Home » » Cara Ampuh Pemasteran Burung Semoga Isian Lebih Maksimal

Cara Ampuh Pemasteran Burung Semoga Isian Lebih Maksimal

ZONATIPSINDONESIA. Memiliki burung dengan isian yang istimewa menyerupai yang diharapkan tentunya sangat membanggakan, bagaimana bisa?, bagaimana triknya ? masih sering sekali pertanyaan yang disampaikan diforum lembaga atau grup burung yang menanyakan trik pemasteran yang terbaik semoga isiannya maksimal. Hal tersebut sangat wajar, alasannya ialah setiap pemasteran burung mempunyai trik yang berbeda beda, dan tentunya untuk keberhasilannya juga berbeda beda pula.

Cara memaster burung kicauan sangat bermacam-macam dan juga sudah banyak dibagikan oleh artikel lain, tetapi kali ini saya akan berikan trik yang sedikit berbeda dan kelebihan dari trik ini yang pertama ialah akhirnya lebih maksimal, tetapi kekurangannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Karena setiap trik atau tehnik mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan anda bisa memilihnya bila trik ini sesuai dengan cita-cita anda.

Tetapi sebelum masuk ke tahapan triknya kita menyiapkan materi bahannya terlebih dahulu

1. Yang perlu disiapkan tentunya anakan burung yang baik, alasannya ialah trik ini sangat disarankan untuk perawatan pemasteran burung yang masih anakan, alasannya ialah intinya burung yang didapat dari anakan tentunya sudah jinak. Karena tidak ada proses penjinakan disini.

 Memiliki burung dengan isian yang istimewa menyerupai yang diharapkan tentunya sangat memban CARA AMPUH PEMASTERAN BURUNG AGAR ISIAN LEBIH MAKSIMAL
Anakan burung
2. Ruangan atau daerah untuk karantina burung ketika dimasteri, bisa berbentuk ruangan apa saja yang terpenting ialah suasana yang nyaman dan hening didalamnya. Pastikan juga fentilasi udara dan matahari masuk keruangan dengan baik.

3. Media yang digunakan bisa menggunakan burung orisinil dan bunyi MP3, tetapi saya disini menggunakan media MP3 yang murah dan lebih lengkap, tinggal download saja isian yang sesuai dengan cita-cita anda. 
Saran saya pilihlah bunyi yang mempunyai kualitas yang jernih, terperinci dan natural atau terdengar sama dengan burung aslinya.

Ada 2 jenis bunyi masteran yang bisa digunakan yaitu

1. Suara burung original

Yaitu bunyi satu burung saja tanpa isian,
Sebagai pola : 
  • Suara orisinil burung Kenari,
  • Suara orisinil burung Cililin, 
  • suara orisinil burung Gereja, dll Tanpa isian
Kelebihannya : lebih gampang ditangkap burung
Kekurangannya : tidak ada pola speed dan kerapatan yang baik bila salah menentukan suara.

2. Suara burung kombinasi isian

Yaitu bunyi burung yang yang direkam dari burung yang sudah jadi lengkap dengan bermacam macam isian didalamnya. 
Sebagai Contoh : 
  • Suara burung Murai Batu isian A,B,C dan D dengan speed cepat dan rapat
  • Suara burung Cendet kombinasi Kuntilanak dengan Iblis DLL (HEHEHE...)
Kelebihannya : dari bunyi ini anda bisa mengajari burung dengan jenis bunyi yang memilki speed dan kerapatan yang baik
Kekurangannya : Lebih sulit ditangkap

Kita masuk ke tahapan trik ampuh pemasteran burung semoga isainya maksimal, dan trik ini dilakukan dari masa ke masa ketika anda mendapat atau membeli burung baru. 

1. Pemasteran di masa menuju mabung yang pertama atau ganti bulu dewasa

Pada masa ini ialah masa untuk mendasari burung anakan anda dengan bunyi isian yang istimewa. 

Caranya ialah pada masa anakan ini kuncinya harus lebih banyak waktunya didalam kerodong atau didalam ruangan karantina, berikan bunyi masteran burung minimal 3 bunyi burung original atau maksimal 3 bunyi burung kombinasi isian menyerupai yang saya jelaskan diatas, dan pilihlah sesuai dengan yang anda inginkan untuk bisa dikuasai oleh burung anda. Jangan terlalu mengharapkan burung anda untuk bisa berkicau dulu, agarkan burung anda merekam semua masteran yang anda berikan. Meskipun sebenarnya burung sudah bisa berkicau diusia tesebut.

Buka kerodong bisa dilakukan selama burung dimandikan atau untuk dijemur diwaktu pagi hari atau sore hari tetapi sesudah itu kembali dikerodong atau dimasukan keruangan karantina untuk diperdengarkan bunyi masteran kembali disiang dan malam harinya.

Lakukan trik ini hingga masa mabung atau ganti bulu cukup umur selesai. Cara ini juga sangat anggun untuk melatih burung semoga tidak manja dan bisa lebih figter atau petarung.

2. Pemasteran di masa menuju Mabung atau ganti bulu yang kedua usia 1 tahunan

Pada masa ini burung anda sudah bisa berkicau tetapi belum begitu sempurna, dan semakin tambahnya usia usang lama bunyi tersebut akan mulai terperinci terdengar. Suara masteran ada sebagian yang belum bisa dikeluarkan dengan baik tetapi, meskipun pendek atau menyerupai bunyi yang ditargetkan bisa nampak terdengar. Pada usia ini jangan mengharapkan burung bisa membawakan bunyi masteran yang anda targetkan dari bunyi yang ngroll panjang, kalaupun bisa hal ini sangat jarang terjadi,  alasannya ialah untuk isian yang roll panjang akan terdengar seiring dengan bertambahnya usianya. 

Dan pada masa ini burung sudah bisa dikeluarkan dari ruangan karantina pemasteran tujuannya ialah mengenalkan burung dilingkungan sekitar yang mana pada masa pertama tadi tidak didapatkannya. kerodong masih tetap dijalankan tetapi frekwensinya bisa dikurangi atau anda bisa mengantinya dengan kerodong yang tipis. Sebaiknya anda menggunakannya masa ini untuk melatih burung dari keramaian (kendaraan) lingkungan disekitar. Anda juga bisa melatihnya dengan burung sejenis namun anda jangan terlalu memaksakannya bila burung belum bisa untuk diajak latihan. Dan bila ingin melatihya saran saya latilah dengan burung yang lebih muda.

Berikan pelengkap bunyi masteran, contohnya pada masa mabung pertama anda memperlihatkan 3 bunyi kombinasi, pada masa ini anda bisa menambahkan 3 bunyi original  atau sebaliknya. Dan media bunyi masteran bisa anda keluarkan dari ruangan karantina bila diharapkan untuk didekatkan dengan burung anda bila dikeluarkan.

3. Pemasteran di masa menuju mabung seterusnya

Pada masa ini burung sudah sangat bisa untuk diajak jalan jalan, atau istilah kerennya ialah dilombakan. alasannya ialah burung sudah mempunyai usia yang tidak mengecewakan mapan. Tetapi bila anda kurang percaya diri sebaiknya dimaksimalkan untuk dilatih dirumah dengan menambahkan bunyi masteran  menyerupai pada masa mabung yang kedua. 

Catatan : Dari ketiga masa tersebut diatas bila nampak tanda tanda burung akan mabung atau ganti bulu sebaiknya burung lebih banyak didalam ruangan karantina untuk dilakukan full pemasteran.

Dan perlu diingat bantu-membantu untuk hasil yang maksimal tidak bisa didapat setrik instan, dan harus ada kesabaran, dan ketlatenan didalamnya. Salah satu pesan master kicau mania dari Kabupaten Sukoharjo yang berkenan menyebarkan info dalam memperlihatkan Tips atau trik dan tahapan perawatan dan pemasteran burung diatas.

Demikian artikel wacana trik ampuh pemasteran burung semoga mempunyai isian maksimal. Semoga bermanfaat.

"BERBAGI ITU HAPPY"

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive