Home » , , , , , , , , , , , , , , , , » Manfaat Ulat Sangkar Untuk Burung Kicauan Dan Cara Perawatannya

Manfaat Ulat Sangkar Untuk Burung Kicauan Dan Cara Perawatannya

Ulat Kandang - Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan/ Ocehan dan Cara Perawatannya. Ciri Ukuran ulat sangkar lebih kecil dari ulat hongkong/ jerman, juga gerakannya yang bergairah menciptakan burung kicauan tertarik untuk melahapnya. Ulat sangkar tidak menciptakan burung menjadi gemuk, tidak gampang lelah, dan tidak menciptakan bulu rontok. Para pecinta burung ocehan belum begitu banyak yang mengenal dariulat sangkar ini alasannya umumnya untuk makanan burung ocehan biasanya lebih dikenal itu ialah ulat hongkong. Di daerah Jawa Timur, ulat sangkar ini terkenal disebut ulat balap – mungkin alasannya cara berjalannya yang sangat cepat.

 Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan dan Cara Perawatannya
Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan


Dalam bahasa Inggris, ulat sangkar dikenal dengan nama lesser mealworm. Jenis ulat ini yaitu larva dari kumbang Alphitobisu diaperinus (Tenebrionaidae). Betuknya menyerupai ulat hongkong, hanya saja dengan ukuran yang jauh lebih kecil, berwarna lebih gelap. Cara mencari Ulat Kandang sangat gampang dijumpai yaitu pada kotoran ayam dalam jumlah banyak dan telah difermentasi/dikeringkan. Lalu ulat-ulat akan bermunculan dari gumpalan kotoran yang telah difermentasi tersebut dalam jumlah banyak maka itulah dinamakan ulat kandang. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam ulat sangkar adalah:

kandungan nutrisi yang terdapat dalam ulat kandang
Protein kasar berjumlah 48%
Lemak kasar berjumlah 40 %
Kadar debu berjumlah 3%
Kandungan ekstrak non-nitrogen berjumlah 8%
Kadar air berjumlah 57%

Jenis ulat ini memang kurang begitu popular ketimbang ulat hongkong, namun penelitian atas kandungannya sanggup menunjukan bahwa ulat sangkar ternyata lebih mempunyai banyak manfaat daripada ulat hongkong.

Manfaat ulat sangkar untuk burung peliharaan antara lain:
Mendongkrak stamina burung sehingga burung jadi lebih aktif dan rajin berbunyi
Memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari ulat hongkong
Memiliki kulit yang tidak terlalu keras
Tidak menimbulkan efek samping dikala diberikan dalam jumlah banyak

Salah satu penyebab kurang dikenalnya ulat sangkar oleh sebagian kicaumania yaitu sulitnya mencari keberadaan jenis ulat ini di toko-toko pakan burung. Sehingga tidak banyak kicaumania yang tahu banyak mengenai manfaat ulat sangkar untuk burung mereka.

Perawatan ulat sangkar untuk pakan burung kicauan
Merawat ulat sangkar tidak jauh berbeda dengan merawat ulat hongkong untuk pakan burung kicauan. Untuk menjaga supaya ulat sangkar tersebut tetap segar dan sehat, maka derma pakan harus diutamakan. Adapun cara yang sanggup dilakukan untuk merawat ulat sangkar yaitu sebagai berikut:
Menaburi voer halus ke dalam tempat menyimpan ulat sangkar tersebut.
Memberikan pakan sayuran menyerupai irisan kentang, wortel, atau yang lainnya.
Menjaga dari serangan hama menyerupai semut atau hewan perusak lainnya.
Menyimpan di tempat yang teduh dan lembab, serta tidak terkena sinar matahari langsung.

Namun jikalau tidak mau direpotkan dengan perawatannya itu, anda sanggup menyimpan ulat-ulat sangkar tersebut dalam sebuah wadah atau toples kemudian disimpan dalam lemari pendingin untuk dibekukan.
Itulah beberapa Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan dan Cara Perawatannya yang sanggup di sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive