Home » » Mengatasi Cendet Salto

Mengatasi Cendet Salto

Kali ini saya akan membahas salah satu kebiasaan Cendet yang bikin para kicau mania merasa sedikit kesal. Yakni Cendet yang sering salto. Memang salto adalah tingkah alamiah bagi Cendet dimana burung cendet adalah merupakan burung predator.

Cendet yang suka salto walaupun ocehanya mantab, tetap akan mengurangi nilai dari penialaian juri ketika sedang di lombakan. Lantas apa yang harus dilakukan agar cendet yang sudah memiliki kualitas suara bagus namun diperburuk oleh karakter tersebut.

Pertama yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah,
“Salto pada cendet memang tidak bisa dihilangkan, sebab itu sudah menjadi karakter yang hamper dimiliki oleh setiap burung cendet. Namun setidaknya kita bisa memiriimalisir salto tersebut sehingga burung bisa lebih tenang dan memiliki kebiasaan yang sedikit bisa terkontrol,”

Berikut sedikit tips dari saya ;

Kurangi Birahi
Burung cendet yang sering salto salah satu penyebab yang saya ketahui berdasar pengalaman adalah karena Over Birahi pada Cendet, lalu bagai mana agar bisa menurunkan OB ( Over Birahi ) pada Cendet ?

- Berikan cacing 1 minggu bisa 2x saya ( dengan kata lain 2 cacing ukuran sedang unttuk 1 minggu )
- pengganti cacing bisa juga dengan ulat daun pisang
- Mandi malam yakni pada pukul 18.00 - 20.00 ( beri makan 2 jangkrik sebelum dimandikan )
- Mandi malam cukup 1 minggu bisa 2 kali saja, karena terlalu sering mandi malam akan mengurangi Power dari Cendet itu sendiri
- Cara memandikan cendet dengan cara di semprot dengan air dimana posisi penyemprotan yakni harus dari atas, agar yang terkena fokus pada kepala cendet.

Terapi suara air mengalir
Penanganan selanjutnya adalah mencoba menghilangkan stres yang dialami burung. Caranya bisa dilakukan dengan memberikan terapi suara air mengalir. Suara ini diperdengarkan pada burung cendet yang stres ini dengan volume pelan namun sangat jelas. Hal ini bisa dilakukan non stop selama 24 jam atau ketika malam hari saja. Artikel tentang terapi suara air megalir,

Full kerodong
Kunci dalam mengurangi kebiasaan salto adalah kerodong. Setiap hari diupayakan cendet harus dalam kondisi kerodong. Fungsi kerodong sebenarnya agar burung bisa lebih tenang. Semakin sering rentang waktu burung tenang karena dikerodong, maka tingkat saltonya akan bisa dikurangi.

Jika memang tidak mendesak, usahakan agar kerodong tetap menempel pada sangkar burung. Karena jika sering dibuka, maka kondisi burung akan semakin parah kebiasaan saltonya.
Namun usahakan Cendet tidak dalam kondisi pengap karena full kerodong, Anda bisa dengan cara membuka resleting kerodong atau membuka sedikit agar cendet mendapatkan angin udara segar.

Diembunkan
Pengembunan pada pagi hari juga bisa dilakukan. Namun menurut hemat tipsburung.com, sebaiknya pengembunan dilakukan setelah burung tidak terlalu stres. Sebab burung yang diumbar atau tanpa dikerodong dalam jangka lama, berpotensi memperparah salto pada burung. Lagi pula, pengembunan kurang efektif untuk mengurangi salto namun lebih cocok dilakukan untuk cendet yang kurang gacor. Karenanya, pengembunan ini hanya direkomendasikan pada burung cendet yang sudah tidak salto lagi

Noted : Lakukan cara di atas secara rutin agar cendet menghilangkan kebiasaan Saltonya.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive