Home » » Cara Berternak Jalak Hitam / Jalak Kebo

Cara Berternak Jalak Hitam / Jalak Kebo

Cara Berternak Jalak Hitam / Jalak Kebo

Jalak Kebo 1 ( umur 4 bln )



Jalak Hitam (Acridoteres javanicus) atau White-vented Myna, mempunyai banyak sebutan tergantung dari tempat di mana burung ini berada, mulai dari Jalak Hitam, Kerak Kebo, Jalak Kebo, Jalak Kerak, Kerak Hitam, Jalak Awu dan lain-lain.


Berbeda dengan Jalak Bali yang endemik pulau Bali. Jalak Hitam ini terdapat tersebar di beberapa pulau di Indonesia, menyerupai di pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali serta di beberapa tempat lain di Indonesia.
Burung Jalak Hitam ini juga temasuk burung yang berilmu berkicau, mempunyai bunyi yang khas, dan juga berilmu menirukan suara-suara lain yang berada di sekelilingmya. Selain itu burung Jalak Hitam ini ternyata berilmu juga menirukan bunyi manusia, atau bisa berbicara layaknya burung Beo, hanya saja dalam mengucapkan kata-kata tidak sefasih dan sebersih burung Beo.


Jalak Kebo 2 ( umur 4 bln )



Burung Jalak Hitam suka hidup di padang terbuka, atau di tempat rawa, serta di sawah-sawah. Biasanya hidup berkelompok dalam antara 5-8 ekor sambil mengeluarkan bunyi yang ribut. Di habitat aslinya, burung ini bersarang di dalam lubang-lubang pohon besar. Di tempat persawahan burung Jalak Hitam ini suka hinggap di atas punggung kerbau, sambil memakan kutu dan benalu lainnya yang melekat di badan kerbau. Oleh alasannya itulah burung ini di beberapa tempat di pulau Jawa disebut sebagai Jalak Kebo dan Kerak Kebo.

Burung Jalak Hitam ini, di alam bebas, bekerjsama ada 2 jenis, yang dibedakan dari warna bola mata, yaitu Jalak Hitam Mata Kuning dan Jalak Hitam Mata Putih.
  1. Jalak Hitam Mata Kuning, berilmu menirukan suara-suara di sekitarnya, dan berilmu berkicau.
  2. Jalak Hitam Mata Putih, tidak terlalu berilmu berkicau, tetapi berilmu menirukan bunyi manusia, menyerupai berbicara, layaknya burung Beo, walau tidak sefasih burung Beo. Ukuran badan juga lebih besar dari Jalak Hitam Mata Kuning.
Di alam liar, masakan kesukaan burung Jalak Hitam ini yakni belalang, ulat, cacing, jangkrik serta beberapa jenis serangga lainnya yang ditemukannya. Selain itu burung ini juga suka menyantap buah-buahan menyerupai pisang dan pepaya.

Populasi burung Jalak Hitam ketika ini mulai terancam kepunahan, akhir perburuan liar untuk perdagangan burung hingga ke pasar-pasar burung mulai dari pedesaan hingga perkotaan. Pada ketika ini tidak jarang kita melihat di rumah-rumah banyak yang memelihara burung Jalak Hitam, yang ditempat di dalam kandang. Burung ini memang burung yang menyenangkan, alasannya burung ini rajin berkicau (mengoceh), sehingga suasana rumah terasa ramai.

Bagi para penggemar burung kontes (burung lomba), keberadaan burung Jalak Hitam ini juga dimanfaatkan untuk dijadikan burung master, semoga bunyi burung Jalak Hitam ini bisa ditirukan oleh burung-burung lainnya milik si penggemar burung.

Ukuran badan Jalak Hitam ini antara 20-30 cm. Di ujung sayapnya terdapat warna putih. Paruh dan kaki berwarna kuning. Mata tajam dan terdapat bundar putih atau kuning di antara bola matanya. Jalak Hitam jantan lebih panjang dari betina. Tatapan mata jantan pun lebih tajam. Burung Jalak Hitam betina juga berilmu berkicau, bahkan konon berdasarkan para pedagang burung, yang betina lebih bervariasi, hanya volume bunyi lebih kecil.
 




Jalak Kebo / Jalak Hitam
Perawatan dan perkembangbiakan

Perawatan jalak kerbau cukup simpel. Untuk menjadikannya cepat berbunyi, masakan yang diberikan pun cukup buah-buahan saja, atau bisa dibarengi dengan derma serangga kalau ingin menjadikannya makin rajin berbunyi.
Adapun perawatan harian yang bisa diberikan sebagai berikut :
  • Pagi hari, burung dikeluarkan untuk mendapat cahaya matahari pagi.
  • Setelah beberapa menit, burung bisa dimandikan. Pada ketika itu, pakan dan air minum bisa diganti dengan yang baru. Jangan lupa memperlihatkan buah pisang atau pepaya.
  • Setelah dimandikan hingga basah-kuyup, burung diangin-anginkan selama beberapa menit. Setelah itu dijemur hingga pukul 09.30.
  • Sewaktu diangin-anginkan, burung bisa diberikan 5 ekor jangkrik dan 1-2 ekor ulat hongkong.
  • Pukul 10.000 hingga 15.00, burung disimpan di tempat yang teduh.
  • Sore hari, burung bisa dimandikan lagi. Saat itulah air minumnya kembali diganti dengan yang baru, alasannya burung ini populer suka mengotori air minumnya.
  • Jangkrik kembali diberikan sebanyak 5 ekor.
Jalak kerbau mata putih dan mata kuning

Jalak kerbau bisa dibedakan dalam dua jenis, yaitu jalak kerbau yang mempunyai iris mata putih dan jalak kerbau dengan iris mata kuning. Menurut mitos yang diyakini sebagian kicaumania, jalak kerbau yang mempunyai iris mata putih jarang berkicau, tetapi lebih gampang diajari bicara bahasa insan meski hanya sepatah dua patah kata dan tidak sefasih burung beo. Adapun jalak kerbau dengan iris mata kuning mempunyai kicauan yang lebih bagus, dan bisa menggandakan bunyi burung kicauan lainnya.

Terlepas dari hal-hal tersebut, faktanya kemampuan burung  sangat tergantung dari kepintaran dan huruf dari burung itu sendiri, serta keteltenan pemilik dalam merawat dan melatihnya.
Proses penjinakan jalak kerbau bisa dipercepat dengan cara memandikan burung sambil dipegang (jika belum terbiasa, sebaiknya jangan dilakukan, alasannya burung bisa terlepas). Teknik ini juga sering dipakai orangtua zaman dulu ketika memandikan burung perkutut.

Jalak Hitam mata Putih




Membedakan jantan dan betina

Membedakan jenis kelamin jalak kerbau memang tidak mudah, alasannya burung jantan dan betina mempunyai kemiripan visual. Tetapi ada beberapa tengara awal yang bisa dijadikan panduan dalam sexing, antara lain :
  • Burung jantan mempunyai kepala lebih besar, dengan bulu-bulu menyerupai disisir rapi di bab keningnya.
  • Burung jantan mempunyai jambul di sekitar lubang hidung atau pangkal paruh atas.
  • Burung jantan mempunyai warna hitam di tubuhnya yang sangat pekat, dengan slip putih di bab sayap yang terlihat lebih higienis dan tampak cerah.
  • Ukuran badan dan jari-jari kaki pada burung jantan lebih panjang daripada burung betina.
  • Burung jantan akan berbunyi sambil menyebarkan bulu kepala dan mengangguk-anggukan kepalanya.
  • Suara burung jantan lebih bervariasi.

Menangkarkan jalak kerbau


cara beternak jalak kebo sudah banyak dilakukan para peternak burung ketika ini. sebelum kita berternak burung jalak kebo, harus kita ketahui cara membedakan jenis kelamin jarak kebo tersebut sebelum kita jodohkan.

proses perjodohan burung jalak suren

pada proses ini perlu di pastikan bahwa burung tersebut memang berjodoh sehabis dimasukkan dalam sangkar penangkaran pada sore hari. tapi sebelum dimasukkan dalam sangkar penangkaran, taruh kedua sangkar burung yang akan dijodohkan berdampingan selama 1 minggu.

kandang penangkaran

kandang penangkaran yang baik menurut cara beternak jalak kebo berukuran 1 x 2 m dengan ketinggian 2 m berbentuk kubus. sediakan juga tempat mandi burung suren alasannya birahi burung jalak kebo akan bertambah sehabis mandi. jangan lupa sediakan juga sarang kotak kayu berukuran  40 x 30 x 30 cm dan daun pohon pinus dibawah sangkar untuk persediaan burung jalak suren menciptakan sarang.

usahakan didalam sangkar di beri pohon yang masih hidup, menyerupai pohon beringin misalnya, yang dibawahnya terdapat sedikit rerumputan semoga menyerupai mirip di alam liar. penambahan tempat bertengger yang besar dan lebar akan memudahkan proses perkawinan jalak kebo, tidak lupa pula tempat makan dan minum jalak kebo juga di sediakan.

pakan jalak suren

pakan yang baik akan menambah birahi  dan mempercepat proses perkawinan jalak kebo, pakan yang baik diantaranya yakni : pepaya, pisang dan serangga contohnya kroto, ulat bambu, ulat hongkong atau jangkrik.

perkawinan

jalak kebo biasanya berumur 10 – 12 bulan yang siap di tangkarkan, untuk betina yang baik berumur 1 tahun dan jantan berumur 1, 5 – 2 tahun. alasannya pada umumnya betina lebih cepat cukup umur dibandingkan jantan.
setiap perkawinan jalak suren biasanya menghasilkan 3 – 4 telur. untuk mempercepat proses perkainan kembali jalak suren, sebaiknya penetasan dilakukan dengan mesin penetas. jadi perkawinan kembali tanpa perlu menunggu proses pengengkraman yang biasanya hingga 14 hari. anakan jalak suren siap di jual sehabis berumur 1,5 bulan.

Semoga bermanfaat..........

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive