Home » » Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina

Cara membedakan burung pleci jantan dan betina bagi para pemula yang ingin merawat pleci tentu saja merasa bingung dan dianggap susah. Hal itu normal dan wajar sekali karena burung pleci termasuk salah satu burung yang berjenis monomorfik yaitu warna, bentuk, dan strukturnya antara jantan dan betina sama. Tetapi bukan berarti burung pleci jantan dan betina ini tidak bisa dibedakan satu sama lainnya. Burung pleci jantan dan betina tetap bisa dibedakan tetapi caranya tentu kita harus lebih teliti dan detil memperhatikan bagian tubuh pleci tersebut.

Pengetahuan untuk membedakan burung pleci jantan dan betina menurut saya sangat penting dalam dunia kicau ini. Karena dengan kita bisa membedakan kelamin pleci tentu kita bisa memilih pleci jantan dalam ombyokan dengan mudahnya atau barangkali jika kita sedang bertransaksi jual beli maka bisa menghindari penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu tentu kita bisa memilih gacoan atau memilih pleci betina untuk cas atau koloni.
Ciri-ciri jantan dan betina burung dalam kelompok Zosterops (pleci) ini beberapa di antaranya juga bersifat relatif karena perlu perbandingan antara satu burung dan burung lainnya, meski ada juga ciri-ciri yang jelas-jelas hanya dimiliki burung pleci jantan dan juga ciri-ciri yang hanya dimiliki burung pleci betina.

1. Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Fisiknya :

1. Ekor
Burung Pleci berkelamin jantan mempunyai ukuran ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dengan  Pleci betina. Ekor Pleci jantan mempunyai ujung yang runcing, terlihat seperti huruf “V”. Sedangkan ekor Pleci betina terlihat pendek dengan ujung yang rata.

2. Kepala
Bentuk kepala Pleci jantan terlihat agak bulat dan besar, dengan bagian paruh yang nampak kasar. Sedangkan kepala Pleci betina agak lebih kecil dan terlihat ramping.

3. Klep Mata
Pleci sering disebut sebagai burung kacamata, karena adanya klep atau lingkaran disekitar matanya. Rata-rata Pleci berkelamin jantan mempunyai lingkaran mata yang tebal dan putus-putus. Sedangkan rata-rata Pleci betina mempunyai klep mata yang tebal tanpa adanya putus.

4. Paruh
Bentuk pleci betina terlihat sedikit memanjang. Sedangkan bentuk paruh Pleci jantan berbentuk tebal dan agak pendek.

5. Body / Tubuh
Ukuran tubuh pleci jantan lebih cenderung panjang dan besar. Sedangkan  ukuran tubuh Pleci betina cenderung agak bulat dan pendek.

6. Warna Bulu
Warna bulu Pleci jantan lebih mencolok dan cerah. Sedangkan warna bulu Pleci betina terlihat kusam.

7. Pen / Dubur
Pleci jantan mempunyai dubur atau pen memanjang, serta terdapat banyak bulu disekitarnya. Sedangkan dubur atau pen pleci betina berbentuk kecil, serta terdapat sedikit bulu di seketarnya yang berfungsi untuk memudahkan penetrasi.

2. Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku :

1. Suara
Jenis suara Pleci jantan akan terdengar lebih nyaring dan mengkristal dibanding betina. Akan tetapi cara membedakan Pleci jantan dan betina dari hal suara membutuhkan pengamatan ektra jeli dan teliti.

2. Agresif dan Lincah
Pleci jantan akan nampak agresif ataupun lincah dan suka bertarung antar sesama Pleci jika sedang dalam kandang umbaran maupun ombyokan.

3. Semprotan Air
Anda bisa membedakan Pleci jantan atau betina ketika masih diombyokan dengan cara menyemprotkan air kekepala burung. Jika janmbulnya terlihat dan pupil matanya mengecil. maka mendakan burung Pleci tersebut berkelamin jantan.

Untuk tahu cara membedakan Pleci jantan dan betina tidak hanya fisik serta tingkah lakunya saja, kita harus paham ciri-cirinya. Nah maka dari itu kita harus tahu ciri Pleci Jantan dan ciri Pleci betina di bawah ini.

Ciri-ciri burung pleci jantan:

  1. Ekor burung pleci jantan relatif lebih panjang dengan ujung ekor yang berbentuk v, lancip pada ujung ekor.
  2. Kepala cenderung lebih besar dan berbentuk lebih bulat.
  3. dubur lebih panjang dan banyak ditumbuhi bulu-bulu.
  4. warna pleci jantan lebih tajam.
  5. postur atau badan pleci jantan lebih panjang.
  6. Klep/kacamata putus-putus serta tebal di bagian bawah.

Ciri-cirii burung pleci betina:

  1. Ekor relatif lebih pendek serta bagian ujungnya rata.
  2. Kepala lebih kecil dan datar.
  3. Dubur kecil dan hanya di tumbuhi sedikit bulu
  4. Warna bulu lebih kusam.
  5. Postur cenderung lebih pendek dan bulat.
  6. Klep/kaca mata bulat tebal tanpa putus.
Demikian sedikit ulasan mengenai cara membedakan jenis kelamin pada burung Pleci jantan dan juga betina. Burung Pleci menjadi salah satu jenis burung pemakan serangga yang pemeliharaannya dan perawatan cenderung lebih mudah dari pada burung pemakan serangga yang lain.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive