Home » » Settingan/ Setelan Dan Cara Merawat Burung Cendet Sebelum Lomba

Settingan/ Setelan Dan Cara Merawat Burung Cendet Sebelum Lomba

Kicau-Burung.com - Burung cendet atau burung apapun sebelum dilombakan/ kompetisi tentu diharapkan perawatan khusus disamping perawatan harian. Setelan/ Settingan cendet sebelum lomba ini tentunya dimaksudkan biar burung cendet anda dapat menjadi jawara dalam lomba dan berhasil menggondol banyak sertifikat, piagam, dan tentunya hadiah yang nilainya mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Dari situlah saya mencoba untuk memperlihatkan tips cara merawat burung cendet sebelum lomba yang saya rangkum dari aneka macam macam artikel, yang kemudian saya tulis ulang dengan gaya bahasa yang tentunya biar lebih gampang untuk anda pahami.

Burung cendet yang sudah sering mengikuti lomba tentu yakni burung cendet pilihan yang mempunyai mental dan kualitas bunyi serta isian yang bagus, terlebih lagi jikalau burung tersebut sudah sering menjadi juara dan sudah banyak mendapat akta dan piagam, tentu harga jualnya akan melonjak tinggi, bahkan hingga mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah. Maka dari itu para kicau mania sejati tidak sembarangan dalam menentukan burung cendet, juga tidak sembarangan pula dalam melaksanakan perawatan harian maupun perawatan cendet sebelum lomba.

 Burung cendet atau burung apapun sebelum dilombakan Settingan/ Setelan Dan Cara Merawat Burung Cendet Sebelum Lomba
Baca juga: Perawatan harian cendet jawara
Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam lomba. tentu diharapkan peraatan khusus yang maksimal pula, tidak boleh setengah-setengah atau bahkan sekedarnya saja. Harus benar-benar dilakukan dengan sepenuh hati.

Cara merawat burung cendet jelang lomba

Untuk hasil yang lebih maksimal, perawatan menjelang lomba ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu perawatan 1 ahad sebelum lomba dan perawatan 1 jam sebelum lomba.

1. Perawatan 1 ahad sebelum lomba

  • Karantina atau asingkan burung cendet anda biar tidak melihat atau mendengar bunyi burung cendet lain. ini bertujuan biar burung cendet benar-benar istirahat, sehingga burung dapat full power ketika lomba.
  • Pada ketika karantina, burung harus selalu dalam keadaan full kerodong. Tujuannyasama ibarat diatas, yakni biar cendet full istirahat dan tidak banyak mengeluarkan tenaga/ kicauan harian. Makara ketika hendak turun lomba, burung cendet tidak perlu mengeluarkan kicauan harian ibarat biasanya.
  • Tingkatkan setelan EF dari setelan harian biasanya. Jika setelan harian cendet yakni 5 ekor jangkrik, maka 1 ahad sebelum lomba, porsinya dapat dinaikkan menjadi 8 ekor atau sepuluh ekor. Begitu juga dengan kontribusi EF kroto dan ulat hongkong, berikan kroto segar sebanyak 1 sendok teh setiap hari, selama 1 ahad sebelum lomba.
  • Porsi mandi dikurangi atau bahkan dihentikan, jikalau biasanya burung cendet dimandikan setiap hari, maka sebelum lomba satu ahad cukup dimandikan 1 atau 2 kali saja.
  • Kurangi waktu penjemuran, jikalau biasanya burung cendet dijemur 2 hingga 3 jam setiap hari, maka 1 ahad sebelum lomba cukup dijemur 30 menit saja setiap pagi, sesudah itu burung kembali full kerodong dan karantina.

2. Perawatan 1 jam sebelum lomba

  • Mandikan burung cendet sebelum lomba hingga berair kuyup, ini bertujuan untuk menyegarkan burung dan meredam birahi burung.
  • Jemur sebentar dan berikan ekstra fooding berupa jangkrik sebanyak 5 ekor dan ulat hongkong 5 ekor, atau sesuaikan dengan cuaca dan huruf burung.
  • Tidak perlu lagi diberi kroto, alasannya yakni jangkrik dan ulat hongkong sudah cukup menciptakan burung menjadi panas dan siap untuk bertempur.
Itulah cara merawat burung cendet sebelum lomba biar burung cendet anda dapat menjadi jawara atau bintang ketika digantang. Tips diatas tidak sepenuhnya bekerja dengan baik terhadap burung cendet anda, alasannya yakni masing-masing cendet mempunyai huruf yang berbeda-beda. Untuk anda yang gres pertama naik lomba dapat menerapkan cara diatas, namun jikalau anda sudah malang melintang didunia gantangan, tentu sudah lebih faham dengan setelan dan huruf burung cendet anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • Settingan cendet sebelum lomba
  • Setelan cendet sebelum lomba
  • Merawat cendet menjelang lomba
  • Setelan EF cendet sebelum lomba

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive