Home » , , , , , , , , , , » Tips Ternak Kroto Sendiri Memakai Toples Plastik

Tips Ternak Kroto Sendiri Memakai Toples Plastik

Beternak Kroto Salah satu media untuk cara budidaya kroto semut rangrang ialah toples. Toples yang biasa dipakai ialah toples plastik transparan yang ada di pasaran yang pada umumnya sering dipakai untuk kawasan kerupuk atau kuliner kecil. Harga di pasar bervariasi tergantung ukuran dan juga merek.

Bahan yang di butuhkan  untuk  1 buah toples budidaya kroto toples ialah :

1 buah Toples 10 Lt dengan harga Rp. 13.000±
1 buah Nampan plastik diameter agak besar, dengan harga Rp. 7.000±

Beternak kroto

Cara menciptakan media toples untuk budidaya kroto

Lubangi bab bawah toples dengan diameter 7 cm. cukup 1 lubang. Kemudian letakan nampan plastik dengan posisis datar, isi air hingga hampir 1/2 bab nampan. Lalu taruh kerikil bata ditengah nampan sebagai media meletakan toples.

Lubang toples yang telah dibentuk kita tutup menggunaka lakban untuk mencegah lari semut setelah kita pindah semut rangrang dari sarang sebelumnya ketoples yang telah kita sediakan tutup rapat dengan tutupnya ( disini kita siapsiap untuk diserang dan digigit oleh semut rangrang alasannya ialah mereka niscaya merasa terancam)

Letakan toples ke media rantang / kerikil bata dengan posisi tutup pada bab bawah setelah posisi baik dan benar buka lakban yang tadi melekat . maka segeralah para semut tersebut akan berlarian lewat lubang itu. bila kita membeli bibit dari penjual yang sudah bermedia toples maka kita tinggal memposisikan terbalik kemudian membuka lakbannya lebih kondusif dan mudah sebagai media pakan kita sanggup memakai cuilan gelas air mineral atau kawasan pakan burung ukuran kecil, kawasan minum sanggup dari tutup botol air mineral, sebagai pakan awal sanggup kita beri ulat hongkong, minum dengan air gula agak kental.

Kita terangkan ihwal kerajaan kroto, semut rang rang mempunyai 4 elemen pemerintahan:
Ratu kroto : mempunyai bentuk besar sepeti lalat hijau atau tawon.
Semut jantan : mempunyai bentuk lebih kecil dari ratu, warna kehitaman, waktu hidup juga singkat barangkali 1 minggu.
Semut pekerja : ini yaitu semut betina yang mandul tinggal disarang, tugasnya menjaga telur semut.
Semut prajurit : ini sangat banyak jumlahnya dikarenakan tugasnyaa juga banyak, melindungi keamanan koloninya.

Dikarenakan sueuah pemerintahan pastinya mempunyai ketentuan, lantas pada dasarnya apabila anda mempunyai atau sanggup bibit sarang rang rang yang tidak sama area, janganlah segera di satukan dikarenakan sanggup segera tubruk serta mati. Ada dua cara apabila anda mempunyai koloni yang tidak sama, yang pertama, berikanlah area sendiri-sendiri yang ke dua menjadikan satu koloni tersebut lewat cara mengambil krotonya mencampurkan serta meletakkannya di setiap sarang yang berbeda/ditukar, sehabis telur menetas serta remaja anda sanggup berikan jembatan supaya mereka bersatu.

Baiklah segera saja kita ulas bagaimana sih cara beternak kroto gunakan media toples? Yang pertama anda siapkan dulu bahannya, toples anda lubangi dengan diameter 2 – 5 cm pada bab pantatnya. Lantas semut rang rang yang ada ratunya serta baiknya apabila ada krotonya di ambil dulu untuk mengatakan kurun waktu 1 hingga 3 bulan ada pergantian.


Untuk Lebih Jelasnya ikuti bawah sini :


  1. Toples 
    Untuk toples bebas ukuran, kalau sanggup yang transparan. Lalu toples di lubangi menyerupai gambar di bawah ini untuk susukan keluar masuk semut rangrang dan sebagai kawasan udara sarang kroto.
  2. Nampan
  3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga sanggup memakai kertas. Fungsinya untuk menutupi toples semoga semut rangrang cepat bersarang dan menciptakan jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, sanggup lepas solasinya atau sanggup juga membiarkannya. 
  4. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air.

Cara Ternak Semut Rangrang

Kita sanggup mencari semut rang rang yang ada di pohon sekitar rumah. caranya???
Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak semut rangrang ialah dikala harus memindahkan sarang kedalam suatu tempat. Resikonya niscaya akan digigit. Banyak sekali dari sekian dongeng yang mengalami persoalan ini.

Cara Pertama:
  • Potong batang sarang semut rangrang (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan).
  • Masukan kedalam karung / plastik / toples dan apa saja yang sekiranya ada celah / lubang udaranya.
  • Siapkan bejana plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung. Supaya semut rangrang tidak sanggup naik keatas.
  • Masukan sarang kedalam bejana plastik tersebut dengan #catatan harus di buka / buang daun daun beserta jaring jaringnya semoga dikala bersarang menciptakan sarang gres tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.
  • Buat jembatan penghubung antara bejana dengan toples dengan memakai sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa.
  • Setelah itu tingggal saja, tidak hingga satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami.

#Catatan : toples sudah tersedia kuliner dan minuman.

Cara ke dua:
Setelah sarang dimasukkan kedalam bejana dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Sobat sanggup pribadi meletakan kedalam toples dengan memakai tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya.. Tidak hingga menunggu habis semut di dalam ember.

Bagaimana cara memberi kuliner semut rangrang atau ternak kroto pada media toples. Makanan ialah bab terpenting dan utama. Salah memberi makan akan menjadikan ternak kroto kita akan mengalami perkembangan yang kurang maksimal. Setelah mengetahui apa saja kuliner yang harus di berikan semut rangrang. kali ini akan mencoba share cara memberi kuliner pada semut rangrang dan sekaligus kuliner tidak terbuang. Sehingga kita sanggup memantau persedian makanan, apakah semut rangrang mau makan atau tidak. Tentunya untuk melatih semut rangrang untuk mencari atau berburu kuliner sendiri walaupun sudah kita siapkan.

Cara memberi kuliner semut rangrang yang pertama ialah kita sanggup buatkan kawasan khusus untuk menampung makanan. Tempat kuliner sanggup terbuat dari botol plastik yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira kurang lebih 2 cm kemudian letakkan di atas toples. Dimana penggunaan botol plastik ialah supaya kuliner tidak keluar. Kususnya untuk kuliner yang berjenis ulat ( hongkong, sangkar dll). Untuk kuliner yang sanggup terbang atau meloncat menyerupai jangkrik dan belalang sanggup di masukan pribadi kedalam lubang toples atau sanggup juga kita lumpuhkan dulu kemudian di masukan di kawasan yang telah kita sediakan.

Kemudian untuk cara memberi kuliner yang memakai rak toples. Sebenarnya hampir sama menyerupai cara di atas. Cuma kawasan kuliner kita letak kan di samping toples. Karena dengan media rak , kawasan untuk manaruh kawasan kuliner sangat luas di banding dengan memakai toples dengan tatakan nampan ( kawasan sangat terbatas ).

Saat yang di nanti yaitu cara panen kroto semut rangrang dari toples. Penantian yang menegangkan, alasannya ialah harus berhadapan banyak semut rangrang. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 semut saja, aku kira masih sanggup di atasi. Tetapi bagaimana bila jumlah semut rangrang ratusan bahkan hingga ribuan.

Semoga Tips Ternak Kroto Sendiri Menggunakan Toples Plastik bermanfaat untuk semua, Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar dan jangan lupa share ke sahabat kicauers yang lain.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive