Home » , » Suara Panggilan Burung Bull-Headed Shrike Betina Rapat

Suara Panggilan Burung Bull-Headed Shrike Betina Rapat

Burung bull-headed shrike (Lanius bucephalus) adalah jenis burung pengicau atau passerine  yang tersebar di beberapa tempat di timur Asia. Burung ini merupakan jenis burung cendet atau pentet yang dalam bahasa Inggrisnya disebut shrike, tergolong dalam keluarga Laniidae. Karena tidak dijumpai di Indonesia,saya gunakan nama dalam bahasa Inggrisnya saja semoga lebih keren.
adalah jenis burung pengicau atau passerine Suara panggilan burung bull-headed shrike betina rapat
img credited to http://pds.exblog.jp/

Burung ini berukuran panjang sekitar 19-20cm. Burung jantan mempunyai mahkota berwarna coklat, alis tipis berwarna putih dan topeng hitam menyerupai jenis burung cendet pada umumnya. Bagian badan belakang coklat keabu-abuan dan sayap gelap dengan beberapa bulu berwarna putih.Sedangkan untuk burung Betina hampir serupa tetapi warnanya lebih kusam dan coklat dengan topeng juga agak cokelat.

Spesies ini mempunyai bunyi yang keras dan nada panggilan-nya berupa bunyi tempabak menyerupai burung cililin,tapi lebih lambat, selain itu juga untuk burung yang jantan cendekia dalam menggandakan bunyi burung lainnya. Burung ini berkembang biak di Cina, Korea, Jepang dan Rusia (Ussuriland, Sakhalin dan Kepulauan Kuril). Burung yang mempunyai habitat di bab Utara bermigrasi ke selatan dikala demam isu hambar sampai ke wilayah Cina selatan.

Wilayah migrasi burung ini juga terlihat di Taiwan, Hong Kong dan Vietnam. Ras sicarius yang terisolasi ditemukan hanya di pegunungan Provinsi Gansu di China. Menyukai tempat terbuka menyerupai lahan pertanian dan tepi hutan lebih. Kadang juga  terlihat di taman dan kebun di daerah perkotaan.

Makanan utama burung ini sama dengan jenis burung cendet yaitu serangga menyerupai kumbang dan jangkrik, tetapi juga memangsa kadal dan katak. Terkadang juga memakan burung berukuran kecil dan yang paling unik dari burung cendet yaitu suka menyimpan sisa makananya di ranting pohon atau tempat berduri yang akan dimakan dikemudian hari.

Suara burung ini juga manis menyerupai burung cendet yang ada di Indonesia untuk bunyi sub song atau mimikrinya yang dinyanyikan oleh burung jantan. Tapi maaf untuk bunyi burung jantannya tidak aku upload alasannya audionya sangat berisik. Yang membedakan dengan burung cendet yang ada di Indonesia adalah,suara call atau nada panggilan burung betina yang berupa bunyi tembakan rapat menyerupai bunyi burung cililin.

Berikut ini jikalau ingin mendengarkan audionya.
    Refferensi dari wikipedia,audio mp3 dari xeno-canto.org yang sudah aku edit dan tidak sama dengan situs lain. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

    0 comments:

    Search

    Popular Posts

    Blog Archive