Home » » +Pencegahan Supaya Burung Tidak Sakit

+Pencegahan Supaya Burung Tidak Sakit

+PENCEGAHAN AGAR BURUNG TIDAK SAKIT

“Lebih baik mencegah daripada mengobati” yakni ungkapan yang juga berlaku di dalam dunia kesehatan burung. tJngkapan itu menjadi penting lantaran pengobatan pada burung lebih sulit daripada mamalia. Hal ini berkaitan dengan masih jarangnya penelitian mengenai kesehatan burung, terutama untuk burung liar, sehingga belum sanggup ditentukan jenis obat yang cocok dan takaran yang sempurna bagi setiap jenis burung. Oleh lantaran itu, ketentuan untuk pengobatan burung masih memakai ukuran standar yang berlaku pada ayam, yang proporsinya cukup berbeda dengan burung-burung peliharaan yang umumnya berasal dari alam liar. Secara umum, beberapa hal berikut perlu diperhatikan dalam perawatan dan kesehatan burung.
1. Burung harus dijauhkan dari kondisi-kondisi penyebab stres, contohnya populasi yang terlalu padat di dalam sangkar atau kemungkinan ada burung yang terlalu dominan.
2. Sangkar dijaga supaya tikus dan burung gereja tidak hingga masuk ke dalamnya. Oleh lantaran itu, ukuran kawat sangkar harus cukup rapat, spasi tidak lebih dari 2 cm.
3. Burung harus dihindarkan dari kondisi alam atau cuaca yang terlalu ekstrem, menyerupai kepanasan atau kedinginan.
4. Suplemen vitamin dan mineral harus diberikan secara teratur pada pakannya.
5. Kebersihan sangkar serta daerah pakan dan minum harus selalu terjaga.
6. Pakan yang diberikan harus dalam kondisi baik.
7. Kondisi burung diperiksa sekurang-kurangnya dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

.

+KASUS PENYAKIT UMUM SAAT INI DAN CARA PENANGANANNYA

+(1). BURUNG MAKAN BULU SENDIRI

Ada beberapa kemungkinan burung matukin bulu sendiri.
Perilaku mematuki bulu sendiri ada yang normal dan tidak normal.
1. Perilaku yang normal biasanya dilakukan sesudah mandi atau saat burung ingin mandi dalam rangka berhias diri dan merapikan bulu-bulunya. Bulu yang tidak sehat atau patah-patah biasanya secara naluriah akan dibuang burung dengan cara mencabutnya.
2. Perilaku yang tidak normal. Hal ini akan menyebabkan burung botak-botak lantaran berlebihan. Hal ini disebabkan banyak kemungkinan.
a. Anda menempatkan burung barangkali di daerah yang terlalu kering udaranya. Cobalah dua hari sekali terutama pada waktu udara panas, burung disirami air higienis dengan memakai hand sprayer. Semprotkanlah pada burung dan sekitar kurungannya, tetapi jangan hingga burung ketakutan. Kaprikornus penyemprotan dilakukan pelan-pelan dengan semprotan halus seperti air hujan sepoi-sepoi basah.
b. Mungkin burung tersebut kekurangan suatu macam vitamin dan mineral, juga mineral oil. Pemberian vitamin sanggup dilakukan dengan memasukkan ke dalam pakan atau air minum burung tergantung bentuk vitamin dan mineral yang diberikan.
c. Mungkin lantaran adanya ektoparasit, yaitu kutu mite dan flea. Untuk mengatasinya coba semprot dengan hati-hati memakai insketisida yang materi aktifnya pyrethrine.
d. Barangkali sangkar kurang ventilasi dan sinar matahari. Upayakan untuk memperbaiki ventilasi dan pemasukan sinar ultarviolet.
Nah itu yakni tanggapan seorang dokter hewan. Kalau saran saya, untuk vitamin dan mineralnya ya tentu saya sarankan BirdVit, atau BirdVina (produk gres Om Kicau yang belum dilaunching secara luas tetapi sudah terbukti dan teruji di lapangan).
BirdVina merupakan cairan yang berisis semua vitamin yang dibutuhkan burung sekaligus trace mineral.
Mengapa saya menyarankan produk itu?
1. Karena saya tahu persis kandungannya dan tidak menyebut produk lain lantaran saya tidak tahu kandungan persisnya.
2. Om Dwi, penangkar lovebird Jogja sukses memulihkan bulu2 LBnya yang makan bulu sendiri dengan terapi vitamin dan mineral sejenis.
Untuk obat semprot kutu dan ekstoparasit lainnya saya menyarankan memakai Fresh Aves. Mengapa? Karena kandungan zat aktif FreshAves yakni permethrine, yakni salah satu keluarga dari senyawa kimia pyrethrine (permethrine, it belongs to the family of synthetic chemicals called pyrethroids… wikipedia).
DAN SAYA BERANI MENJAMIN bahwa FreshAves tidak dicampur dengan removal biar obat gampang merasuk ke bulu burung, alasannya yakni removal terbukti melunturkan lapisan lilin/tanduk burung sehingga menciptakan bulu rusak.
Catatan:
Lakukan keseluruhan cara mengatasi problem bulu pada LB Anda (soal penempatan kandang, semprot, pertolongan vitamin-mineral dan pembasmian kutu dll) secara simultan. Dengan demikian sanggup dibutuhkan hasil yang maksimal.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive