Home » » Cara Menjinakan Burung Ciblek

Cara Menjinakan Burung Ciblek

Ok para sahabat hobiku, kali ini saya aka membahas cara menjinakan burung ciblek, yang mana memang kita ketahui jikalau kita menangkap burung dari hutan sangatlah bernafsu alasannya yakni tentu kebebasannya sangatlah terbatas di dalam sangkar, burung ciblek harus berada dalam kandang yang tentu ruang geraknya tidak sebebas di habitat aslinya, dan ini akan mengakibatkan stres tingkat tinggi dan juga belum terbiasa dengan masakan yang sering kita sebut voer, terang berbeda dengan masakan yang ada di habitatnya.


Tapi para sahabat tidak perlu awatir ketika para sahabat membeli burung ciblek dari pedagang yang memang mendapatkannya dari hutan dan burung ciblek masih belum jinak. Berikut cara menjinakan burung ciblek:

  • Siasat dalam pinjaman pakan- Pemberian pakan pada burung ciblek sanggup menjadi salah satu cara supaya burung ciblek gampang jinak. Caranya dengan mengkosongkan masakan dalam kandang pada ketika menjelang malam dan biarkan hingga pagi hari. Tujuannya yakni supaya burung ciblek kelaparan di pagi harinya, nah pada ketika itulah para sahabat mencoba memberi makan bueung ciblek sahabat berupa ulat hongkong putih dengan memakai lidi, jikalau masih belu mau makan, tundalah dulu dan lakukan 5-10 menit kemudian, dan begitu seterusnya. Namun jikalau hingga pukul 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah ulat hongkong di kawasan makan dalam kandang dan tinggalah. Lakukan itu setiap hari hingga burung ciblek tidak takut lagi dengan sobat. Tujuan dari seni administrasi ini supaya burung ciblek merasa kelaparan sehingga ia harus membutuhkan insan (Pemiliknya) untuk mendapat makanan.
  • Menaruh kandang di kawasan yang ramai- Burung ciblek yang liar atau tangkapan hutan akan takut dan terbang kesana-kemari ketika melihat manusia, itu merupakan salah satu hal yang masuk akal alasannya yakni belum terbiasa betemu keramaian dan berjumpa manusia. Untuk menjinakan burung ciblek liar atau tangkapan dari hutan, sahabat sanggup menggantang kandang burung ciblek di lokasi yang ramai atau banyak orang yang beraktivitas atau lalulalang, jangan kawatir alasannya yakni dengan proses ini melatih mentalnya juga. Setelah terbiasa melihat orang burung ciblek akan damai dengan sendirinya.
  • Dimandikan hingga berair kuyup- Burung ciblek liar akan merasa selalu takut terhadap manusia, cara yang ketiga ini yakni salah satu tips yang paling ampuh untuk kalangan semua burung supaya jinak dan tidak takut lagi pada pemiliknya atau insan lainnya, memang cara ketiga ini cukup extrem alasannya yakni sahabat akan merasa cemas dan takut burng sahabat akan mati tapi para sahabat tak perlu kawatir alasannya yakni cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menjinakan burung ciblek dan burung lainnya, banyak para kicau mania memakai cara menyerupai ini alasannya yakni disamping menjinakan dengan cara ini pula supaya burung tidak stres tingkat tinggi. Setelah sahabat memandikan burung dengan berair kuyup burung akan merasa lapar sekali , disini kesempatan sahabat untuk memberi pakan dengan tangan, berikan ulat hongkong yang sudah berwarna putih berikan dengan tangan, apabila burung ciblek belum mau mengambil dari tangan sahabat biarkan saja, coba terus, jangan menyerah. Ketika burung ciblek sahabat sudah mau mengambil masakan dari tangan sahabat itu yakni ciri burng ciblek sudah mulai jinak, lakukan pemandian berair kuyup ini pagi dan sore, lakukan secara rutin dan dengan kesabaran.

Mungkin cara di atas ini cukup menekan pada burung sahabat dan cukup extrem tapi jangan kawatir alasannya yakni ini sebuah proses penjinakannya, kalau belum jinak dan terbiasa di kandang burung ciblek sahabat tidak akan menjadi petarung dan tidak akan berbunyi malahan akan berdampak stres tingkat tinggi. Semoga cara di atas ini sanggup bermanfaat untuk para sahabat hobiku semua. Salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive