Home » , , , , , » Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau

Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau

Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau
Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau

Oke Sobat Kicau, disini saya akan membahas beberapa penyebab burung kenari tidak mau berkicau mungkin ini ialah beberapa artikel dari ulasan yang sudah usang dari karangan Ginger Wolnik (1997) yang intinya sudah di revisi pada tahun 2001.

Dari dongeng teman saya mengenai burung kenari yang tidak mau berkicau, hal itu di lantaran kan lantaran burung kenarinya mengalami FRUSTASI yang mengakibatkan macet bunyi hingga 3 bulan lamanaya.

Dari pengalaman teman saya tersebut saya akan memaparkan Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau dan mungkin artikel ini sanggup membantu sobat kicau yang sedang mencari cara supaya burung kenari mau berkicau.

Jika Sobat gres membeli burung kenari dari pasaran, pastinya burung tersebut butuh waktu sekitar dua ahad atau lebih untuk mengikuti keadaan dengan sangkar atau lingkungan yang baru, meski ada juga yang eksklusif berkicau esok harinya.

Untuk sobat supaya tidak kecewa, sebaiknya membeli burung kenari jantan yang sudah berusia sekitar 6 bulan atau lebih, tetapi jangan hingga berusia 3 tahun. Tempatkan dalam sangkar yang luas, kemudian digantung di kawasan yang lebih tinggi.

Dan inilah Penyebab burung kenari tidak mau berkicau : 

1. Ada Kemungkinan Burung Kenari Betina

Burung kenari yang mulai jarang atau berhenti berkicau ada kemungkinan burung kenari tersebut berjenis kelamin betina, dan untuk membedakan burung kenari betina dan jantan sudah saya tulis di artikel sebelumnya.
Tips Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina
Jika masih burung kenari tersebut masih berusia muda, biasanya burung kenari betina juga bisa berkicau, tetapi mereka (burung kenari) tidak akan mengeluarkan kicauanya lagi sesudah bertelur atau sesudah melewati masa mabungnya.

Tetapi sebagian dari burung kenari betina bisa berkicau sesekali sepanjang tahun, tetapi dengan durasi dan lagu yang pendek dan cenderung putus-putus di tengah.

2. Memasuki fase mabung (molting)

Burung kenari yang semula gacor, rajin berkicau, suatu ketika nanti niscaya akan memasuki fase mabung atau molting. Pada fase ini, burung umumnya akan berhenti berkicau selama beberapa bulan, lantaran sebagian besar energinya terkuras untuk proses pergantian dan pertumbuhan bulu-bulunya. 

Kenari muda mungkin masih tetap akan berkicau selama masa mabung, tetapi kenari yang sudah berilmu balig cukup akal cenderung membisu saja. Perlu diketahui, kenari juga bisa mengalami rontok bulu di luar fase mabung. 

Hal itu biasanya terjadi kalau burung terkena cahaya lebih dari 14 jam dalam sehari. Perubahan suhu juga sanggup menjadikan burung cepat mabung. Misalnya, seekor kenari dibeli pada waktu demam isu cuek dan biasa disimpan dalam sangkar penangkaran di luar ruangan. 

Sampai di rumah dimasukkan dalam sangkar kecil dan disimpan dalam ruangan yang hangat dengan lampu menyala. Nah, di sinilah beliau akan mengalami STRES, sehingga eksklusif mengalami rontok bulu dan tidak mau berkicau lagi.

Kalau sudah masuk masa mabung, hal yang bisa dilakukan hanyalah menunggu selama dua bulan hingga proses mabung-nya selesai. Di sinilah pentingnya perawatan mabung diterapkan, dengan memperlihatkan masakan ber-protein tinggi dan egg food.
13 Extra Fooding Alternatif (EF) Untuk Burung Kicauan
 Tips Membuat Pakan Racikan Sendiri yang Paling Ampuh dan Mujarap
Pemberian perhiasan khusus bisa menciptakan burung menjalani masa mabungnya dengan aman, tidak mengalami penurunan kondisi fisik secara berlebihan, menghindari stres, dan yang lebih penting suaranya kembali prima sesudah masa mabung berlalu. 

Misalnya BirdMolt-Pre yang bisa diberikan begitu gejala mabung sudah terlihat, atau BirdMolt-Post yang bisa diberikan kalau burung sudah memasuki masa mabung.

Setelah fase mabung selesai, kenari yang sudah bau tanah biasanya tidak akan berkicau lagi selama beberapa waktu. Makara Anda bisa memutarkan musik klasik atau bunyi kenari dari kaset atau mp3 untuk memancingnya bersuara.

3. Burung dalam kondisi tidak sehat

Kenari yang tidak mau bunyi, meski tidak dalam keadaan mabung, bisa jadi lantaran kondisinya yang kurang sehat. Burung yang kelihatan aktif pun bisa mengalami gangguan penyakit, lantaran kenari termasuk burung yang pandai menyembunyikan penyakitnya. 

Dibutuhkan pengamatan serius dari pemiliknya, baik melalui tingkah laku, kondisi bulu, paruh, mata, dan kotorannya. Salah satu gangguan kesehatan yang sering menciptakan kenari macet bunyi ialah bisul pernafasan, baik yang disebabkan bakteri, virus, jamur, maupun tungau kantung udara (air sac mite)
Tips Mengobati Kaki Burung Kenari yang Terkena Gigitan Nyamuk
Mewaspadai Guratan Merah Pada Kaki Burung Kenari 
Perlu perawatan khusus disertai pertolongan obat yang sempurna untuk menuntaskan bisul ini. Merasa kesakitan atau nyeri pun bisa menciptakan kenari mogok bunyi. Misalnya burung kaget dan menabrak jeruji sangkar atau kassa sangkar penangkaran, sehingga melukai dirinya.

Apalagi kalau kuku kakinya terlalu panjang, kemungkinan burung mengalami cedera menjadi lebih besar, bahkan tidak nyaman ketika bertengger yang membuatnya bisa stres dan balasannya mogok bunyi.

4. Tubuh kenari terlalu kurus

Ada kalanya kenari yang terlalu kurus tak bisa berkicau dengan baik, bahkan tidak berkicau sama sekali. Kenari yang bertubuh kurus akan “menggumpalkan” bulu-bulunya untuk menjaga suhu badan tetap hangat.

Ironisnya, masih ada kenari mania yang tidak menyadari kalau burungnya kurus. Sepintas kemudian terlihat biasa, padahal kurus. Untuk memastikan hal ini, burung perlu dipegang, dan diraba pada cuilan punggung dan dadanya. 

Jika Anda mencicipi dengan terperinci adanya tulang pada kedua cuilan tersebut, berarti burung dalam kondisi kurus. Sebenarnya semua burung niscaya mempunyai tulang / rangka di cuilan punggung dan dada. 

Tetapi ketika diraba terasa jelas, atau biasa disebut sebagai dada nyilet, berarti burung kekurusan. Jika yang lebih terasa ialah daging atau ototnya, berarti normal. Jika daging atau otot terasa agak gembur, berarti kegemukan.

Kekurusan pada burung bisa disebabkan lantaran serangan tungau / kutu, pertolongan pakan yang tidak teratur, atau bisa  juga lantaran menderita penyakit (diare dan/atau cacingan). Tungau, kutu, dan benalu lainnya bisa disingkirkan melalui pertolongan BirdFresh

Cara pakainya bisa dilihat di sini. Adapun cacingan, apapun jenis cacingnya, sanggup diusir melalui pertolongan AscariStop.

5. Beberapa persyaratan lain

Untuk menjaga biar kenari tidak mengalami macet bunyi, sebetulnya kita bisa melakukannya dengan berusaha memenuhi kebutuhan dasar burung. Pakan, misalnya, selain berkualitas juga diusahakan bisa bervariasi biar kenari tidak jenuh (kata kenari, “burung juga butuh hidangan variatif”, he..he..he..).

Pemberian pakan yang itu-itu saja setiap hari bisa menciptakan kondisi fisik kenari cepat menurun. Bukan lantaran gizinya buruk, tetapi lebih disebabkan oleh kejenuhan yang membuatnya stres sehingga mentalnya drop.

Karena itulah, selain pertolongan nutrisi yang harmonis dan seimbang, perlu juga memperlihatkan hidangan selingan contohnya 1-2 kali dalam seminggu. Misalnya hidangan eggfood yang bisa diracik sendiri di rumah.

Jika lahan memungkinkan, sebaiknya kenari dibuatkan sangkar yang cukup luas biar burung bisa berlatih menguatkan otot-ototnya. Otot yang besar lengan berkuasa dan kencang penting bagi burung untuk memompa kantung udara dan organ-organ yang dipakai ketika mengeluarkan suaranya. 

Hal ini juga bisa dilakukan kalau kenari terlihat gemuk dan malas berkicau. Pengaturan penerangan dan jam aktif juga perlu diberlakukan biar burung senantiasa sehat dan mau berkicau secara rutin. Misalnya Anda mempunyai kenari yang lebih sering menghabiskan waktu istirahat daripada waktu aktif. Ini bisa diatasi dengan mengatur masa istirahat burung.

Caranya : 
pukul 16.00-17.00 atau masa di mana burung ingin beristirahat, masukkan kenari ke dalam ruangan yang mempunyai penerangan rendah. Selepas pukul 17.00, matikan lampu hingga dinyalakan kembali esok pagi sekitar pukul 07.00. 

Burung pun akan terbiasa mempunyai waktu aktif dan waktu istirahat. Dalam beberapa hal, sebagian tips di atas mungkin tidak banyak membantu mengatasi kenari yang macet bunyi. Misalnya, kalau kenari sudah berumur 5-10 tahun. 

Meski sanggup bertahan hidup beberapa tahun lagi, kenari yang sudah bau tanah biasanya sudah malas bernyanyi.

Dari artikel yang saya diatas semoga sanggup bermanfaat dan membantu pecinta burung kenari dimanapun berada.

Demikian artikel ini dipersembahkan untuk penggemar kenari yang sering bertanya mengapa burungnya tidak mau bersuara. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive