Home » » Pentingnya Katuranggan Dalam Menentukan Burung

Pentingnya Katuranggan Dalam Menentukan Burung

ZONATIPSINDONESIA. Istilah katuranggan sering dipakai dalam menandai fisik seekor binatang, kalau orang jawa katuranggan sedikit didekatkan dengan ciri fisik seekor hewan yang mempunyai arti arti penting atau bisa juga mempunyai arti arti mistis.

Dalam dunia burung juga sudah menggunakan istilah katuranggan tersebut yaitu pada burung perkutut, istilah katuranggan sering disematkan pada burung yang mempunyai ciri ibarat warna bulu tertentu, postur badan bisa juga ciri anggota badan yang lain yang mempunyai arti didalamnya.

Artikel kali ini aku akan membahas pentingnya katuranggan dalam dunia burung tetapi lebih kepada pembahasan yang rasional, selebihnya terserah anda. 


Sebagai ilustrasi awal aku menunjukkan teladan burung cendet aku mempunyai postur badan yang berdasarkan aku sangat bagus. Dan sesudah memperhatikan setrik khusus memang ada corak bulu yang sedikit berbeda dengan burung cendet pada umumnya, aku memang sempat berfikir apa mungkin burung aku dari trah tertentu mungkinkah dari trah bangsawan, ataukah trah kerajaan.. Hehehehe..

Tetapi yang terang meskipun masih muda memang banyak yang sudah memuji postur badan dan kemampuan burung cendet saya. 

Gambar dibawah ini ialah foto burung cendet saya ketika masih muda belia yang akan aku pergunakan untuk menjelaskan pentingnya katuranggan dikala menentukan atau memelihara burung. Dan tentunya hal ini juga baik diterapkan pada burung burung lain seperti, Burung Murai, Burung Kacer, Dll.


 Istilah katuranggan sering dipakai dalam menandai fisik seekor hewan PENTINGNYA KATURANGGAN DALAM MEMILIH BURUNG
Katuranggan pada badan burung Cendet


KETERANGAN :


1. Paruh yang tebal

Akan sangat kuat pada kekuatanya dalam memangsa makanan, dan hal ini erat hubungannya dengan mental sang burung.

2. Leher yang panjang 

Akan sangat kuat pada tulang tulang disekitar pita bunyi dan hal ini biasanya erat hubungannya dengan volume bunyi yang sangat keras.

3. Tubuh yang panjang

Akan sangat kuat pada stamina burung, dan hal ini bekerjasama dengan durasi irama lagu yang akan dibawakan dikala burung berkicau.

4. Kaki yang panjang dan kuat 

Akan kuat pada kuda kuda dikala bangun tegak yang erat hubunganya pada kekuatan sang burung ketika berkicau.

5. Ekor yang panjang

Akan sangat kuat pada keseimbangan badan burung dan hal ini erat hubunganya pada iktikad diri sehingga mempengaruhi keseimbangan gaya, dan penampilannya ketika berkicau. 

Setrik rasional katuranggan bisa dijelaskan ibarat tersebut diatas, dan jikalau ada  pilihan tentunya tetap aku sarankan untuk menentukan postur badan atau katuranggan yang yang baik ibarat teladan diatas. Karena sudah terbukti burung dengan postur badan yang baik akan kuat baik pula untuk kemampuanya.

Demikian artikel perihal pentingnya katuranggan dalam menentukan atau memelihara burung peliharaan, supaya bermanfaat.

"BERBAGI ITU HAPPY"

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive