Home » , » Tips Menjaga Kondisi Burung Cucak Hijau Agar Tampil Maksimal

Tips Menjaga Kondisi Burung Cucak Hijau Agar Tampil Maksimal

Tips Menjaga Kondisi Burung Cucak Hijau Supaya Tampil Maksimal.

Sebagian kicaumania beranggapan, cucak hijau termasuk jenis burung kicauan yang simpel berubah karakternya. Tetapi kalau diperhatikan, perubahan abjad itu muncul saat cucak hijau tak menerima perawatan sebagaimana mestinya alias kurang maksimal. Untuk mencegah kondisi tersebut, berikut ini tips menjaga kondisi burung cucak hijau semoga tampil maksimal.

Tips Menjaga Kondisi Burung Cucak Hijau Supaya Tampil Maksimal Tips Menjaga Kondisi Burung Cucak Hijau Supaya Tampil Maksimal

Cucak hijau termasuk salah satu jenis burung ocehan yang popular dan banyak dipelihara kicaumania, baik sebagai burung rumahan maupun untuk dilombakan. Kepandaiannya dalam menggandakan aneka bunyi kicauan mengakibatkan cucak hijau sebagai burung favorit selain murai batu, lovebird, dan kacer. Gaya ngentrok atau njegriknya yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk memeliharanya.

Selama ini, banyak ijomania yang beranggapan kalau ngentrok pada cucak hijau berarti burung tersebut sudah siap dilombakan. Tapi fakta di lapangan terkadang berkata lain. Tak sedikit ijomania yang kecewa karena burung yang dianggapnya rajin ngentrok ternyata membisu saja atau banyak ulah saat sedang dilombakan. Karena itu, penting bagi kicaumania untuk memahami kondisi ngentrok pada cucak hijau.

Untuk memaksimalkan penampilan cucak hijau baik di rumah maupun di daerah lomba, tentu tidak cukup dengan mengetahui apakah burung sudah ngentrok atau belum. Bahkan cucak hijau yang sedang over birahi pun akan selalu ngentrok. Karena itu, memaksimalkan penampilan cucak ijo sanggup dilakukan dengan memperhatikan kebutuhannya termasuk menjaga kondisi burung setiap hari.

Tips Menjaga Kondisi Burung Cucak Hijau Supaya Tampil Maksimal Tips Menjaga Kondisi Burung Cucak Hijau Supaya Tampil Maksimal

Secara umum, penampilan cucak hijau yang akan dilombakan sangat bergantung pada beberapa faktor dan kondisi, yaitu:

1. Kondisi kesehatan

Kesehatan merupakan faktor terpenting pada semua mahluk hidup, tak terkecuali burung. Menjaga kesehatan sanggup dilakukan dengan bermacam-macam cara, contohnya dengan memperlihatkan pakan yang kaya nutrisi, atau memberi suplemen multivitamin menyerupai BirdVit untuk membantu menjaga kondisi dan memaksimalkan sistem kekebalan tubuhnya.

2. Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan juga sanggup memengaruhi penampilan burung , khususnya yang masih bakalan. Lingkungan yang terlalu ramai tentu akan menciptakan burung terus-menerus merasa tak nyaman. Kondisi itu pun secara tak pribadi sanggup memicu stres dan nyulam berkepanjangan, termasuk berubahnya abjad menyerupai yang disebut-sebut para kicaumania.

3. Kondisi kandang dan pakan

Cucak hijau dikenal sebagai burung yang “suka kebersihan”. Itu sebabnya mengapa banyak kicaumania melaporkan kalau momongannya tidak mau makan jangkrik yang berada di dasar kandang kotor, atau enggan menyantap voer yang sudah bercampur kotoran.

Agar burung merasa nyaman di dalam sangkarnya, diperlukan tugas kicaumania dalam menjaga kebersihannya. Bersihkan kandang dan perlengkapan di dalamnya secara rutin setiap harinya. Selain itu juga harus memperhatikan kebersihan pakannya.

4. Kondisi birahi atau emosional

Menjaga kondisi birahi maupun emosional burung cucak hijau kerap diabaikan para pemiliknya. Kondisi itulah yang selama ini menjadi penyebab mengapa cucak hijau sering dianggap simpel berubah karakternya.

Burung yang over maupun kurang birahi tentu tidak sanggup tampil maksimal. Namun dengan melaksanakan perawatan yang tepat, terutama menjaga kondisi birahinya semoga tetap stabil, cucak hijau sanggup tampil secara lebih maksimal.

Menjaga birahi cucak hijau sanggup dilakukan dengan bermacam-macam cara, yaitu:
  • Berikan pakan dalam jumlah / dosis yang sesuai, dan tidak terlalu berlebihan.
  • Biasakan menggantung sangkarnya di daerah yang tenang, sehingga tidak terpancing emosinya oleh bunyi burung lain / sejenis yang gacor.
  • Jika memelihara dua ekor cucak hijau di rumah, maka gantang sangkarnya dalam jarak yang saling berjauhan.
  • Selalu mengerodong sangkarnya pada waktu dimasukkan ke dalam rumah / saat beristirahat.
  • Berikan pakan berupa buah-buahan secara lebih bervariasi.

Itulah beberapa tips menjaga kondisi burung cucak hijau semoga tampil lebih maksimal. Jika teladan perawatan hariannya selama ini selalu memperhatikan kondisi-kondisi di atas, bukan mustahil cucak hijau akan sanggup tampil maksimal. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive