Home » , » Burung Cucak Biru Atau Cucak Gadung

Burung Cucak Biru Atau Cucak Gadung

SURGA KICAU-Burung cucak biru atau ada yang menyebutnya dengan nama cucak gadung ini merupakan jenis burung pengicau yang mempunyai warna bulu mayoritas biru dan hitam,Burung ini bukan merupakan spesies burung dari keluarga cucak-cucakan atau secara pembagian terstruktur mengenai ilmiahnya disebut Pycnonotidae Burung ini dikelompokkan dalam keluarga sendiri dari jenis burung pengicau,yaitu dalam Family: Irenidae (Jerdon, 1863) Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Asian fairy-bluebird (Irena puella) dan satu lagi kerabatnya adalah cucak biru filipina atau Philippine fairy-bluebird (Irena cyanogaster).

Di alam liar, burung ini menyukai hidup di daerah hutan pada dataran tinggi dengan daerah ketinggian mencapai 1800 m dari permukaan laut. Cucak biru merupakan burung pemakan buah dan serangga kecil. Kebiasaan di alam liar biasanya mereka sanggup dijumpai secara berpasang-pasangan maupun secara berkoloni namun dalam skala yang kecil, sekitar 6-8 burung saja, tapi terkadang juga bisa bergabung dengan kelompok burung jenis lainnya.

Untuk membedakan kelamin yang jantan dengan betina tidaklah terlalu sulit. Ciri-ciri Cucak Biru yang jantan mempunyai warna biru yang terperinci pada bulu bab punggungnya, pada bab muka, dada, dan ujung ekor berwarna hitam legam, postur badan sedikit lebih besar, kemampuan variasi kicauannya lebih mumpuni. Sedangkan ciri-ciri Cucak Biru yang betina warna biru pada bulunya lebih lembut agak gelap, begitupun warna hitam di bab tubuhnya agak kusam kecokelatan, tubuhnya lebih mungil, dan kemampuan bunyi kicauannya monoton.

Suara burung cucak biru bisa kalian dengarkan dibawah ini,sumber audio mp3 bunyi burung cucak biru diambil dari hasil konversi video yang ada di youtube,namun telah kami edit sedikit untuk mengurangi efek kebisingan.
  • Suara burung cucak biru
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive