Home » » Cara Merawat Burung Cucak Hijau Setrik Lengkap

Cara Merawat Burung Cucak Hijau Setrik Lengkap

ZONATIPSINDONESIA. Popularitas burung Cucak Hijau diarena perlombaan tidak usah diragukan lagi, banyaknya pengemar atau para pemain dalam berburu atau menambah amunisi burung cucak hijau sebagai salah satu gacoan andalannya, merupakan bukti bahwa burung ini perlu diperhitungkan dalam daftar main diperlombaan. Tetapi bagi sebagian kicau mania yang masih pemula, terkadang memang ada yang mengalami kesulitan dalam merawat burung yang satu ini. 

Ada beberapa pengetahuan yang harus diperhatikan dalam merawat burung Cucak Hijau, dan berikut ini yakni trik  / tips merawat burung Cucak Hijau dengan lengkap :

  • VARIASI MAKANAN

Pemberian masakan yang bervariatif bertujuan untuk mengatur setelan burung semoga selalu dalam performa yang terbaik. Akibat yang sering terjadi dilapangan ketika setelan yang dibentuk tidak pas yakni burung terlalu OB sehingga metabolisme darah dalam tubunya terlalu tinggi / panas alasannya yakni konsumsi masakan yang tidak pas.

Berikan variasi masakan setiap hari dengan membuat setelan yang pas buat burung cucak hijau anda. Pemberian masakan ini lebih diutamakan dalam proteksi serangga dan buah buahan, tetapi untuk proteksi voernya dapat diberikan dapat tidak tergantung selera dan kebutuhan perawatan anda. alasannya yakni terkadang proteksi voer untuk burung Cucak hijau dapat mempengaruhi performa disuaranya menjadi serak / parau.

Untuk setelan jangkriknya dapat diberikan setiap hari sesuai kebutuhan burung anda. carilah setelan jumlah minimal jangkriknya, yang membuat burung anda menjadi nyaman. sehabis setelan jumlah minimal proteksi Jangkrik ketemu, selanjutnya yakni proteksi Kroto dan Ulat Hongkong. Usahakan untuk proteksi kroto dan ulatnya dengan membuat tempo proteksi yang pas. Cara ini bertujuan untuk membuat variasi makanan, dan untuk triknya yakni dengan diberikan setrik bergantian atau selang seling dalam tempo satu ahad masing masing 1 – 2 kali. Dan untuk porsinya juga jangan terlalu banyak, tetapi secukupnya saja dan sifatnya hanya membuat variasi masakan untuk serangga.

Untuk buah buahan jadikan sebagai masakan utama cucak hijau anda, berikan setrik variatif pula dengan trik bergantian minimal 1 - 2 hari pergantian jenis buahnya, dan usahakan untuk memperlihatkan buah kepada burung cucak hijau anda yang benar benar sudah matang.

Tugas terbesar yakni mencari setelan masakan yang pas buat burung cucak hijau anda. pelajari abjad burung anda dengan baik, dan hanya anda sendirilah yang memahaminya alasannya yakni anda yang merawatnya.

  • KESEHATAN BURUNG

Selain dikarenakan faktor masakan yang mempengaruhi performa dilapangan, faktor kesehatan burung juga sangat besar lengan berkuasa disini. 


Dengan menjaga kesehatan dari kebersihan burung dan sangkarnya, kebiasaan burung cucak hijau yang tidak diinginkan menyerupai males bunyi diarena lomba dapat diminalisir. Caranya yakni dengan memandikan burung dan membersihkan kandangnya. Lihatlah sikap konkret ketika anda memandikan burung anda, ketika dengan trik disemprot dengan sprayer burung bereaksi dengan mandi sendiri di kawasan wadah minuman atau kawasan yang sudah disediakan, maka bantulah mandinya dengan menyemprotnya hingga dengan berair kuyub, tetapi jikalau tidak ada reaksi ingin mandi sendiri ketika disemprot sebaiknya hentikan penyemprotan tidak usah hingga dengan berair kuyup kemudian angin anginkan dan jemurlah. Lakukan trik ini minimal 2 x seminggu.


 Popularitas burung Cucak Hijau diarena perlombaan tidak usah diragukan lagi CARA MERAWAT BURUNG CUCAK HIJAU SECARA LENGKAP

  • PEMASTERAN

Burung Cucak hijau populer dengan burung yang gampang merekam bunyi burung lain dengan baik jikalau dimasteri. Sebenarnya bukan duduk kasus gampang merekam dan lain sebagainya tetapi bagaimana burung lebih suka membawakan kicauan yang kita berikan, burung cucak hijau sebetulnya hanya lebih suka membawakan atau mengeluarkan bunyi yang nyaman untuk dinyanyikan ketika berkicau. Untuk itu pemasteran ini harus dipahami dengan benar dengan maksud tentunya burung cucak hijau anda menentukan bunyi yang anda masterkan menjadi bunyi yang nyaman untuk dikicaukannya. 

Cucak hijau akan gampang merekam bunyi burung lain ketika bunyi burung tersebut menarik buat nya. Kaprikornus saran saya ketika memperlihatkan bunyi masteran buat cucak hijau berikan sedikit jenis bunyi saja, sangat disarankan satu jenis bunyi saja. Sebagai teladan ketika menentukan bunyi cililin untuk masteran berikan bunyi burung burung dengan isian cililin, menyerupai burung lovebird dengan isian bunyi cililin. Atau burung jalak isian cililin, dan dapat ditambahkan juga bunyi orisinil dari burung Cililin. Kaprikornus pada dasarnya fokusnya tetap cililin.

Adapun untuk medianya dapat menggunakan bunyi burung orisinil atau dengan media palyer menyerupai MP3, dan untuk waktunya tentunya ketika burung dalam kondisi dikerodong dapat malam atau siang hari.

  • PELATIHAN


Cucak hijau akan dapat tampil maksimal ketika kondisi tubuhnya juga maksimal, fungsi dari latihan ini sendiri dimaksudkan untuk penilaian dari perawatan burung cucak hijau yang anda lakukan. Latihah burung cucak hijau anda dalam banyak sekali momen waktu dan tempat, alasannya yakni setiap momen waktu maka performa burung pun berbeda beda. Saat itulah anda harus sudah dapat memahaminya, dan harus jeli melihatnya. 
Dan untuk latihannya dapat dilakukan dengan teman / tetangga yang mempunyai burung Cucak hijau atau dengan mengikutkanya di arena arena latihan bersama atau lomba.


  • KANDANG UMBARAN


Dengan memasukan burung kedalam sangkar umbaran akan besar lengan berkuasa baik pada mental dari burung cucak hijau, trik ini sudah banyak dilakukan oleh para master master kicau mania Indonesia dan terbukti menambah daya dobrak dari sang burung. Hal ini tentunya dapat dilakukan jikalau anda mempunyai sangkar umbaran dirumah.

Demikian Artikel tips / trik merawat burung Cucak Hijau dengan lengkap. Semoga bermanfaat.


“BERBAGI ITU HAPPY”

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive