Home » » Cara Menciptakan Burung Merpati Balap Giring

Cara Menciptakan Burung Merpati Balap Giring

Cara Membuat Burung Merpati Balap Giring – Burung merpati balap giring atau keket ialah hal yang sangat di dambakan oleh para penghobi burung merpati balap. Hal itu di karenakan burung merpati balap yang giring ialah burung merpati balap yang siap untuk di balapkan atau siap di gunakan untuk balapan. Namun dalam menciptakan burung merpati balap mau giring atau keket ialah hal yang tidak gampang untuk di lakukan bagi para penghobi burung merpati balap pemula, alasannya ialah dalam menciptakan burung merpati balap menjadi giring perlu memakai beberapa cara dan perlu ketelatenan dalam setiap prosesnya. Nah, maka dari itulah pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan cara menciptakan burung merpati balap mau giring atau keket dengan cara yang alami.

Cara Membuat Burung Merpati Balap Giring Cara Membuat Burung Merpati Balap Giring
Gambar Burung Merpati Balap
(Sumber : www.bebeja.com)

Proses membuat burung merpati balap giring yang saya bagikan ini alami dan tidak memakai obat-obatan sebagai pengeket burung merpati. Hal itu di lakukan alasannya ialah biar burung merpati sanggup giring atau keket dengan tepat dan sehat bagi burung merpati. Cara menciptakan burung merpati balap giring secara alami ialah sebagai berikut ini :
  1. Pastikan burung merpati balap yang akan di giringkan sudah berjodoh dan sudah mau kawin.
  2. Tunggu hingga pasangan merpati balap tersebut menghasilkan telur. Jika tak kunjung bertelur maka alternatifnya ialah memancing/menaruh telur burung merpati lain ke dalam pagupon/kandang burung merpati balap yang akan di giringkan. Biarkan telur tersebut di erami selama kurang lebih 1 (satu) minggu.
  3. Setelah telur di erami dalam waktu tersebut di atas maka ambilah telur yang telah di erami burung merpati balap tersebut pada ketika malam hari. Usahakan pengambilan telur pada waktu malam minggu/sabtu malam. Hari tersebut saya rekomendasikan biar gampang dalam proses selanjutnya.
  4. Setelah telur burung merpati balap di ambil dari sarangnya pada waktu malam ahad maka proses selanjutnya ialah mengumbar burung merpati balap hingga hari rabu. Kaprikornus hari minggu, senin, selasa, dan rabu umbarlah burung merpati balap tersebut dengan tujuan biar bercinta atau kawin.
  5. Proses selanjutnya ialah pada ketika rabu malam pasangan merpati balap tersebut di krekep di dalam pagupon (di masukan ke dalam pagupon dan di tutup pintunya). Jangan lupa berikan ventilasi pada pagupon biar burung merpati balap tersebut tetap sanggup bernafas dan di dalam ruangan tidak pengap.
  6. Setelah semalaman di krekep di dalam pagupon, pagi harinya pasangan burung merpati balap tersebut di keluarkan dari sangkar dan di pisah memakai sangkar tingkat/sangkar pemisah. Yang jantan di taruh di atas dan yang betina di taruh di bawah. Barikan masakan berupa jagung dan berikan air putih untuk minum secukupnya. Setelah jam mengatakan pukul 09.00 pagi maka jemurlah pasangan burung merpati balap tersebut dengan tetap di pisah memakai sangkar pemisah hingga pukul 11.00 siang dan angkat dari jemuran lalu angin-anginkan.
  7. Setelah di angkat dari jemuran dan di angin-anginkan maka selanjutnya berikan masakan berupa jagung dan berikan minum air putih secukupnya.
  8. Setelah final makan dan minum selanjutnya masukan pasangan burung merpati balap tersebut ke dalam pagupon dan di krekep kembali hingga jam mengatakan pukul 03.00 sore hari. Setelah pukul 03.00 maka keluarkan pasangan burung merpati balap tersebut dan merpati siap giring.
  9. Setelah giring maka latihlah untuk balapan single (sendirian) dan jangan di tarungkan atau di balapkan dengan burung merpati balap lainnya jikalau umurnya masih muda. Namun jikalau umurnya sudah cukup pandai balig cukup akal dan memiliki mental yang baik maka silahkan untuk di balapkan dengan merpati balap lainnya.
  10. Setelah di bimbing untuk balapan, sore hari sekitar jam 05.00 maka umbarlah pasangan burung merpati balap tersebut dan biarkan untuk bercinta atau kawin. Jika waktu sudah mengatakan pukul 07.00 atau 08.00 malam maka pasangan burung merpati balap tersebut siap untuk di krekep kembali.
  11. Untuk hari selanjutnya yaitu hari jum’at, sabtu, dan ahad maka lakukan cara menyerupai tertulis pada cara nomor 5-10.
  12. Kemudian sehabis hari ahad biasanya masa giringnya sudah habis dan burung merpati betina sudah siap untuk bertelur kembali.

Nah, itulah cara menggiringkan burung merpati balap dengan cara yang alami. Demikianlah yang sanggup saya tulis dan saya publikasikan ihwal cara menggiringkan burung merpati yang semoga sanggup bermanfaat bagi semua pembaca artikel ini. Terima kasih atas kunjungannya dan mohon maaf bila terdapat kesalahan. Salam Rahayu

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive