Home » , , » Perawatan Anis Kembang Ketika Mabung Atau Molting Yang Benar

Perawatan Anis Kembang Ketika Mabung Atau Molting Yang Benar

Kicaukan - Perawatan Anis Kembang Saat Mabung Atau Molting Yang Benar - Sobat kicaukan, apakah anda punya anis kembang di rumah? Jika punya, pernahkah anis kembang anda mabung atau molting? Mabung atau molting yaitu rontok, berganti bulu, atau meranggas, yaitu bergantinya bulu yang usang ke bulu yang gres yang terjadi secara periodik. Pada ketika mabung anda harus lebih memperhatikan anis kembang anda dan harus mencukupi segala kebutuhan nutrisinya. Karena ketika anis kembang sedang mabung maka 25% protein dalam tubuhnya akan terserap. Ini berarti anda harus mengganti kebutuhan protein yang terserap tersebut dengan cara mencukupi segala kebutuhan nutrisi bagi AK anda. 

Pada dasarnya mabung atau molting yaitu siklus alami yang niscaya dialami oleh semua jenis burung yang telah dewasa. Yang harus anda lakukan yaitu merawat dengan lebih intens pada ketika mabung tersebut, yang mencakup dukungan pakan, dukungan multivitamin, dan juga kebersihan sangkarnya. Nah untuk mempermudah anda dalam merawat anis kembang yang sedang mabung maka pada kesempatan ini kami akan membuatkan tips mengenai perawatan anis kembang saat mabung atau molting yang benar semoga berhasil. Perawatannya hampir sama dengan perawatan cucak hijau ketika mabung.

Perawatan Anis Kembang Saat Mabung Atau Molting Yang Benar PERAWATAN ANIS KEMBANG SAAT MABUNG ATAU MOLTING YANG BENAR

Berikut ini yaitu langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika merawat anis kembang yang sedang mabung :

1. Cek kondisi anis kembang
Hal yang pertama yaitu mengecek kondisi anis kembang anda terlebih dahulu. Yang pertama yang sanggup anda cek adalah apakah anis kembang anda terserang virus penyakit atau tidak, contohnya virus polyoma dan circovirus. Virus tersebut akan menghambat proses tumbuhnya bulu gres ketika anis kembang sedang mabung. Anda bisa meminta tolong kepada dokter binatang di sekitar lingkungan anda. Yang kedua yaitu membasmi atau menyingkirkan benalu pengganggu menyerupai cacing, kutu, dan mikroba. Nah, artikel wacana cara membasmi kutu pada burung sanggup anda baca di sini.

2. Pemberian pakan
Yang utama ketika merawata anis kembang mabung yaitu dukungan pakan. Pakan yang dimaksud di sini yaitu pakan yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya bukan hanya banyak, tetapi pakan yang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan anis kembang saat mabung. Pakan yang baik untuk anis kembang yang sedang mabung yaitu yang mengandung mineral dan protein. Untuk porsinya sanggup ditambah dari hari biasa sebab kebutuhan nutrisinya juga bertambah. 

3. Extra Fooding (EF) dan multivitamin
Selain makanan pokok, anda juga sebaiknya menawarkan multivitamin dan extra food yang tepat. EF yang cocok untuk anis kembang yang sedang mabung yaitu jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 4 ekor di pagi hari dan 4 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan kroto anda sanggup memberikannya 1 sendok saja setiap pagi.  Multivitamin juga sangat penting dan sanggup anda campurkan dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang sempurna untuk anis kembang yang sedang mabung/molting yaitu pepaya, sebab pepaya banyak mengandung vitamin C yang sanggup memperkuat ketahanan tubuh anis kembang dan melancarkan proses metabolismenya. 

4. Pemandian dan penjemuran
Untuk anis kembang yang sedang mabung, anda sebaiknya memandikannya cukup sekali saja dalam seminggu. Jangan terlalu sering memandikan anis kembang yang mabung sebab sanggup menghambat pertumbuhan bulu baru. Utuk penjemurannya, durasi maksimal yang kami sarankan yaitu 20 menit saja setiap hari. Bahkan kalau memungkinkan, anda tidak perlu membersihkan kotorannya selama tidak berjamur. tetapi kalau berjamur segera bersihkan semoga tidak mendatangkan penyakit.

5. Penempatan gantangan
Pada ketika mabung anis kembang sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sebaiknya jauh dari hiruk pikuk/keramaian sebab sanggup mengganggu konsentrasi anis kembang. Jauhkan dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu (tikus,kucing, anjing). Untuk pengerodongan, anis kembang yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada ketika dijemur dan dimandikan. 

6. Pemasteran/mastering
Saat anis kembang sedang mabung, anda sanggup melaksanakan mastering/pemasteran setiap hari semoga kesannya maksimal. Karena pada ketika masa mabung, anis kembang lebih banyak membisu dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melaksanakan mastering suara. Mastering sanggup anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung seorang andal mastering yang sesuai dengan jenis suara anis kembang anda. 

Sobat kicaukan, demikian isu yang sanggup kami sampaikan wacana Perawatan Anis Kembang Saat Mabung Atau Molting Yang Benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapat aneka macam macam isu penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, kalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Pola Perawatan Anis Kembang Sebelum Lomba Dan Setelah Lomba.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive