Home » » Beternak Jalak Bali

Beternak Jalak Bali

Beternak jalak bali

 

Dalam seri pertama dijelaskan mengenai dasar-dasar penangkaran jalak bali (Leucopsar rothschildi). Nah, kali ini kita membahas sangkar penangkarannya. Kandang dapat dibangun secara sederhana, memakai bahan-bahan yang ada di sekitar rumah Anda. Pada dasarnya jalak bali merupakan burung yang gampang dipelihara, tidak neko-neko. Kandang penangkaran pun tak perlu luas, yang penting memenuhi tinggi ideal, yaitu sekitar 3,5 meter. Sebab di alam liar, burung ini bahagia bertengger di cabang pohon yang tinggi. Sarangnya pun lebih sering diletakkan di daerah yang tinggi.

Adapun panjang dan lebarnya dapat diubahsuaikan dengan luas lahan yang ada. Om Sukardi, pemilik Kere Ayem BF Cileungsi Bogor, selama ini memakai sangkar dengan ukuran 2,5 x 1,5 m2, dan tinggi 3,5 meter.
Karena jalak bali menyukai sarang yang tinggi, maka kotak sarang harus diletakkan di potongan atas kandang. Kotak sarang dapat dibentuk dari kayu maupun tripleks, dengan ukuran 25 cm x 25 cm x 35 cm.
Kotak sarang dilubangi seukuran tubuh burung (dilebihkan sedikit). Kemudian masukkan materi sarang berupa serabut cemara ke kotak sarang. Sebagian materi sarang dapat ditebarkan di lantai sangkar untuk merangsang burung biar segera bertelur.
“Untuk memudahkan pemanenan anakan, kotak sarang ditempatkan di luar kandang, namun lubang pintu masuk kotak sarang menghadap ke dalam kandang. Dengan begitu, dikala panen anakan, kita tidak perlu masuk ke kandang. Kita dapat mengambilnya dari luar,” terperinci Om Sukardi.
  kali ini kita membahas sangkar penangkarannya Beternak jalak bali
Model kotak sarang di dalam sangkar penangkaran jalak bali.
  kali ini kita membahas sangkar penangkarannya Beternak jalak bali
Kotak sarang ala Kere Ayem BF diletakkan di luar untuk memudahkan panen anakan.
Bagian dinding yang bersifat tertutup ialah kedua sisi samping dan belakang. Bahan baku dinding sangkar dapat memakai batako atau bata merah. Sedangkan dinding depan bersifat terbuka, sehingga Anda dapat memakai materi dari kawat ram, kassa, atau strimin.
“Sebenarnya jalak bali mempunyai abjad gampang menyesuaikan diri dengan orang-orang di sekitarnya. Karena itu, kalau sangkar penangkaran dibentuk secara terbuka juga tidak masalah. Jangan lupa, sediakan beberapa tangkringan atau tenggeran, yang dipasang agak tinggi di beberapa sudut kandang,” tambah Om Sukardi.
  kali ini kita membahas sangkar penangkarannya Beternak jalak bali
Beberapa tenggeran dalam sangkar penangkaran jalak bali.
Adapun lantai sangkar dapat diplester semen, atau dapat juga dibiarkan berupa tanah. Kalau berupa tanah, suasana sangkar terasa lebih sejuk. Dalam hal ini, lantai tanah perlu dicampur pasir untuk menyerap kotoran.
  kali ini kita membahas sangkar penangkarannya Beternak jalak bali
Bak mandi di salah satu sudut sangkar jalak bali.
  kali ini kita membahas sangkar penangkarannya Beternak jalak bali
Untuk menjaga kelembaban, lantai sangkar sesekali disemprot air.
“Jika cuaca terasa panas, saya biasanya menjaga kelembaban sangkar dengan cara menyemprot lantai kandang,” ungkap Om Sukardi. (d’one)
CATATAN OM KICAU
  • Jalak bali merupakan burung yang dilindungi menurut PP No 7 Tahun 1999 wacana Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Bahkan penetapannya sudah berlangsung semenjak tahun 1970 melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 421/Kpts/Um/8/1970 tanggal 26 Agustus 1970.
  • Untuk dapat menjadi penangkar jalak bali, Anda harus mengantungi izin / akta dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di masing-masing provinsi. Silakan berkonsultasi dulu dengan BKSDA.
  • Dalam penjualan burung jalak bali, baik anakan, burung muda, maupun burung dewasa, penangkar harus menyertakan akta mengenai burung yang diperjualbelikan.
  • Pelanggaran terhadap kedua hal di atas dapat dikenai hukuman hukum, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 wacana Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
Semoga bermanfaat.
Sumber: http://omkicau.com/2013/03/27/penangkaran-jalak-bali-kere-ayem-bf-2-konstruksi-kandang-harus-tinggi/

 

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive