Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Bakalan

Membedakan kenari jantan dan betina – Burung kenari pada kini ini (2017) menjadi burung yang aneka macam dipelihara. Walau ketenaranya agak tergeser oleh burung kecil menyerupai Pleci atau burung beling mata namun dari pantauan aku di setiap rumah warga niscaya ada burung Kenari sebagai peliharaanya. Bahkan sudah mulai banyak di kembang biakkan, mengingat burung kenari gampang sekali untuk berkembang biak. Sebelum mengembang biakkan kenari tentu kita terlebih dahulu perlu membedakan kenari jantan dan betina. Penentuan jenis kenari ini memang agak sulit bagi pemula, terlebih lagi bila kenari belum sampaumur atau masih bakalan, mebedakan kenari jantan dan betina pada bakalan akan lebih sulit memang. Mengingat kenari adalah burung yang mempunyai bentuk yang sama antara jantan dan betina, perlu pengamatan khusus untuk membedakannya.
Kenari sampaumur sanggup terlihat perbedaannya dengan gampang antara kenari jantan dan betina. Bahkan tidak usah merabanya pun sudah terlihat (bagi sebagian orang) nah untuk pengamatan yang lebih efektif berikut ciri-ciri kenari jantan dan betina.

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

Membedakan kenari jantan dan betina ketika masih kecil atau ketika bakalan

1. Terdapat urat yang berwarna merah gelap (kehitaman) pada bab perut hingga kloaka (dubur) anak kenari ketika usia 3-7 hari. Garis ini merupakan pembuluh vena atau susukan kelamin jantan. Jika pada anakan betina garis ini tidak ada.
2. Perbedaan postur tubu pada kenari jantan dan betina ketika masih muda. Biasanya kenari jantan mempunyai ukuran yang lebih besar dan terlihat agak panjang dari anakan kenari betina ketika masih diloloh indukan. (umur dibawah 1 bulan)
3. Perbedaan juga terdapat pada keala kenari muda. Kepala anakan kenari jantan lebih pipih dan kenari betina muda bentuk kepalanya cenderung agak sedikit bulat. (umur 2-3 bulan)
4. Perbedaan terperinci juga ketika kenari mulai besar. Anakan kenari jantan akan ngeriwik sesudah ia dipisah dari induknya sementara saudaranya yang betina tidak ngeriwik hanya ia saja. (dibawah 4 bulan)
5. Lihat juga pada kloaka (anus/ven) burung kenari. Jika burung jantan maka kloakanya akan terliat lebih menonjol dan lurus. Sedangkan pada betina akan terlihat datar dan rata.
Burung Kenari

Membedakan kenari jantan dan betina dewasa

Selain ciri diatas kita juga bisa membedakan kenari jantan dan betina saat sudah sampaumur dengan beberapa komplemen berikut.
1. Perbedaan bunyi pada kenari. Kenari jantan tentunya mempunyai bunyi yang keras, kicauan yang ngerol dan suaranya bervariasi, sedangkan kenari betina tidak ngerol, dan bunyinya standar tidak banyak variasi. Kenari betina ada juga yang ngerol tapi putus-putus dan cenderung monoton suaranya dan tidak nyaring seperti kicauan kenari jantan.
2. Perhatikan bab mata burung kenari. Ambil garis lurus paruh dan mata. Pada kenari jantan posisi mata sejajar dengan paruh, sedangkan pada kenari betina mata terdapat diatasnya paruhnya.
Burung Kenari

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive