Home » » Ciri-Ciri Branjangan Orisinil Kawasan Di Indonesia

Ciri-Ciri Branjangan Orisinil Kawasan Di Indonesia

Ciri-ciri  Branjangan Asli Daerah di Indonesia - Burung branjangan memang tidak hanya berasal dari Indonesia semata, banyak juga dari tempat lainnya , namun ada ciri tersendiri untuk burung orisinil Indonesia, burung branjangan ini dapat terbang sambil berkicau (hovering), oleh sebab itu burung yang satu ini memang endemik Nusantara yang harus dijaga eksistensinya, jangan hingga mengalami kepunahan ibarat Burung Jalak Bali.

Burung branjangan yang berasal dari Indonesia dapat dilihat dengan corak batiknya, corak batik ini sangat unik sebab menerangkan bahwa burung ini berasal dari tempat batik, dimana lagi jika bukan di Indonesia, namun di Indonesia sendiri masih banyak tempat yang juga tempat munculnya branjangan, dan ciri khas yang berbeda juga ditampilkan sesuai daerahnya, berikut Ciri-ciri  Branjangan Asli Daerah di Indonesia:
  1. Branjangan Jawa : Burung yang satu ini mungkin yang paling terkenal diantara branjangan lainnya, selain itu juga burung yang orisinil dari Jawa Tengah ini (Petanahan dan Kali Ori) dan Jogja (daerah Wates), dikenal mempunyai mental yang bagus, juga dibekali bunyi yang variatif, warna merah kekuningan juga corak batiknya amat digemari pecinta Branjangan.
  2. Branjangan Jabar (Sapan) : Terutama dari tempat Sapan, branjangan Sapan dikenal mempunyai bunyi yang nyaring melengking sekaligus kristal, burung yang dari tempat ini dikenal agak kecil fisiknya, namun ciri khasnya ialah jambul yang gagah , dibekali corak batik agak gelap hampir ibarat dengan branjangan asal Sumbawa atau NTB.
  3. Branjangan Sri Kayangan , Kulonprogo (Wates) , cirinya ialah mempunyai contoh batik yang lebih menari, dan fisiknya agak lebih kecil yakni 10-12 cm saja, namun jika dilema suara, burung branjangan jenis ini dapat diandalkan.
Masih banyak lagi jenis burung branjangan dari tempat lainnya yang belum sama sekali dipublikasikan, tapi ada baiknya juga sebab demi menjaga populasinya biar tidak diganggu oknum yang tidak bertanggung jawab.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive