Home » , » Junai Emas,Si Burung Merpati Nan Eksotis

Junai Emas,Si Burung Merpati Nan Eksotis

Burung Junai Emas atau Nicobar pigeon (Caloenas nicobarica) merupakan spesies burung dari keluarga besar merpati. Dalam penjabaran ilmiahnya tergolong dalam ordo Columbiformes ,Family: Columbidae dan merupakan satu-satunya spesies dalam Genus  Caloenas yang sanggup dijumpai di wilayah Indonesia.

Burung ini berukuran besar dengan panjang tubuhnya sekitar (40 cm), berkaki panjang, tampak ibarat tidak berekor. Terdapat bulu tengkuk yang panjang ibarat berambut gondrong yang khas berwarna abu-abu gelap mengilap. Punggung dan sayap berbulu hijau mengilap kuningan. Ekor putih pendek.Burung dewasa lebih kusam dengan bulu ekor hitam atau hijau-tua dan tanpa bulu tengkuk yang panjang.Iris coklat, paruh hitam dengan sera (kenop) yang menonjol, kaki merah keunguan gelap.
 merupakan spesies burung dari keluarga besar merpati Junai Emas,si burung merpati nan eksotis
http://www.taenos.com/

Tempat hidup dan kebiasaan hidup burung ini di alam liar yakni lebih sering ditemukan bersarang di pulau- pulau kecil di lepas pantai, kadang mengembara ke pulau-pulau yang lebih besar dan pesisir daratan utama yang berhutan untuk mencari makan. Makan di atas permukaan tanah di dalam hutan primer di pesisir, hutan Magrove, hutan sekunder yang tinggi, rumpun bambu di tepi hutan, hutan pamah dan hutan perbukitan hingga ketinggian 950 mdpl. Lebih aktif ketika senja hari, ketika siang hari hanya aktif di tempat-tempat yang gelap dan terlindungi, beristirahat pada tenggeran yang rendah.

Burung eksotis yang satu ini merupakan jenis burung yang dilindungi menurut Perlindungan: PP No. 7/1999. Status spesies ini masuk dalam Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT ) yang secara perundang-undangan Perdagangan Internasional masuk dalam spesies burung Appendix I, Perdagangan hanya diijinkan untuk kepentingan khusus (misal: riset ilmiah).

Sekedar informasi saja,meskipun burung ini termasuk jenis burung yang diindungi,tapi pada kenyataannya nasibnya tetap sama ibarat burung eksotis yang lainnya,yaitu ada yang memperdagangkan. Pantauan timkicau dari komunitas-komunitas penghobi burung maupun lembaga jual beli yang ada di facebook,akhir-akhir ini ada yang menjual burung merpati eksotis ini ibarat gambar dibawah.
 merupakan spesies burung dari keluarga besar merpati Junai Emas,si burung merpati nan eksotis

Harganya cukup murah jikalau dibandingkan dengan tampilan fisik dan populasinya yang kian menipis.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive