Home » » Cara Merawat Anakan Burung Murai Setrik Lengkap

Cara Merawat Anakan Burung Murai Setrik Lengkap

ZONATIPSINDONESIA. Merawat burung murai kerikil dari anakan hingga dengan bakir balig cukup akal setrik lengkap akan saya bagikan untuk anda. Artikel ini yakni lanjutan  dari trik berternak burung Murai batu yang sebelumya saya bagikan, yang mana isinya hanya hingga dengan perawatan anak hingga di usia 1,5 bulan.

Seperti yang sudah saya sampaikan di artikel sebelumnya, setelah usia burung mencapai usia 1,5 bulan burung sudah sanggup dipastikan kondusif untuk diadopsi atau dipisahkan dengan induknya tahapan selanjutnya yakni tahap perawatan anakan burung murai tersebut. 

 Merawat burung murai kerikil dari anakan hingga dengan bakir balig cukup akal setrik lengkap akan saya bagik CARA MERAWAT ANAKAN BURUNG MURAI SECARA LENGKAP

Ada 4 trik / tips penting yang harus dilakukan dalam merawat anakan burung murai tersebut.


1. PERAWATAN PAKAN ANAKAN BURUNG MURAI


Untuk dilema pakan disini diwajibkan untuk menunjukkan pakan yang baik untuk anakan burung murai batu. Adapun pakan yang harus diberikan yakni yang banyak mengandung protein tinggi tentunya, lantaran pada masa anakan ini burung murai yang masih usia dini ini berada dalam masa pertumbuhan. Dan untuk pakan yang harus diberikan yaitu jenis serangga, Seperti kroto, jangkrik dan ulat. Untuk trik dan komposisinya yakni sebagai berikut :


Untuk setelan kroto berikan kroto kroto pilihan jangan berikan kroto yang sudah layu. Buanglah semut yang melekat di telur semut tersebut, dan untuk jumlahnya berikan 1/2 - 1 sendok teh makan. Berikan pagi dan sore hari dan dalam 1 ahad minimal 2 X.


Untuk setelan jangkrik usahakan untuk menunjukkan kepada anakan murai batu  jangkrik yang masih anakan atau ukurannya kecil saja dulu. Dan berikan jangkrik dalam keadaan masih hidup. Hal ini juga untuk melatih mental anakan burung murai. Untuk jumlahnya berikan sebamyak 3 - 5 ekor setiap pagi dan sore. Usahakan tidak menunjukkan jangkrik dengan tangan langsung,  hal ini untuk menghindari burung terlalu jinak nantinya.


Untuk setelan ulat (HONGKONG) diberikan kepada burung murai setrik umum baik anakan maupun bakir balig cukup akal sangat disarankan untuk jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering, tetapi tetap harus diberikan, cukup 3 - 5 biji saja dalam 1 hari, dan berikan 2 X dalam 1 minggu, tetapi jangan diberikan bersamaan dengan waktu dukungan kroto. Selang selinglah dengan dukungan kroto yang juga 2 X dalam seminggu, sehingga dukungan pakan untuk jenis EF nya sanggup bervariasi.


Untuk dukungan voer pilihlah voer yang kandungan gizinya lengkap, triknya bacalah label di kemasanya. Selain juga sangat anggun untuk membantu setelan pakan buat burung murai, laba dengan menunjukkan voer yakni untuk mengkondisikan ketersediaan pakan bagi burung Murai anda, jadi terhindar dari kasus ajal burung murai akhir dari kekurangan pakan.

CATATAN : Dengan menggunakan trik trik diatas tentunya dengan setrik tidak sengaja anda sudah membuat setelan pakan untuk burung murai anda ketika sudah bakir balig cukup akal nantinya. Setrik keseluruhan dalam dukungan pakan ini untuk jumlahnya sanggup diadaptasi dengan kebutuhan dari sang burung sesuai dengan bertambah usianya. Tetapi buatlah perubahan tersebut dari kini ketika masih anakan dan jangan merubah teladan makan burung murai anda ketika sudah dewasa.


2. PEMASTERAN ANAKAN BURUNG MURAI


Pemberian masteran ketika masih anakan sangat diwajibkan, selain. lantaran memori otaknya yang masih gres dan segar sehingga lebih gampang mendapatkan bunyi masteran juga lantaran ketika masih anakan tentunya waktu yang dimiliki untuk memaster anakan burung murai masih sangat panjang. Oleh lantaran itu pula dalam menunjukkan bunyi masteran semoga lebih maksimal jangan menargetkan terlalu banyak bunyi burung untuk dimasterkan ke anakan burung bila menggunakan media mp3, cukup 2 - 3 bunyi burung saja tetapi lebih fokus. Burung murai sangat anggun ketika membawakan bunyi suara dengan nada tinggi, ibarat cililin, kenari, lovebird, Jenggot, dll, dan untuk masteran sanggup menggunakan burung orisinil atau bunyi burung dari media musik ibarat mp3. Suara masteran dari burung orisinil ibarat kenari, kolibri, saya sarankan untuk tersedia dirumah, lantaran untuk harganya masih terjangaku, atau jikalau sanggup belilah burung lovebird dengan isian burung cililin, sedikit tips / trik masteran bunyi burung cililin yang dibawakan oleh lovebird biasanya lebih gampang diterima oleh burung yang dimasteri dari pada menggunakan burung Cililin yang asli. Dengan bunyi burung orisinil tersebut, anakan burung murai sudah kondusif dengan masteran dari bunyi alami. Dan untuk bunyi burung burung yang lain sanggup menggunakan media mp3, tetapi cukup dengan 2 - 3 bunyi saja ibarat klarifikasi saya diatas sebelumya.


Dan untuk waktunya pemasteran khususnya bila menggunakan media mp3 waktu paling ideal yakni sore menjelang malam hari hingga dengan pagi hari. Karena untuk pagi hingga dengan sore sudah termaster oleh burung asli. Meskipun begitu tidak ada salahnya bila seharian penuh diberikan bunyi masteran dari mp3.


Artikel yang disarankan : Cara ampuh pemasteran burung semoga hasinya maksimal


3. MANDI JEMUR DAN MEMBERSIHKAN KANDANG ANAKAN BURUNG MURAI


Tahapan memandikan dan membersihkan sangkar ini berlaku untuk burung murai yang masih anakan maupun yang sudah dewasa. Mengajari anakan burung murai dengan mandi karamba sangat disarankan, namun begitu ketika masih anakan tidak perlu memaksakan diri, tetapi targetnya berikan perkenalan dulu dengan mandi karamba, meskipun begitu dengan menggunakan sprayer juga tidak jadi masalah,  namun jikalau sanggup tetap utamakan dengan mandi karamba.


Selain mandi ada juga hal penting yaitu tetap menjaga kebersihan sangkar murai, usahakan untuk membersihkan sangkar murai dari kotorannya minimal 3 kali dalam 1 minggu, selain anggun bagi kesehatan burung murai,  tentunya anggun pula bagi kesehatan rumah anda.


Setelah itu tentunya burung murai sangat perlu untuk penjemuran, dan disini yang perlu diperhatikan yakni waktu dan temponya, untuk usia anakan jangan terlalu menjemur anakan burung murai terlalu lama, sebaiknya berikan penjemuran selama kurang lebihnya 1/2 - 1 jam saja dan lakukan sepagi mungkin. Setelah itu kembali diangin anginkan saja diteras rumah, atau dibawah pohon. Bisa juga diperkenalkan dengan burung masteran yang ada dirumah anda ibarat kenari, lovebird dll. Setelah dirasa cukup burung kembali sanggup dikerodong dan dimasteri menggunakan media mp3 bila perlu.


4. LATIHAN DAN TERAPI ANAKAN BURUNG MURAI


Memberikan latihan atau terapi mental semenjak dini untuk anakan burung murai sangat penting dan diperlukan, lantaran sifat orisinil dari burung murai kerikil yakni burung yang sangat figter / petarung untuk mengamankan tempat kekuasaanya. Berikut yakni trik trik terapi untuk melatih mental anakan burung murai :

  • MELATIH DENGAN DI MASUKAN KE KANDANG UMBARAN



Melatih semenjak dini anakan burung murai dengan memasukan dikandang umbaran selain untuk menjaga kesehatan burung sanggup juga untuk melatih mental burung murai. Karena burung murai akan terbiasa dengan tempat yang lebih luas dari sekedar luas sangkar sangkar gantung. Cara ini berlaku untuk murai kerikil dewasa.



  • MELATIH DENGAN SENANTIASA MEMBERIKAN MAKANAN MAKANAN YANG MASIH HIDUP / BERGERAK


Cara ini untuk terapi di alam liar yang serba tidak gampang dengan alamnya yang keras dan liar, selain itu juga untuk mengajari anakan burung murai untuk mandiri. Cara ini juga berlaku untuk perawatan burung murai dewasa.


  • MELATIH DENGAN DI KERODONG



Cara ini dilakukan untuk melatih burung semoga tidak manja dan cengeng lantaran intinya anakan burung murai yang dibeli dari ternakan yakni burung yang jinak, yang sudah terbiasa dengan lingkungan insan disekitarnya, dan untuk perawatannya tentunya berbanding terbalik dengan merawat murai kerikil anakan muda hutan. dan untuk perawatannya yakni dengan senantiasa menunjukkan waktu dalam sehari untuk dikerodong ibarat yang sudah saya sampaikan diatas sebelumnya. dan sehabis dikerodong burung sanggup digantang dibawah pohon atau di teras. . Cara ini juga berlaku untuk perawatan burung murai dewasa.


Jika kedepanya burung rencananya untuk diikutkan lomba, sangat disarankan pada usia anakan ini burung lebih banyak dikerodong dan diberi masteran.

  • MELATIH DENGAN BURUNG LAIN YANG LEBIH MUDA / KECIL


Dengan mendekatkan anakan burung murai dengan burung burung jenis lainya yang lebih kecil sangat anggun untuk melatih mental dari anakan burung murai, dan untuk tahapannya dekatkan dulu dengan burung burung yang non figter ibarat kenari, gereja, kolibri, atau burung burung dengan sifat atau aksara burung yang terbiasa hidup koloni, sehabis umurnya cukup bakir balig cukup akal sanggup diperkenalkan dengan burung burung lain yang sifatnya figter / petarung ibarat burung ciblek, prenjak jantan dan betina yang mempunyai sifat atau aksara teritorial. dan usahakan jangan pernah untuk mendekatkan dengan burung sejenis atau murai kerikil yang lebih dewasa.


CATATAN : Bila terpaksa akan melaksanakan latihan dengan burung sejenis usahakan semoga menunggu usianya sudah cukup bakir balig cukup akal dulu dan latihlah atau pilihlah lawan berlatih dengan burung yang lebih muda. Kecuali bila usia dan mental burung murai anda sudah dirasa cukup sanggup dilatih di kelas latihan bersama di arena lomba dan sejenisnya.

  • MELATIH DENGAN BERPINDAH PINDAH TEMPAT GANTANGAN



Kebalikan dari melatih anakan burung yang didapat dari muda hutan yang masih rawan stres, dengan memindah mindah gantangan ketika dijemur di rumah atau di angin anginkan sangat anggun untuk melatih mental anakan burung murai. terlebih lagi bila anakan sudah menginjak usia remaja, dengan mengajak main kerumah rumah tetangga yang mempunyai burung burung jenis lain juga sanggup dilakukan, hal ini untuk mengajari anakan burung murai dengan terbiasa di tempat kekuasaan atau teritorial yang baru.



Untuk lebih lengkapnya silahkan dibaca di trik melatih burung menjadi petarung 

Dengan tahapan perawatan anakan burung murai diatas, lakukan dengan sabar dan konsisten semoga kelak nanti anakan burung murai tersebut sanggup menjadi burung yang membanggakan. Perhatikan tingkah laris dan perkembangan anakan burung murai anda, lantaran setiap burung mempunyai aksara berbeda beda,  dan itu hanya anda  yang memahaminya karena anda sendirilah yang merawatnya tentunya.

PERAWATAN BURUNG MURAI DEWASA

Untuk perawatan burung murai ketika sudah bakir balig cukup akal tidak terlalu berbeda  dengan perawatan ketika burung murai masih anakan. Anda tinggal memantau perkembangan dari hasil rawatan ketika masih anakan tersebut. Karena saya sangat yakin ketika anda merawatnya dengan konsisten dan sabar maka sekecil apapun dilema dari burung murai yang anda rawat pastinya sudah akan sangat hafal, lantaran anda mengenalnya.

 Merawat burung murai kerikil dari anakan hingga dengan bakir balig cukup akal setrik lengkap akan saya bagik CARA MERAWAT ANAKAN BURUNG MURAI SECARA LENGKAP

Dan untuk menutup artikel ini akan saya bagikan tips / trik  merawat burung murai bakir balig cukup akal yang sudah saya rangkum dari ulasan saya diatas. 
Beberapa hal yang harus dihindari dalam merawat burung murai kerikil :

  • JANGAN GONTA GANTI SETELAN / POLA MAKAN BURUNG MURAI


Dengan sering gonta ganti teladan makan ketika burung murai sudah bakir balig cukup akal akan berakibat pada stamina burung murai, hal ini dikarenakan terganggunya sistem pencernaan burung murai, dan tentunya hal tersebut akan mempengaruhi performa atau penampilan dari burung murai, dan lebih parahnya lagi bila dilakukan ketika ekspresi dominan / cuaca lagi tidak menentu / baik, sanggup bisa burung murai terjangkit penyakit dan risikonya mati. hal ini biasanya sering terjadi pada burung yang gres dibeli atau terjadi pergantian pemilik. Sebaiknya tanyakan setelan masakan burung murai yang gres dibeli tersebut dari pemilik lamanya



  • JANGAN MENGGANTI JENIS MAKANAN BURUNG MURAI


Dengan menganti brand masakan jenis voer ada sebagian kasus yang menjadi pemicu stres dari burung murai. hindari menganti brand masakan jenis voernya bila perubahannya tidak baik


  • JANGAN MENJEMUR BURUNG MURAI TERLALU LAMA



Waktu ideal dalam menjemur burung murai yakni 2 – 3 Jam, jangan menjemur burung murai seharian penuh. lantaran sanggup membuat burung murai menjadi gampang stres.



  • JANGAN DEKATKAN BURUNG MURAI DENGAN BURUNG SEJENIS


Dengan sering mendekatkan burung murai dengan burung sejenis sanggup berakibat berkurangnya mental figter dari salah satu burung. dan sanggup berakibat dengan jatuhnya salah satu mental dari burung tersebut dan bila ini harus terjadi ketika anda mempunyai 2 ekor burung murai dirumah sebaiknya jangan pernah mempertemukan kedua burung tersebut. dan buatkan jarak sejauh mungkin yang anda sanggup dalam menaruh atau menggantang burung murai anda. Hal ini juga berlaku untuk burung burung jenis lain dengan aksara figter / petarung ibarat kacer dan sulingan.


  • JANGAN MELATIH BURUNG MURAI KETIKA LAGI  MASA MABUNG / GANTI BULU



Dengan memaksakan melatih burung murai ketika masih masa mabung atau ganti bulu akan mempengaruhi kesehatan burung murai tersebut dan sanggup menyebabkan burung menjadi rawan stres dan ngdrop. sebaiknya latihlah burung ketika masa mabungnya selesai dengan sempurna,dengan tahapan yang dilakukan dengan trik yang ringan ringan dulu.



  • JANGAN PERNAH MENYERAH


Selalu semangat, konsisten / tekun dan sabar menjadi kunci keberhasilan merawat burung murai kerikil anda. 



Demikian artikel perihal trik merawat anakan burung Murai hingga dengan dewasa, semoga bermanfaat.



“BERBAGI  ITU HAPPY”

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive