Home » , » Solusi Atasi Murai Watu Mencabuti Bulunya Sendiri

Solusi Atasi Murai Watu Mencabuti Bulunya Sendiri

Kicaukan - Solusi Atasi Murai Batu Mencabuti Bulunya Sendiri - Sobat kicaukan niscaya sering mendengar kasus murai watu (MB) yang mencabuti bulunya sendiri. Sama dengan burung kicau lainnya, MB yang mencabuti bulunya sendiri bukannya tanpa sebab. Ada banyak sebab/faktor mengapa murai watu mencabuti bulunya sendiri. Lalu bagaimana solusi atasi murai watu mencabuti bulunya sendiri? Jangan beranjak dari kawasan duduk anda sebelum final membaca artikel ini.

Solusi Atasi Murai Batu Mencabuti Bulunya Sendiri SOLUSI ATASI MURAI BATU MENCABUTI BULUNYA SENDIRI


Perilaku MB yang mencabuti bulunya sendiri biasanya diawali dengan mencabuti bulu ekornya. Dan bila kita biarkan maka MB akan mencabuti bulu-bulu lain. Misalnya di paha, dada, dan sayap. Tentu bila sudah terlampau parah waktu yang diharapkan untuk mengatasinya juga lebih lama. Makara bila MB anda terindikasi mencabuti bulunya sendiri, segeralah diobati. Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya, penyebab murai watu mencabuti bulunya sendiri ada beberapa hal ialah sebagai berikut :

  • Karena penyakit dalam
  • Karena kekurangan nutrisi/gizi
  • Karena over birahi (OB)
  • Karena mental yang drop
  • Karena iritasi penyakit pada kulit/bulu

Itulah beberapa penyebab MB mencabuti bulunya sendiri. Sekarang mari kita lebih lanjut membahas solusi atasi murai watu mencabuti bulunya sendiri. Di sini, kami hanya membuatkan pengalaman. Makara kalau ada yang kurang oke mari kita diskusikan untuk memperoleh solusi terbaik.

Solusi Atasi Murai Batu Mencabuti Bulunya Sendiri


  1. Kurangi porsi jangkrik. Porsi jangkrik sanggup anda kurangi menjadi 3 ekor di pagi hari, dan 3 ekor lagi di sore hari. Atau bila masih kurang, porsi jangkrik diubah menjadi 2 pagi, 2 sore.
  2. Hentikan EF untuk sementara. Makara MB hanya diberi pakan voer dan jangkrik saja.
  3. Hentikan pemasteran untuk sementara.
  4. Gantang MB di ruang sendiri (isolasi sementara).
  5. Sangkar tidak usah dikerodong. Tetapi pastikan kondusif dari gangguan kupu putih, lebah, ngengat, atau serangga beracun lainnya.
  6. Hentikan pemandian dan penjemuran selama masa penyembuhan MB. 
  7. Lakukan cara-cara di atas dengan sabar dan tekun. Jangan pernah mengeluh, lantaran memang diharapkan waktu untuk kembali normal.
  8. Bahkan semoga bulu-bulu MB kembali normal harus melalui proses mabung. 

Bagaimana pendapat anda sobat? Apakah sulit untuk mengobati MB mencabuti bulu sendiri? Asalkan dikerjakan dengan bahagia hati dan ikhlas, tidak ada yang berat bukan? Hehe. Selamat mencoba sobat, semoga berhasil.

Sobat kicaukan, demikian warta yang sanggup kami sampaikan tentang Solusi Atasi Murai Batu Mencabuti Bulunya Sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam warta penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, bila anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca artikel ini : CARA MEMASTER MURAI BATU ANAKAN PALING EFEKTIF

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive