Home » , , » Burung Sikatan Sumba

Burung Sikatan Sumba

Burung sikatan sumba atau Sumba brown flycatcher (Muscicapa segregata) ialah jenis burung pengicau dari keluarga Muscicapidae. Burung ini mempunyai ukuran sedang dengan panjang tubuhnya sekitar 13 cm. Tubuh serpihan atas coklat keabu-abuan, badan serpihan bawah keputih-putihan, lingkar-mata pucat, dan dada bercoret samar.
 ialah jenis burung pengicau dari keluarga  Burung sikatan sumba
IMG BY http://www.hbw.com/

Tampilan burung ini sangat seolah-olah dengan burung Sikatan bubik,akan tetapi paruhnya lebih panjang dan dengan gugusan bulu-bulu primer pada ujung sayap ke-6 hingga ke-8 hampir sama, sedang pada Sikatan bubik yang terpanjang ialah yang ke-7 dan ke-8 (dihitung dari sayap tengah ke arah luar).

Burung ini merupakan spesies burung Endemik Indonesia, dengan persebaran terbatas di P. Sumba. Habitat aslinya menghuni daerah hutan dataran rendah lembab, hingga ketinggian 500m, juga di hutan sekunder dan tepi hutan yang berbatasan dengan ladang.

Kebiasaan burung ini umumnya bertengger pada dahan yang terbuka menunggu serangga lewat, terbang menyambar lalu kembali ke tenggeran semula. Juga berburu serangga di lantai hutan dan tajuk bawah hutan. (Seperti dikutip dari situs kutilang.or.id).Untuk bunyi kicaunya,timkicau belum mendapat refferensi yang akurat perihal bunyi burung ini.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive