknya pada sore hari. Setelah dimasukkan di sangkar penangkaran jangan pribadi ditinggal, dinantikan dulu kurang lebih selama satu jam untuk memastikan apakah burung tersebut benar- benar jodoh.
Kandang Penangkaran
Kandang untuk ternak beo yang ideal ialah 1m x 2m tinggi 2m. Di dalam sangkar di beri tanaman supaya kelihatan alami sehingga burung akan merasa nyaman berada di kandang. Tempat mandi juga harus disediakan alasannya ialah burung beo termasuk burung yang suka mandi. Untuk kawasan sarang juga harus disediakan kotak terbuat dari kayu dengan ukuran 40cm x 30cm tinggi 30cm dan diberi lubang untuk keluar masuk burung. Di dasar sangkar perlu disediakan materi untuk sarang biasanya yang sering dipakai ialah daun pinus kering.
Burung beo siap dikawinkan pada umur 10-12 bulan. Idealnya untuk betina yang baik disyaratkan berumur setahun sedangkan untuk jantan 1,5-2 tahun. Umumnya untuk betina lebih cepat remaja dibandingkan jenis janta. Setiap Perkawinan, sepasang beo bertelur sebanyak 3-4 butir. Telur menetas selama 14 hari sesudah dierami induknya.
Tips perawatan burung beo
Beo termasuk burung yang cerdas dan sering dipelihara di rumah. Usia burung ini sanggup mencapai lebih dari 75 tahun bila mendapatkan perawatan yang baik.
Perawatan burung yang salah hanya akan menciptakan burung ini menjadi stres yang sanggup menciptakan burung menjadi sakit yang dalam jangka panjang sanggup mengakibatkan kematian.
Maka dari itu anda harus merawat burung beo anda dengan baik supaya burung beo anda tetap sehat dan terhindar dari stres. Anda sanggup menjadi sahabat yang baik bagi burung beo alasannya ialah intinya burung ini simpel merasa bosan bila hanya hidup sendiri.
Berikut ini ialah tips merawat burung beo, yaitu :
  • Sangkar burung beo harus dibersihkan secara teratur dan sebaiknya dilakukan setiap hari.
  • Bersihkan kotoran dari sangkar burung beo. Kotoran sanggup berupa sisa-sisa makanan atau burung beo yang mengalami kerontokan.
  • Beri burung beo makan dua kali dan beri air segar satu kali dalam sehari.
  • Setiap jenis burung beo mempunyai pilihan makanan yang tidak sama, maka anda harus mengetahui pakan yang paling sempurna untuk beo anda.
  • Burung beo sangat suka bermain, maka dari itu sediakan mainan-mainan untuk beo peliharaan anda dan bermainlah dengannya.
  • Jika burung beo tidak diberi mainan burung ini akan simpel menjadi stres dan biasanya tanda-tanda stres yang ditunjukkan ialah dengan mencabuti bulunya sendiri.
Tips Membersihkan Kandang Beo
  • Beo umumnya menghasilkan zat menyerupai tepung yang akan mengotori kandang. Jika anda ingin membersihkan sangkar burung beo, sebaiknya gunakan handuk basah.
  • Setiap satu ahad sekali bersihkan sangkar burung beo secara menyeluruh. Selama pencucian sangkar sebaiknya burung beo dipindahkan ke kawasan lain.
  • Pembersihan sangkar sanggup dilakukan dengan memakai adonan 50:50 air higienis dan pemutih. Pemutih juga sanggup diganti dengan sabun colek.
  • Bilas pembersih secara menyeluruh dan keringkan sangkar sebelum kembali memindahkan beo ke dalamnya.
  • Setiap satu ahad sekali sebaiknya bersihkan mangkuk air dan makanan secara menyeluruh.



Tips Pemberian Pakan Burung Beo

  • Jangan terlalu sering memberi pakan yang terdiri dari biji-bijian alasannya ialah burung beo anda sanggup menjadi gemuk. Sebaiknya makanan yang bervariasi menyerupai sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
  • Anda sanggup memberi makan berupa buah dan sayur yang dipotong dengan ukuran sekitar 1 cm.
  • Anda sanggup menciptakan variasikan penyajian makanan supaya burung beo tidak bosan. Anda sanggup mencoba untuk menggantung sayuran segar di dalam kandangnya. Dengan ini burung beo anda akan mendapatkan makanan yang sehat sekaligus mainan baru.
  • Burung beo juga sanggup diberi pakan berupa roti. Roti juga sanggup diberi variasi resep supaya burung tidak merasa bosan dengan makanan ini. Anda sanggup menciptakan variasi resep sesuai dengan harapan anda atau cobalah untuk mencari resepnya di buku resep atau internet.

Tips Bermain dengan Beo
  • Burung beo ialah burung yang simpel stres, butuh hiburan, dan butuh teman. Maka dari itu usahakanlah untuk bermain dengan burung beo anda setiap hari.
  • Burung beo dikenal mempunyai sifat sosial dan burung yang cerdas. Usahakan untuk menaruh banyak mainan di dalam sangkar burung beo. Hal ini akan menciptakan burung beo menjadi sibuk dengan mainannya dan mencegah burung anda menjadi stres.
  • Anda sanggup menyediakan mainan yang terbuat dari kayu dengan membaut sendiri atau membeli. Kemungkinan burung beo akan mengunyah mainan ini dan akan menjadikannya sibuk dengan mainan barunya. Anda juga sanggup memperlihatkan mainan berupa balok kayu dengan ukuran 12 x 12 x 5 cm.
Tips Tambahan
  • Burung beo yang merasa kesepian, tidak punya mainan dan tidak pernah diajak bermain akan merasa bosan dan kemungkinan besar akan mencabuti bulunya sendiri.
  • Tidak semua orang cocok memelihara beo maka dari itu pastikan bahwa orang-orang di sekitar anda mau mendapatkan kehadiran burung ini. Selain itu anda juga harus memastikan bahwa keluarga anda juga mau mendapatkan kehadiran burung ini.
  • Anda sanggup melaksanakan riset kecil untuk memilih jenis burung beo yang anda sukai.
  • Memelihara beo membutuhkan janji jangka panjang dan perhatian sepenuhnya. Jika sebelumnya anda sudah memelihara anjing, kucing, atau binatang lainnya, mungkin anda harus berpikir lagi untuk tetapkan memelihara beo. Hewan peliharaan lain dan burung beo sanggup hidup bersama, tetapi anda harus tetap mengawasinya supaya tidak saling melukai atau saling menyerang.
  • Jika anda mempunyai anak yang masih kecil maka pertimbangkan kembali untuk memelihara beo. Anak kecil cenderung banyak bergerak dan bersuara keras atau berteriak ketika bermain. Hal tersebut tentu normal buat anak tetapi sanggup menciptakan burung beo ketakutan.
  • Burung beo yang akan anda pelihara mungkin tidak benar-benar jinak. Beo sanggup menggigit Anda. Jadi, bersiaplah untuk digigit dan menyediakan kotak P3K.
SEMOGA BERMANFAAT...............

0 comments:

Search

Popular Posts