Home » , » Tips Membawa Burung Kicauan Dalam Perjalanan

Tips Membawa Burung Kicauan Dalam Perjalanan

Bagi seorang kicaumania, membawa burung kicauan dalam perjalanan mungkin sudah biasa dilakukan. Namun bagi seorang pemula, apalagi yang gres mempunyai burung kicauan, ketika membeli burung dari pasar Anda harus tahu bagaimana cara membawa burung yang benar. Karena kalau salah dalam membawanya, burung yang semula berkicau gacor atau jinak, bisa-bisa mendadak menjadi diam dan gahar. Maka dari itu membawa burung kicauan juga ada caranya sendiri dan berbeda-beda perlakuannya untuk setiap burung kicauan. Ini dikarenakan ukuran fisik serta aksara setiap burung itu berbeda-beda.

 dalam perjalanan mungkin sudah biasa dilakukan Tips Membawa Burung Kicauan dalam Perjalanan
Credit: omkicau.com
Untuk membawa burung kicauan anakan/bakalan contohnya menyerupai burung poksai jambul putih dan burung jalak thailand sebaiknya memakai kardus yang kedua sisinya diberi lubang untuk sirkulasi udara. Sebaiknya kardus yang dipakai tidak terlalu besar dan tidak terlalu sempit menyerupai kardus bekas kawasan sepatu. Selain itu ketika membawanya dalam perjalanan hindari memakai plastik kresek atau sejenisnya, lantaran hal tersebut dapat sangat berbahaya bagi burung. Sebab, kaki burung dapat tertekuk dan itu dapat berakhir pada kepincangan yang sulit untuk disembuhkan.

Begitu pula untuk burung dari jenis cucak dan kutilang, untuk membawa burung kicauan ini Anda dapat memakai kardus yang sedikit lebih besar. Ini dikarenakan kedua jenis burung tersebut umumnya lebih aktif/lasak sehingga membutuhkan ruang yang lebih besar untuk geraknya menyerupai kardus bekas mie instant. Kardus ini dapat dipakai untuk membawa burung lebih dari 8 jam perjalanan dengan syarat burung benar-benar dalam kondisi sehat.

Jangan lupa untuk burung kicauan yang dibawa dengan kardus baiknya diberikan pakan sesuai dengan jenis burung masing-masing dengan porsi yang cukup, semoga burung tidak lemas kelaparan ketika diperjalanan. Namun perlu diperhatikan juga membawa burung kicauan untuk kontes dilarang memakai kardus, alasannya hal tersebut sangat beresiko terhadap mental burung dan sangat rawan "lepas" ketika akan dipindahkan. Untuk burung yang ingin dibawa menuju kontes burung kicauan, harus dibawa beserta sangkarnya tentunya dengan kondisi kandang yang di kerodong namun tetap ada sedikit celah untuk sirkulasi udara, semoga burung tetap dalam kondisi prima hingga ke kawasan tujuan.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive