Home » » Cara Menyembuhkan Kerak Pada Kaki Burung Kicau

Cara Menyembuhkan Kerak Pada Kaki Burung Kicau

Cara Menyembuhkan Kerak Pada Kaki Burung Kicau - Mungkin artikel yang ini sedikit berbeda dengan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Burung, namun pada dasarnya memang sedikit sama ,yaitu perihal kesehatan dari unggas ini tinggal diteliti lagi caranya untuk mempermudah dari penyembuhan kakinya.

Kerak pada kaki burung (baik kacer atau kenari) tentu sangat mengganggu, penyebabnya yaitu tungau yang menyerang sekitar kaki, untuk gejalanya dapat anda lihat dikala ada bintik putih atau bercak yang kelihatan kayak jamur , lama-kelamaan bintiknya akan melebar dan seakan mengganggu bentuk kaki burung.

Penyebab Kerak pada kaki burung

  • Tangkringan  : Biasannya tangkringan ini yaitu bekas dari burung yang mempunyai penyakit sama, jadi pastikan anda mengganti / membersihkan tangkringan sebelum memakainya untuk kandang burung kicau
  • Kebersihan : Hal ini sangat kuat dengan terjangkitnya burung akan suatu penyakit,bila sangkarnya tidak rutin dibersihkan.
  • Kontak : Nah, sebaiknya anda berhati-hati jikalau ada burung yang kena kerak, jangan hingga burung anda yang lain jadi ketularan sebab kontak eksklusif dengan burung penderita.

Pengobatan kerak pada kaki burung

Segera oleskan minyak tawon dengan kapas, lakukan 3 kali sehari , namun jikalau sudah agak tebal keraknya, maka anda bersihkan dahulu / potong dengan hati-hati (jangan hingga kaki terluka), lalu olesi menggunakan minyak tawon secara berkala.

Efek adanya kerak pada kaki burung

Jika bicara perihal efeknya, terang burung akan terlihat semakin buruk dengan keadaan kakinya yang berkerak (bubul) , apalagi jikalau nanti burung dilombakan, tentu nilainya berkurang dan akan sangat mengganggu performannya.

Pencegahan :

  • Jagalah kebersihan kandang dan juga burung
  • Usahakan tidak terjadi kontak eksklusif dengan burung penderita
  • Bila perlu ganti tangkringan dengan yang baru.
Demikian  Cara Menyembuhkan Kerak Pada Kaki Burung Kicau, agar bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive