Cara Menciptakan Pakan Ayam Petelur

Cara Membuat Pakan Ayam Petelur- Pakan Ayam Petelur.


 Membuat pakan alternatif untuk pakan ayam petelur ini bertujuan untuk memproleh keuntunga Cara Membuat Pakan Ayam Petelur
Cara Membuat Pakan Ayam Petelur
Membuat pakan alternatif untuk pakan ayam petelur ini bertujuan untuk memproleh laba yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan biasanya. Berikut cara menciptakan pakan alternatif ayam petelur dengan gampang dan sederhana di lakukan.


Cara menciptakan pakan ayam petelur

Bila harga yang mahal tetap menjadi hambatan Anda, maka sebaiknya Anda mencari cara buat pakan ayam murah yang sanggup Anda lakukan sendiri di rumah. Cara buat pakan ayam petelur yang perlu Anda persiapkan, antara lain:

Tepung ikan

Anda sanggup memanfaatkankeong atau ikan teri. Untuk ikan teri beli saja yang kepalanya supaya harga lebih murah), kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering sempurna, ikan teri tadi sanggup dihaluskan, missal dengan mesin penghalus bumbu di rumah. Tepung ikan sendiri banyaknya yang diharapkan ialah 24% dari jumlah berat pakan yang ingin dibuat.

Kedelai

Sebanyak 11% berikutnya ialah kedelai. Bila di lingkungan Anda terdapat pabrik pengolahan tahu, maka Anda sanggup memanfaatkan ampas tahunya. Bila sulit didapat, Anda sanggup memerolehnya memalui kedelai yang dihaluskan.

Jagung

Sama menyerupai bagaimana memeroleh kedelai, jagung pun dengan porsi sekitar 30% harus dihaluskan terlebih dahulu.

Bekatul

Ini sanggup Anda peroleh dari beras kecil-kecil (remuk) hasil pengayakan atau sisa penggilingan padi. Bisa juga Anda peroleh dari karak (sisa nasi yang dijemur kering). Kemudian dihaluskan sekitar 26% untuk komposisi pakan.

Dedak

5% dedak yang dibutuhkan sanggup Anda peroleh dari pabrik penggilingan padi. Di sana banyak tersedia dedak dengan harga murah, dan pastikan Anda menentukan dedak yang halus.

Vitamin

2% berikutnya sanggup Anda beli dari toko pakan ayam

Kunyit

Kemudian 1% kunyit sanggup anda parut.

Sayuran

1% berikutnya sanggup sayur apa saja yang sanggup Anda dapatkan di sekitar Anda. Bisa bayam, kangkung, daun papaya, dll. Kemudian haluskan.

Air higienis secukupnya

Sediakan secukupnya untuk mencampurkan adoanan

Teknis cara pembuatan pakan ayam

Setelah semua materi tersedia dan sudah berbentuk tepung dengan komposisi yang sudah diubahsuaikan ukuran masing masing bahan, selajutnya adalah:

1. Campur dan aduk semua materi hingga merata dengan suplemen air secukupnya dengan konsistensi adonan yang sanggup dibentuk

2. Kukus adonan pakan menyerupai kita menanak nasi hingga matang, ini dilakukan supaya pakan ayam tidak cepat basi.

3. Setelah matang, angkat dan bentuklah adonan sesuai impian anda. Pilihan bentuk umumnya yaitu:

Adonan yang sudah dikukus dijemur. Atur rata tipis supaya cepat kering, sehabis kering diremas-remas hingga hancur menyerupai tepung namun jangan terlalu halus.

Adonan dimasukkan ke dalam ayakan yang berlubang sambil ditekan-tekan hingga butiran berjatuhan, kemudian butiran butiran tersebut jemur hingga kering.

Untuk menciptakan pakan ayam bentuk pelet, adonan yang sudah dikukus tadi masukan kedalam penggilingan daging atau kacang tanah hingga keluar bentuk memanjang. Kemudian dipotong-potong dan dijemur hingga kering.

Bagaimana? Praktis dan murah bukan?! Selain itu ada cara buat pakan ayam fermentasi, dengan cara ini, pakan ayam yang dihasilkan bahkan sanggup disimpan hingga berbulan-bulan. Makara Anda sanggup menciptakan pakan ayam dengan cara ini dalam jumlah besar sekaligus. Kelebihan lainnya ialah kotoran ternak tidak akan amis alasannya bebas amoniak. Inilah cara menciptakan pakan ayam alternatif dengan metode fermentasi:

- Tempat pembuatan pakan fermentasi sanggup dengan terpal, tong besar, plastik besar, ataupun kolam plastik besar
- Dedak
- Gula pasir
- Air secukupnya
- Suplemen probiotik

Berikut cara mengolahnya:

1. Masukan dedak ke daerah pembuatan pakan fermentasi yang sudah disiapkan
2. Larutkan sumplemen probiotik + Air dan Gula pasir
3. Setelah semua terlarut, kemudian siramkan pada dedak tadi
4. Lalu aduk semua materi tadi hingga merata. Setelah itu tutup rapat pakan fermentasi tadi sehingga menjadi kedap udara. Diamkan selama ±5 hari . Perlu diingat setiap harinya Anda harus membuka pakan fermentasi tadi selama ±15menit sehari sekali. Setelah menunggu 5 hari gres pakan sanggup diberikan kepada ayam Anda

Umumnya pakan ayam terbuat dari materi dasar dedak, namun tahukan Anda bahwa ada alternatif materi pakan lainnya yang jauh lebih ekomonis, gampang pengolahannya, dan tentunya tetap berkualitas. Yaitu dengan memanfaatkan azolla.

Tumbuhan paku-pakuan ini sanggup Anda jumpai mengapung pada permukaan genangan air di sawah. Azolla berdaun kecil, berwarna hijau pekat dan tebal.Azolla ialah tanggapan yang sangat tepat jikalau kita bicara wacana mencari pakan alami yang irit biaya,ramah lingkungan, sanggup dibudidaya sendiri tanpa harus selalu membeli. Azolla mempunyai kandungan nutrisi,serat, serta protein yang tergolong tinggi hingga 23%. Selain itu azolla sangat gampang dicerna oleh ayam alasannya tekstur azolla lunak atau gampang lumat hanya dengan diremas ringan.

Pakan Ikan Koi     Harga Kucing     Pakan Sapi

Cara buat pakan ayam dari azolla ini juga mudah. Campurkan 60% azolla dengan pakan ayam yang biasa Anda berikan. Awalnya ayam memang akan sulit beradaptasi, namun hanya di awal saja. Jangan khawatir ayam akan kelaparan, alasannya lambat laun ayam akan terpaksa memakannya, kemudian terbiasa, dan kualitas telur yang dihasilkan pun sama baiknya dengan telur ayam yang dihasilkan jikalau Anda memberi pakan pabrikan.

Demikian Cara Membuat Pakan Ayam Petelur . Semoga bermanfaat.

pakan ayam petelur, adonan pakan ayam petelur, pakan ayam petelur murah, brand pakan ayam petelur, cara mencampur pakan ayam petelur, jenis pakan ayam petelur, pakan ayam petelur supaya cepat bertelur, pakan ayam petelur pabrikan, harga konsentrat petelur 2016.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive