Home » » Dasar Dasar Evaluasi Juri Lomba Burung

Dasar Dasar Evaluasi Juri Lomba Burung

ZONATIPSINDONESIA. Pentingya mengetahui dasar evaluasi juri dalam lomba, akan sangat membantu anda menargetkan perawatan kepada burung anda ketika ingin diikutkan dalam lomba.

Dasar dasar evaluasi dari lomba burung diIndonesia yaitu sebagai berikut :

1. IRAMA / LAGU


Nilai dipoin ini biasanya mempunyai nilai yang paling tinggi, alasannya yaitu mempunyai banyak kategori didalammnya. Burung yang mempunyai irama lagu yang baik, mencakup banyak sekali variasi bunyi didalamnya, ibarat dibawah ini :

  • Isian

Burung dengan isian yang melimpah dengan jenis jenis bunyi burung kecil maupun besar. Dan isian yang manis tentunya yang disetai tonjolan tonjolan  bunyi yang menarik.

  • Tempo

Ada variasi speed dikala berkicau dengan dikombinasi isian yang rapat dan panjang dengan perpindahan dari bunyi satu ke bunyi yang lain yang yummy didengar.

  • Birama 

Bisa diketahui dari naik turunya nada burung membawakan sebuah suara

2. VOLUME


Burung dengan bunyi yang keras dengan kriterianya yaitu bunyi yang tajam, jelas,  mengkristal dan terasa pedas.

3. GAYA / TINGKAH LAKU


Dalam evaluasi dipoin gaya tentunya setiap burung mempunyai ciri ciri gaya sendiri sendiri, tetapi satu hal yang sangat memilih dalam poin gaya ini yaitu permainan ngotot dari sang burung yang tentunya dibarengi dengan huruf gaya yang menjadi ciri khas dari masing masing burung tersebut. Sebagai teladan contohnya burung Anis merah dengan gayanya yang teler, burung Branjangan dengan gayanya hokelewat / overing (berbunyi sambil terbang), burung Cendet dengan gayanya yang Nagen / Nancep / main satu titik Dll masih banyak lagi.

4. DURASI


Stamina burung memilih kriteria di poin durasi ini, kicauan yang stabil dari awal pertengahan sampai simpulan evaluasi menjadi penentu juri dalam memperlihatkan nilai kepada sang burung. dan lawan kata dari burung yang staminanya kurang yaitu terlihat dari sang burung yang sering ngetem atau berhenti bunyi. 

Dari 4 poin diatas masih ada poin yang tidak kalah pentingnya dalam evaluasi juri yaitu

5. FISIK


Penilaian dari fisik ini bisa menjadi poin tambahan ketika dalam evaluasi dari poin diatas beberapa burung mempunyai nilai yang sama, maka ciri fisik yang mencakup keindahan anggota fisik tubuh, ibarat kerapian bulu, kelengkapan organ badan dll, bisa dijadikan penentu untuk menambah nilai lebih pada burung. Dan burung yang cacat fisik ketika diikutkan dalam lomba dan terpantau oleh juri terkadang tidak diberi nilai oleh juri.

Dalam evaluasi burung yang dilombakan intinya setiap juri akan menggunakan poin poin dasar diatas. Tetapi burung yang mempunyai kemampuan yang tepat ibarat diatas tentunya sangat jarang didapati, alasannya yaitu setiap kelebihan niscaya akan ada kekuranganya. Disinilah pentingnya juri sebagai pengadil lapangan dalam menilai seekor burung yang dilombakan.

 Pentingya mengetahui dasar evaluasi juri dalam lomba DASAR DASAR PENILAIAN JURI LOMBA BURUNG
Penilaian lomba burung
Kriteria burung yang manis berdasarkan dasar dasar evaluasi juri lomba diatas sudah anda ketahui, selanjutnya bisa anda gunakan untuk mencari atau merawat burung anda sehingga bisa mempunyai poin poin ibarat diatas.

Demikian artikel perihal dasar evaluasi juri dalam lomba, agar bermanfaat.


"BERBAGI ITU HAPPY"

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive