Home » , , , » Beginilah Takaran Dan Komposisi Pupuk Cabai Terbaik Dari Mulai Tanam Sampai Panen

Beginilah Takaran Dan Komposisi Pupuk Cabai Terbaik Dari Mulai Tanam Sampai Panen

Budidaya cabai merah keriting akan berhasil jika didukung dengan pengetahuan perihal komposisi pupuk. Sejak persiapan lahan (awal tanam), lahan cabai telah diberi pupuk dasar. Biasanya pupuk dasar yang dipakai yakni kompos/ sangkar (pupuk organik) ditambah tepung dolomit. Adapun jumlah kompos dipakai sebanyak 15 ton, tepung dolomit tergantung pada keasaman tanah. Berikut ini kompisisi pinjaman pupuk pada tanaman cabai dari awal tanam sampai panen.
akan berhasil jika didukung dengan pengetahuan perihal komposisi pupuk Beginilah Dosis dan Komposisi Pupuk Cabe Terbaik Dari Mulai Tanam Hingga Panen


Dosis dan Komposisi Pupuk Cabe Yang baik

HariMacam pupukdosis/ Ha
1kompos fermentasi15 ton
14Za400 Kg
TSP200 Kg
KCL50 Kg
30KCL400 Kg
Za50 Kg
60KCL400 Kg
Za50 Kg
80KCL400 Kg
Za50 Kg
100KCL400 Kg
Za50 Kg

Seterusnya 20 hari sekali dengan komposisi sama mirip di atas sampai 4 kali panen.

Pada hari pertama atau pemupukan dasar diberikan saat pengolahan tanah, dapat dibaca di cara menanam cabe. Kompos fermentasi maksudnya yakni pupuk kompos yang diperam minimal 14 hari dengan ditambahkan TSP dan Urea. Komposisi fermentasi; 50 Kg kadnang + 1 Kg TSP + 1/4 Kg Urea. Teknik fermentasi kompos ini akan menghasilkan pupuk dasar yang cocok uuntuk tumbuh bibit cabai setelah disalin dari persemaian.

Pada hari ke 14 diberikan Za + TSP + KCL sebanyak 10 - 15 gram/ pohon. Pada teknik mulsa sebaiknya pupuk diberikan dalam keadaan cairan (dilarutkan), cara pinjaman pupuk mirip ini sering disebut dengan istilah cor.

setelah cabai berumur 30 - 35 hari dilakukan lagi pemupukan kedua, adapun pupuk yang diberikan yakni KCL dan Za saja. Dosis perbatang sebanyak 20 gram. Pada pemupukan kedua diselingi dengan pinjaman ZPT atau zat pengatur tumbuh secara semprot, beberapa merek ZPT cocok untuk cabai merah keriting yakni Dekamon, Sitosim, Atonik Dll. Pemberian ZPT dilkukan setiap 3 ahad sekali.

Pemupukan ketiga dilakukan pada hari ke 60 masa tanam. Macam pupuk yang diberikan KCL dan Za dengan takaran 20gr/ pohon. Selanjutnya pemupukan dilakukan setiap 20 hari sekali dengan takaran dan jenis pupuk yang sama Za + KCl 20 gr/ pohon. Pemupukan cabai merah keriting dilakukan sampai 5 kali panen, setelah itu tidak lagi dilakukan pemupukan alasannya yakni sudah tidak produktif lagi.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive