Home » , » Ketika Jalak Nias Berubah Jadi Jalak Putih

Ketika Jalak Nias Berubah Jadi Jalak Putih

Ketika jalak nias dirubah jadi jalak putih. Bukan sulap bukan sihir,tapi ini ialah aktual (nyata kebijaksanaan anyir maksudnya) hehe. Teknik hitam berjualan ternyata masih banyak di pasaran khususnya untuk kalangan penghobi burung. Beberapa waktu kemudian timkicau pernah membahas beberapa teknik tipu-tipu yang dilakukan oleh beberapa pedagang pembangkang dengan menciptakan sesuatu yang nyaris sama dengan yang dikehendakinya. Contohnya dengan cara menyemir bulu dan mencari burung yang mempunyai kemiripan dengan burung yang mempunyai nilai hemat yang lebih tinggi.

Kali ini yang jadi korban salon ialah jalak nias atau common myna (Acridotheres tristis) yang di make up ibarat jalak putih atau black-winged starling (Acridotheres melanopterus). Ya,kami sebut korban salon alasannya ialah caranya ialah dengan merias bulu burung biar serupa dengan burung yang sejenisnya tapi yang harganya lebih mahal.Baca juga Awas burung semiran

Untuk harga pasaran jalak nias umumnya sekitar 150-300 rb an per ekornya,sedangkan jalak putih harganya ialah 1jt keatas (kadang ada yang 800 tergantung usia dan spesifikasinya). Sekilas wacana burung jalak putih,sebenrnya spesies ini sudah rentan punah,sama mirip jalak bali yang kalau memeliharanya harus mempunyai akta resmi,(idealnya begitu).

Kembali lagi ke topik judul di atas. Kami menciptakan artikel ini alasannya ialah kemarin kami lihat di salah satu grup wacana jual beli burung yang ada di facebook. Tampilannya mirip gambar dibawah.
Ketika jalak nias dirubah jadi jalak putih Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Perhatikan baik-baik gambar burung tersebut. Bagi orang awam atau yang belum pernah mengamati ciri-ciri detail burung jalak putih niscaya tidak akan ragu kalau itu ialah jalak putih. Lihat warnanya putih,terdapat selaput kulit tak berbulu yang mengelilingi matanya mirip dengan jalak putih. Apalagi kalau posisinya digantung dan melihatnya dari kejauhan,pasti mengiranya ialah jalak putih tulen,coba perhatikan gambar dibawah ini.
Ketika jalak nias dirubah jadi jalak putih Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Dari foto burung diatas,bagi yang sudah paham betul dengan ciri-ciri jalak putih orisinil niscaya sudah kelihatan. Bagi yang masih gres supaya kalian tidak menjadi korban penipuan selanjutnya,silahkan perhatikan perbedaan kepala antara jalak putih dan jalak nias aslinya.
Ketika jalak nias dirubah jadi jalak putih Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Dari gambar diatas sudah terlihat terang perbedaan di bab kepalanya,yaitu terdapat di paruh dan matanya. Sementara selaput kulit tak berbulu untuk burung jalak nias cenderung agak kemerahan (kuning orange),sedangkan jalak putih berwarna kuning higienis (kadang ada yang semu kehijauan). Sekarang lihat bab kakinya mirip gambar dibawah.
Ketika jalak nias dirubah jadi jalak putih Ketika jalak nias berubah jadi jalak putih

Kaki burung jalak putih usia remaja atau anak berwarna hitam semu jingga,sedangkan yang remaja berwarna kuning (keputih-putihan dan keunguan). Sedangkan jalak nias kakinya kuning tegas.

Warna bulu hitam di bab sayap burung jalak putih ialah hitam tegas,warna putihnya juga higienis dan tidak kusam.

Mungkin ada yang mau menambahkan silahkan melalui kolom komentar dibawah untuk saling menyebarkan dan untuk pembelajaran bersama.Semoga bermanfaat dan semoga kalian bukan termasuk dalam korban penipuan berikutnya. Salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive