Home » , » Cara Paling Ampuh Mengatasi Kacer Mbagong

Cara Paling Ampuh Mengatasi Kacer Mbagong

Cara Mengatasi Kacer Mbagong yakni pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para kacermania. Memang burung kacer/poci mempunyai aksara yang keras dan terkadang sulit dikendalikan. Salah satu problem yang sering dihadapi oleh kacermania yakni kacer mbagong yang sulit dihilangkan. Memang sikap mbagong pada kacer sering kita temui, khususnya para pemula. Kacer dikenal sebagai burung yang galak dan labil. Kacer mbagong bergotong-royong sanggup diatasi dengan beberapa cara tergantung dari apa penyebabnya. Nah kali ini kami akan menyebarkan tips kepada anda wacana bagaimana cara menghilangkan sikap kacer mbagong. 

 yakni pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para kacermania CARA PALING AMPUH MENGATASI KACER MBAGONG

Kacer mbagong jikalau diamati memang sanggup disebabkan oleh banyak hal. Misalnya lantaran kondisi birahi yang berlebih (OB), atau sanggup juga lantaran mandi yang tidak teratur. Nah jikalau anda mempunyai kacer yang suka mbagong maka pahami dulu kesalahan/penyebabnya. Karena kacer mbagong bukan semabarangan cara mengatasinya. Setiap kacer mbagong butuh penanganan berbeda sesuai dengan penyebabnya. Misalnya kacer mbagong lantaran mandi yang tidak teratur. Hal ini sering terjadi lantaran pemilik kacer harus bekerja sehingga tidak fokus merawat dan memandikan kacernya. Maka pemilik kacer harus segera mencari tahu kapan waktu yang paling disukai untuk mandi. Oke untuk lebih jelasnya mari pribadi saja kita cari tahu cara mengatasi kacer mbagong berikut ini.

Mengatasi Kacer Mbagong

Ada beberapa cara mengatasi kacer mbagong dan diubahsuaikan dengan penyebab mbagongnya. Cara ini bersumber dari pengalaman, dan boleh anda coba atau tidak. Yang terang cara ini cukup efektif.

1. Mengatasi kacer mbagong lantaran pergantian kandang atau tangkringan
Tahukah anda bahwa kacer mbagong sanggup disebabkan oleh pergantian kandang dan tangkringan/tenggeran? Ya benar, lantaran di dikala kacer sudah nyaman dengan kandang dan tangkringannya anda tak perlu gonta-ganti sangkar. Ada beberapa kicaumania yang gemar mengganti kandang kacer tanpa memahami apakah kacer sudah nyaman atau belum. Jika kacer sudah terlihat nyaman dan anteng, anda tak perlu mengganti sangkar. Lalu bagaimana cara mengatasi kacer mbagong lantaran pindah sangkar? Jawabannya yakni mengembalikan suasana kandang dan tenggeran ibarat dulu. Misalnya mengembalikan kacer ke kandang usang atau men-set kandang biar suasananya ibarat kandang lama.

2. Mengatasi kacer mbagong lantaran kesalahan mandi
Kacer atau poci memang jenis burung kicau yang gemar mandi. Inilah yang harus anda perhatikan, lantaran jikalau kita salah menerapkan model mandi kacer maka kacer sanggup mbagong. Karena keterbatasan waktu dan kesibukan bekerja, kadang kita tidak punya waktu banyak untuk merawat kacer. Makara kita hanya memandikan kacer di dikala kita sanggup atau semau kita. Padahal kacer yang mandi tanpa kemauannya sendiri akan berdampak buruk. Wajib anda ketahui bahwa kacer mandi atas kemauannya sendiri, jadi sebaiknya jangan gunakan sprayer tetapi gunakanlah karamba. Jika kita salah menerapkan mandi kacer, kacer akan mbagong, kepala ditekuk ke belakang, atau memekarkan bulu-bulunya.  Lalu bagaimana cara biar kita sanggup tahu kapan kacer mau mandi? Nah berikut tips memandikan kacer biar tidak mbagong :
  • Gunakan karamba sebagai sarana mandi kacer.
  • Masukkan kacer di karamba setiap pagi, siang dan sore. Contohnya, kita memasukkan kacer di karamba di pagi hari. Jika kacer mau mandi, berarti kacer suka mandi di pagi hari. Jika kacer belum mau mandi, jangan dipaksa mandi. Tetapi cobalah kembali di siang atau sore hari. Intinya mencari tahu kapan waktu yang disukai kacer untuk mandi. Dengan begitu kacer akan mandi dengan nyaman dan tidak mbagong.
  • Jika kacer mau mandi pagi, cobalah kembali menaruhnya di karamba di siang atau sore hari. Barangkali kacer juga suka mandi siang atau sore. Karena ada kacer yang suka mandi sehari sekali, sehari 2 kali, sehari 3 kali atau hanya seminggu 3 kali. Pahamilah aksara kacer anda dengan baik.


3. Mengatasi kacer mbagong lantaran sakit atau stress
Kacer mbagong sanggup juga disebabkan oleh penyakit dan stress. Misalnya kacer yang sebelumnya tidak mbagong kok lalu mbagong? Silakan diamati kesehatannya, apakah kacer sakit atau tidak. Biasanya kacer mbagong sanggup disertai dengan mencret (diare), dengan ciri-ciri kotorannya cuer. Penting untuk anda ketahui, kotoran yang cuer disertai gelembung yakni lantaran cacingan. Sedangkan mencret juga sanggup disebabkan lantaran tidak nyaman/stress di lingkungan baru. Untuk penanganan yang akurat, jangan sungkan untuk memanggil dokter burung di kawasan anda.

4. Mengatasi kacer mbagong lantaran EF
Kacer mbagong sanggup juga disebabkan oleh proteksi porsi EF yang berlebihan. Misalnya anda biasa memberi jangkrik lebih dari 3 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Cobalah untuk memberi jangkrik 3 ekor saja di pagi dan 3 ekor di sore hari. Pertahankan porsi jangkrik hingga hari keempat. Pada hari kelimna, berikan jangkrik 4 ekor di pagi, dan 4 ekor di sore. Di hari kesepuluh, berilah 5 ekor jangkrik di pagi, dan 5 ekor di sore hingga hari ke-14. Setelah itu anda sanggup mentrek atau mencoba kacer di lapangan. Jika masih mbagong, berikan ulat bumbung 2-3 ekor setiap hari dengan porsi jangkrik 5/5. Ulat bumbung efektif mengatasi kacer mbagong.

Memang kacer mbagong sanggup sangat mengganggu penampilan kacer di lapangan atau di gantangan. Langkah yang harus anda lakukan yakni memahami dulu apa penyebab kacer mbagong, biar terapinya juga sempurna biar kacer gacor. Sebenarnya tak anda patokan obat kacer mbagong, tetapi dengan menyebarkan pengalaman ini semoga sanggup menjadi pola atau wawasan untuk anda. Salam Kacer Anti Mbagong.!!!

Sobat kicaukan, demikian informasi yang sanggup kami sampaikan tentang cara mengatasi kacer mbagong. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung untuk mendapat banyak sekali macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Jangan lupa membaca yang ini juga sahabat : Grosir Sangkar Burung Set

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive