Home » , » Burung Isap Madu Anis

Burung Isap Madu Anis

Burung Isap Madu Anis -Isap Madu Anis atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Silver-eared Honeyeater (Lichmera alboauricularis) ini merupakan salah satu jenis burung Isap Madu yang berukuran kecil (15 cm). Berbintik sangat banyak di pecahan dada dan ada bercak keputih-putihan di telinga. Kebiasaan burung ini sering dijumpai bergerombol dan ribut.

Suara burung ini berupa serangkaian nada yang terdengar menyerupai kata “shree shree shrew shrew…” yang dinyanyikan semakin meninggi berirama tetapi kasar, parau, menurun, semakin cepat, diucapkan cepat, biasanya dari epilog vegetasi. Sering beberapa burung bersuara bersama.
Isap Madu Anis atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan  Burung Isap Madu Anis

Persebaran dan Ras P. Papua pecahan tenggara, Sepik-Ramu dan Papua pecahan barat-laut. Terdiri dari dua sub-spesies:
  1. Lichmera alboauricularis olivacea Mayr, 1938 – dataran rendah papua pecahan utara, dari Danau Sentani dan S. Idenburg-Mamberamo ke timur hingga S. Ramu, termasuk hulu dan tengah S. Sepik.
  2. Lichmera alboauricularis alboauricularis (E. P. Ramsay, 1878) – pesisir dataran rendah Papua Nugini pecahan tenggara.
Habitat orisinil burung ini menghuni habitat terbuka yang biasanya di akrab pesisir atau di sepanjang sungai besar, sungai, tepi danau, perkebunan kelapa, pemukiman dan semak. Bergerombol tetapi sering sulit dilihat sebab bersembunyi di antara vegetasi dan bergerak cepat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive