Home » » Baca Dahulu Untuk Mengenal Abjad Cucak Ijo Mini

Baca Dahulu Untuk Mengenal Abjad Cucak Ijo Mini

Cucak ijo mini yang mempunyai nama latin Chloropsis Cyanopogon ini banyak tersebar di pulau Kalimantan dan Sumatera. Postur tubuhnya yang kecil dibandingkan dengan jenis cucak ijo lainnya menciptakan burung ini diberi nama “mini”.



Seringkali orang salah menerka dengan cucak ijo ranting sebab tampilannya dengan cucak ijo mini yang hampir sama, namun jikalau diperhatikan lebih seksama maka akan kita jumpai perbedaannya.

Daya tarik dari cucak ijo mini yaitu kemampuannya dalam menirukan bunyi dari burung lain, dengan kelebihannya ini serta tampilan bulu yang hijau dan menarik menciptakan burung jenis cucak ijo banyak diminati oleh kalangan pecinta burung.

Namun, khusus cucak ijo mini dibeberapa tempat ibarat pulau jawa masih belum terlalu populer, berbeda dengan kawasan asalnya Sumatera, jenis burung ini justru banyak peminatnya, untuk mengetahui lebih banyak perihal burung yang satu ini, baca ulasan artikel sampai akhir.



Profile cucak ijo mini


Ciri-ciri fisik
Dari postur tubuh, cucak ijo mini lebih kecil dibandingkan dengan cucak ijo biasa. Panjang tubuhnya hanya sekitar 17 cm, sedangkan cucak ijo biasa bisa mencapai 22 cm. Warna bulunya lebih hijau, tidak ibarat cucak ijo ranting yang mempunyai warna bulu hijau kekuning-kuningan. Di kepingan wajah tidak ada corak warna biru. Volume bunyi terkadang tidak teratur, namun tipe suaranya tergolong lantang dan merdu.

Harga
Untuk harga cucak ijo mini ketika ini berkisar antara 500ribu untuk jantan dan betina sekitar 300ribu, harga tergantung dari kemampuan kicauanya semakin terlatih dan gacor harga semakin tinggi.

Perawatan umum 
Untuk perawatan sehari-hari, tidaklah jauh berbeda dengan perawatan cucak ijo lainnya. Kemampuan cucak ijo mini yang cepat menyesuaikan diri memudahkan ketika pemeliharaan. Jenis pakan yang disukai dan sanggup diberikan untuk burung ini ibarat buah-buahan cantik yang segar, serangga kecil dan juga nektar bunga.

Untuk tempat tinggal, anda bisa memakai sangkar bentuk kotak atau persegi panjang dengan ukuran panjangxlebar 45x45 cm dan tinggi sekitar 60 cm. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan sangkar dengan melaksanakan pencucian rutin biar burung tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Sedangakan untuk makanan, anda bisa memperlihatkan buah-buahan segar setiap hari contohnya pisang kepok atau pepaya, pilihan lain untuk pola makan yaitu dengan variasi makanan, jadi anda bisa memperlihatkan jenis kuliner yang berbeda-beda, contohnya voer diselingi dengan buah.

Berikan kuliner embel-embel atau ekstra fooding biar kebutuhan nutrisi dan gizi burung terpenuhi. Beberapa pola extra fooding yang bisa anda berikaa yaitu jangkrik muda, ulat hongkong, kroto, ulat bambu. Untuk santunan jangkrik, berikan dalam keadaan yang sudah mati atau dibuang kepalanya terlebih dahulu, apabila memakai voer sebagai pakan, gantilah setiap 2 hari sekali.

Lengkapi pula tempat air minum dalam kandang, serta gunakan air yang bersih dan bersih untuk air minum burung, ganti air jikalau dirasa telah kotor.

Memelihara dan merawat burung memang gampang-gampang susah, bagi mereka yang telah terbiasa mungkin akan mudah, namun yang niscaya dalam memelihara burung jenis apapun diharapkan kesabaran dan kedisiplinan dalam melaksanakan banyak sekali perawatan secara teratur.

Tips perawatan ekstra cucak ijo mini

Suatu kali, jikalau anda mendapati Cucak Ijo Mini peliharaan anda mengalami persoalan ini, maka lakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi persoalan tersebut. Semoga sanggup menjadi solusi sempurna bagi persoalan yang sedang anda hadapi.

• Membuat bunyi jernih: buatlah ramuan air teh yang dicampurkan dengan sedikit air jeruk sebagai air minum burung, namun ini hanya boleh diberikan 2 kali dalam seminggu.
• Membersihkan kutu pada burung: gunakan air rebusan daun sirih dan kapur sirih yang telah cuek untuk memandikan burung memakai spray.
• Mengatasi burung yang drop: berikan kroto dan jangkrik lebih banyak dari biasanya sebagai asupan kuliner burung, kurangi memandikan burung, cukup 1 kali/2 hari. Jemur burung lebih usang dan lakukan isolasi untuk sementara sampai kondisi burung pulih.
• Menjaga kondisi burung biar tetap fit: gunakan air perasan jahe, kunyit dan kencur sebagai adonan air minuman burung. Lakukan cara ini sebulan sekali biar kondisi burung tetap fit dan suaranya semakin merdu.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive