Home » » Cara Merawat Cendet Mabung Yang Benar

Cara Merawat Cendet Mabung Yang Benar

memulihkan kondisi cendet pasca mabung. Simak tips berikut dengan saksama sobat.

 Cendet mabung atau molting ialah proses alami yang niscaya akan dilalui oleh setiap unggas CARA MERAWAT CENDET MABUNG YANG BENAR

Perawatan Cendet Mabung bergotong-royong tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicau lainnya. Misalnya kenari mabung, ciblek mabung, cucak jenggot mabung, kenari mabung, anis merah mabung, anis kembang mabung, cucak ijo mabung, dan lain-lain. Saat mabung kebutuhan cendet akan protein dan nutrisi lain sangat banyak dan berlipat-lipat dari hari biasanya. Cendet yang sedang mabung biasanya akan banyak membisu dan manja. Selain nutrisi yang cukup, cendet mabung juga membutuhkan kawasan yang nyaman, tenang, dan aman. Namun sebaliknya jikalau anda tak merawat cendet mabung dengan tepat dan benar, maka sehabis mabung cendet akan bermetamorfosis burung manja dan performanya menurun. Kesalahan dalam merawat cendet mabung sudah banyak dilakukan oleh cendetmania. Untuk itulah anda sebaiknya memahami betul bagaimana cara merawat cendet ketika mabung yang benar.

Cara Merawat Cendet Mabung Yang Benar


1. Pakan Cendet
Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam perawatan cendet mabung ialah pakannya. Pakan sangat berperan dalam sukses tidaknya mabung. Anda sanggup memperlihatkan pakan berupa voer harian yang dicampur dengan voer ayam broiler (BR1). Paduan pakan ini sanggup menciptakan bulu cepat rontok sehingga proses mabung berlangsung lebih cepat. Kandungan protein di dalam kedua voer memang cukup tinggi. Anda sanggup menciptakan dosis 50:50.

2. Pakan Tambahan
Pakan pemanis atau biasa disebut EF untuk cendet mabung ialah jangkrik. Jangkrik mengandung protein dan nutrisi yang tinggi yang sanggup mencukupi kebutuhan cendet. Pada ketika mabung anda sanggup memperlihatkan jangkrik 6 ekor di pagi hari. Di sore hari berikan lagi jangrik 6 ekor. Atau anda juga sanggup memperlihatkan ulat hongkong (UH) sebanyak 5-10 ekor di pagi dan sore hari. Pemberian kroto juga anggun untuk cendet mabung, yaitu sanggup diberikan setiap hari selama cendet mabung. Cacing tanah juga sanggup anda berikan 2 kali seminggu sebanyak 1-2 ekor. Secara umum EF yang diberikan mengandung protein tinggi.

3. Mandi dan Jemur
Jika biasanya cendet mandi setiap hari, maka ketika masa mabung sebaiknya anda tidak memandikan cendet dulu. Mandi hanya diberikan jikalau bulu usang rontok semua, dan sudah muncul tunas bulu-bulu baru. Begitu juga dengan jemur, anda tak perlu menjemur cendet yang sedang mabung. Karena sinar matahari sanggup menghambat pertumbuhan bulu-bulu baru. Kaprikornus mandi dan jemur hanya dilakukan jikalau cendet sudah mempunyai tunas bulu-bulu baru.

4. Multivitamin
Pertanyaannya, "Apakah perlu memperlihatkan multivitamin untuk cendet yang sedang mabung?" Jawabannya ialah "Perlu." Karena belum tentu pakan yang kita berikan sanggup mencukupi kebutuhan nutrisi bagi cendet yang sedang mabung. Multivitamin merupakan elemen penting bagi pertumbuhan bulu cendet dan juga kesehatan cendet. Anda sanggup membaca dan menentukan aneka macam multivitamin burung di Toko Kami.

5. Kondisi lingkungan
Faktor lain yang juga sanggup memperngaruhi proses mabung cendet ialah lingkungan. Saat cendet mabung, pastikan lingkungan nyaman, aman, dan tenang. Bila perlu, tempatkan cendet di ruangan tersendiri yang jauh dari burung-burung lain biar fokus melewati masa mabungnya. Full kerodong ialah cara yang pas untuk menciptakan cendet merasa damai dan nyaman.

6. Mastering
Saat cendet mabung, anda sanggup memaster cendet. Karena ketika cendet mabung, ia akan lebih banyak diam. Dan ketika inilah waktu yang tepat untuk memaster cendet anda. Pastikan bunyi masteran sesuai dengan abjad bunyi burung cendet. Jika anda memaster dengan tepat maka cendet akan mempunyai banyak variasi kicauan.

Kesimpulan dari tips di atas ialah bahwa cendet mabung membutuhkan perawatan ekstra dan konsisten. Baik dalam hal pakan, rawatan, mandi jemur, mastering, dan juga lingkungan. Pastikan anda melaksanakan tips-tips di atas biar cendet mabung dengan tepat dan cendet gacor sehabis mabung selesai. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

Sobat kicaukan, demikian isu yang sanggup kami sampaikan wacana cara merawat cendet mabung. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapat banyak sekali macam isu penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Ragam Jenis Burung Cipoh Terlengkap

Perawatan Cendet Mabung

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive