Home » , , , , , » Tips Cara Bikin Birahi Pada Burung Ciblek

Tips Cara Bikin Birahi Pada Burung Ciblek

Tips Cara Bikin Birahi Pada Burung Ciblek Tips Cara Bikin Birahi Pada Burung Ciblek


Apakabar teman kicau, yah saya harap kabarnya baik-baik saja ya. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan Tips Cara Bikin Birahi Pada Burung Ciblek ini dilakukan untuk menggenjot peforma burung ciblek dikala turnamen.

Pasti semua disini sudah pernah tahu dikala burung di rumah membisu tetapi ketika dikala turnamen si ciblek ini mengeluarkan kemampuan ocehanya yang unik dan power full, itu disebabkan burung ciblek sebelum pertandingan di set birahi.

Birahi pada burung Ciblek biasanya sengaja dikondisikan supaya burung bisa tampil maksimal dalam perlombaan, misal dengan mengatur teladan pakan dan juga menyediakan burung Betina untuk memancing Burung Ciblek jantan birahi.

Namun demikian kalau burung dalam kondisi yang sudah Over Birahi tentunya kondisinya akan kurang baik dan justru berakibat burung jadi tidak bersuara dan menjadi kurang damai atau over tingkah lakunya.

Hal tersebut kalau hingga terjadi ketika burung dalam perlombaan akan mengurangi evaluasi juri dan akan merugikan.

Mungkin sudah banyak yang tahu wacana setelan minus 1?.

Tapi fungsi gotong royong hanya sedikit pecinta kicau yang paham. Setelan minus 1 berfungsi semoga burung ketika tampil birahi nya hanya sebatas merespon kicau burung lainnya. Sehingga burung bisa tampil nagen dengan emosi yang terkontrol.

Setelan ini hanya berfungsi pada burung yang kicau nya bukan lantaran birahi makanan.

Kaprikornus birahi minus 1 kalau ditambah dengan birahi fighter hitungannya pas.

Itulah lantaran nya banyak burung yang pendiam di rumah tetapi ketika tampil menjadi burung super. 
Kesalahan yang sering terjadi ialah burung disetel pada birahi yang pas ketika di tambah dengan birahi fighter, burung malah plus 1 alias over birahi. 

Pada kacer akan terjadi mbagong, pada murai kerikil akan ngelowo, pada ciblek akan nabrak sangkar, sedangkan pada lovebird burung akan ngekek sambil ngeruji.

Dengan perawatan yang disiplin dan teratur, ciblek teman akan mengeluarkan tembakan khas nya dan bisa dibilang, ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa mencetak ciblek nembak atau ngebren.

Mungkin akan lebih baik kalau kita ketahui terlebih dahulu ciri Ciblek yang sedang over birahi.

  • Burung ciblek dalam kondisi over birahi biasanya akan lebih sering bersuara nada panggilan, apalagi kalau mendengar bunyi dari burung ciblek lain dengan lawan sejenisnya.
  • Burung Ciblek over birahi juga bisa ditandai dengan seringnya burung menggigit pakan.
  • Ciri ciblek over birahi yang cukup sering membikin Ciblek mania panik yaitu burung mencabuti bulu-bulunya, hal tersebut kalau terjadi maka perlu segera menerima perlakuan yang khusus dan harus segera ditangani.
  • Ciblek dalam kondisi over birahi kalau dibiarkan kondisinya akan sangat berubah, burung yang semula rajin berkicau menjadi macet bunyi dan ketika melihat burung sejenisnya biasanya akan mengejar-ngejarnya.
Kondisi over birahi pada Ciblek bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika gres saja diturunkan birahinya, hal tersebut bisa terulang kembali.

Untuk itu kalau Anda mempunyai Ciblek dalam kondisi over birahi, berikut tips dan cara menanganinya.
  • Kurangi atau stop pakan dengan kandungan protein tinggi ibarat Jangkrik, Kroto atau UH.
  • Mandikan burung 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari, untuk menurunkan birahi burung.
  • Berikan pakan mentimun untuk bisa menurunkan birahi burung, mentimun bisa diperas lalu dicampur dalam air minumnya atau bisa juga digantungkan dalam sangkarnya.
  • Alternatif lain yang bisa Sobat lakukan kalau cara di atas belum bisa menurunkan over birahi Ciblek bisa dilakukan dengan memasukkan Ciblek betina ke dalam kandang Ciblek yang masih over birahi.
Berikut ini cara yang biasa dilakukan dalam menurunkan birahi pada burung ciblek yang sedang OB :
  • Kurangi pakan yang mengandung protein tinggi ibarat ulat hongkong, jangkrik dan EF lainnya.
  • Mandi burung perlu dilakukan dengan teratur dan terjadwal, kalau perlu ditambah intensitas mandi burung. Jika sebelumnya hanya pagi dan sore, maka ada baiknya ditambah siang hari juga dimandikan.
  • Berikan mentimun pada ciblek yang sedang OB, pertolongan mentimun bisa dengan cara diperas dan dicampur dengan minuman atau bisa juga digantung ibarat pertolongan mentimun pada burung kenari.
  • Lakukan penjemuran pada pagi hari dan durasi penjemuran bisa Sobat tambah.
  • Solusi final dan lebih gampang yaitu dengan mencarikan burung ciblek betina lalu dicampurkan ke dalam kandang ciblek jantan yang sedang OB.

Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk semua, saling menyebarkan itu indah, tapi bukan menyebarkan istri ya.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive