Home » » Ciblek Mabung? Ini Perawatannya

Ciblek Mabung? Ini Perawatannya

Klub Burung Kicau - Ciblek Mabung? Ini Perawatannya. Ciblek yang merupakan burung lokal berpostur kecil sekarang semakin diminati dan sedang ramai di pasar burung. Peminat ciblek yang semakin banyak menjadi alasan utamanya. Ciblek sanggup dijadikan burung masteran untuk banyak sekali macam burung kicau lain, atau sekadar untuk klangenan di rumah saja. Ciblek mabung ialah salah satu fase yang niscaya akan dilalui, dan membutuhkan perawatan ekstra semoga proses mabungnya cepat akibat dan berhasil. Kita tahu bahwa kalau ciblek akibat mabung maka ciblek akan lebih sepakat penampilannya dan bahkan berada di puncak penampilan (top form). Bagaimana cara merawat ciblek mabung? Kami akan membuatkan tipsnya untuk anda menurut pengalaman ciblekmania yang sudah sangat memahami ciblek.

 Ciblek yang merupakan burung lokal berpostur kecil sekarang semakin diminati dan sedang ramai CIBLEK MABUNG? INI PERAWATANNYA

Ciblek mabung ialah masa di mana bulu usang akan rontok dan diganti dengan bulu yang baru. Mabung atau molting ialah ketika dimana ciblek sangat membutuhkan protein yang cukup untuk mempercepat proses pergantian bulunya. Jika asupan protein kurang maka akan memperlama proses mabung ciblek anda. Untuk itu pilihan EF sebagai sumber protein ialah yang paling tepat. Jangkrik atau kroto ialah EF yang paling direkomendasikan untuk memperlancar proses mabung termasuk pada ciblek. Akan lebih maksimal kalau anda juga memperlihatkan suplemen/multivitamin pada air minum ciblek. Anda sanggup membaca dan melihat banyak sekali macam multivitamin dan pakan burung secara lengkap gacor.

Perawatan Ciblek Mabung


  • Saat ciblek sedang mabung/molting, sebaiknya frekuensi mandi dan jemur dikurangi.
  • Untuk pemandian ciblek mabung, gunakan sprayer/semprotan halus untuk menyemprot ciblek. Namun jangan hingga berair kuyup. Yang penting membersihkan kotoran pada bulu ciblek.
  • Sedangkan untuk penjemuran ciblek mabung, setiap hari hanya dijemur selama 1 jam. Waktu idealnya ialah pagi hari antara jam 7 pagi hingga jam 8 pagi. Dan sehabis itu ciblek tidak perlu dijemur lagi.
  • Setelah 1 jam dijemur, ciblek diangin-anginkan selama lebih kurang 15 menit.
  • Setelah itu ciblek kembali dikerodong di daerah yang lembab, tenang, tidak berisik, dan nyaman.
  • Stop pinjaman ulat hongkong (UH). EF untuk ciblek mabung diganti dengan 1 ekor jangkrik berukuran kecil dan 1/2 sdt kroto.
  • Pada sekitar jam 1 siang, buka kerodong dan diangin-anginkan selama 30 menit saja.
  • Lalu masukkan ke ruangan dan dikerodong lagi hingga jam 4 sore.
  • Berikan lagi kroto sebanyak 1/2 sdt.
  • Menjelang magrib/petang ciblek dikerodong lagi hingga pagi.
  • Lakukan cara tersebut hingga mabung selesai.

Pada dasarnya selama ciblek mabung sangat membutuhkan energi dan protein yang cukup. Untuk itu kurangi acara yang menguras energi ciblek. Dan yang penting cukupilah kebutuhan nutrisi ciblek semoga proses pergantian bulunya lancar dan cepat. Selamat Mencoba Semoga Berhasil.

Sobat kicaukan, demikian warta yang sanggup kami sampaikan wacana perawatan ciblek mabung. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapat banyak sekali macam warta penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!
Sobat kicaukan, kalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Cara Agar Prenjak Cepat Ngevoer

Ciblek Mabung

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive