Home » » Ciri Love Brid Jantan Dan Betina

Ciri Love Brid Jantan Dan Betina

hobiku23 Banyak yang mempunyai cara sendiri untuk membedakan jenis kelamin pada burung love brid, alasannya banyak perbedaan dan pendapat wacana ciri khusus untuk membedakan burung cinta tersebut. Terkait dilema ini kami berinisiatif untuk memperlihatkan ciri perbedaan love brid jantan dan betina akurat 90% pada postingan kali ini.

Untuk membedakan jenis kelamin pada Love Brid merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah, masalahnya love brid mempunyai banyak jenisnya. Jandi untuk jenis tertentu terkadang lebih praktis dan jenis lainnya terkadang juga lebih sulit. Dan diantara yang kedua itu yang paling susah yakni pada ketika umur Love Brid masih menginjak anakan, alasannya bentuk tubuh belum terlihat secara signifikan, cara yang digunakan membedakan kelamin pada love brid banyak yang memakai 2 cara, yaitu: ilmiah dan cara sederhana.

Perbedaan love brid jantan dan betina yang menurut penampakan luarnya saja (untuk jenis burung secara umum) dibedakan menjadi tiga kelompok love brid. Ketiga kelompok yang dimaksudkan yakni sebagai berikut :
  1. Kelompok love brid dimorfik (jenis kelaminnya sangat terperinci dan sanggup dibedakan).
  2. Kelompok love brid intermediate (jenis kelaminnya agak sulit sanggup dibedakan dari penampilan burung).
  3. Kelompok love brid kacamata (perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten).
Namun dengan catatan ketiga kelompok tersebut sanggup dibedakan hanya dengan melihat tampilan luarnya saja, melihat tampilan luar merupakan solusi untuk membedakan jenis kelamin betina atau jantan pada semua jenis burung love brid.
Untuk kelompok jenis burung love brid dimorfik, yaitu antara lain : Jenis love brid Abisinia (Agapornis taranta), jenis love brid Madagaskar (Agapornis cana) dan jenis love brid muka merah (Agapornis pullaria), sangat terperinci dan sanggup dibedakan antara jenis kelamin jantan dan betina.

Dan untuk kelompok lainnya seperti; jenis Love Brid Black Collared (Agapornis swinderniana), membedakan antara jenis kelamin betina dan jantan sangat sulit dilakukan dengan melihat tampilan luarnya saja, meskipun pada umumnya love brid betina mempunyai bulu dibagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Sekarang yang akan kami bahas yakni perbedaan love brid jantan dan betina untuk ke empat jenis love brid yang termasuk dalam kelompok love brid kacamata? 4 jenis tersebut antara lain: Love Brid kacatmata/Love Brid nyasa (Agapornis lilianae), Love Brid pipi hitam (Agapornis nigrigenis), Love Brid topeng (Agapornis personata) dan Love Brid fischer (Agapornis ficheri). Untuk ke empat jenis burung love brid kacamata ini memang agak sulit untuk membedakan jenis kelaminnya, dengan tampilan yang nyaris sama pula semakin susah untuk diidentifikasi jenis kelaminnya. Memang pada ke empat jenis ini mempunyai perbedaan berat tubuh antara betina dan jantan, untuk love brid betina mempunyai ciri keunikan sendiri yaitu ketika demam isu berkembak biak akan membawa materi sarang dibawah bulu tunggir dan bulu punggung bab bawah.

Banyak yang mempunyai cara sendiri untuk membedakan jenis kelamin pada burung love brid Ciri Love Brid Jantan Dan Betina
Image:(www.usa-coachoutletstoreonline.com)

Ciri-ciri Love Brid Jantan dan Betina

Ciri dan perbedaan untuk membedakan jenis kelamin love brid betina dan jantan disini yakni dengan cara melihat tampilan luar dan huruf / tingkah laku. Cara tersebut banyak digunakan oleh para penangkar burung professional, alasannya cara ini dianggap sebagai cara yang paling signifikan tingkat akurasinya mencapai 90%, berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin pada burung love brid kacamata :
  • Bentuk ekor- Paling praktis membedakan love brid jantan dan betina yaitu dengan melihat ekornya, kalau jantan ujung ekornya membentuk hurup V atau lancip, sedangkan betina bentuk ekornya datar menyerupai merpati.
  • Bentuk kaki- Bentuk kaki ini sanggup dilihat ketika love brid sedang bertengger, posisi kaki betina lebih melebar kesamping atau ngangkang, sedangkan jantan merapat.
  • Bentuk paruh- Bentuk paruh love brid dilihat dari akrab supaya jelas, bentuk paruh love brid jantan biasanya lebih runcing dari atas kebawah dan terlihat kering, sedangkan love brid betina akan lebih besar dari pangkalnya.
  • Bentuk sayap- Love brid jantan ujung sayap lebih sering terlihat dalam posisi menyilang atau merapat sedangkan love brid betina dalam posisi melebar dan terbuka.
  • Bentuk kepala- Bentuk kepala jantan kebanyakan lebih kecil dan bundar tetapi rata dibagian atas, sedangkan pada love brid betina terlihat lebih besar dan menonjol secara umum.
Perbedaan Love Brid Jantan dan Betina Pada Prilakunya
  • Saat birahi- Pada ketika love brid sudah berjodoh biasanya kepala love brid jantan akan mengangguk dan bergetar seakan ingin menyuapi anaknya. Love brid jantan akan melolohkannya pada love brid betina.
  • Membawa materi sarang- Love brid betina akan terlihat rajin mengangkut sarang ketika menjelang akan bertelur, daripada jantannya. Ini sanggup menjadi dasar pertimbangan kita.
  • Menggigit objek dari dalam kandangnya- Love brid betina terlihat lebih bergairah didalam kandangnya. Ini mungkin normal alasannya perilaku keibuannya yang lebih bergairah melindungi sarang. Terbukti ketika tangan kita masuk kedalam sarangnya, niscaya love brid betina akan mematuknya.
Ciri-ciri yang dijelaskan diatas merupakan ciri-ciri dari pengalaman peternak love brid, dan keakuratannya masih 90%, kalau kita ingin benar-benar akurat salah satu jalannya yakni tes DNA burung, ini alasannya memang burung paruh bengkok lebih susah. Terimakasih telah menyimak klarifikasi kami ini, semoga artikel kami ini sanggup bermanfaat untuk sahabat hobiku semua. Salam, sukses selalu.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive