Home » » Perawatan Harian Burung Cendet Jawara

Perawatan Harian Burung Cendet Jawara

Perawatan harian cendet - Sahabat Kicau-Burung.com, setiap orang mempunyai kebiasaan dan teknik tersendiri dalam merawat burung cendet, dan setiap burung cendet juga mempunyai kebiasaan dan huruf masing-masing. Artinya tidak semua burung cendet yang dirawat dengan model perawatan harian cendet yang sama, akan menghasilkan kualitas cendet yang sama pula. Itulah sebabnya masing-masing cendet mania mempunyai teladan perawatan harian sendiri-sendiri.

Perawatan harian cendet jawara yang baik tidak berarti kemudian 100% memilih sanggup menjadi cendet jawara, lantaran tidak sedikit burung cendet dengan perawatan yang baik tapi tidak sanggup menjadi jawara. Karena untuk membentuk cendet jawara diperlukan 2 aspek penting, yaitu pemilihan burung cendet yang mempunyai mental jawara dan perawatan harian cendet yang baik dan benar.

 setiap orang mempunyai kebiasaan dan teknik tersendiri dalam merawat burung cendet Perawatan Harian Burung Cendet Jawara

Perawatan harian cendet yaitu perawatan burung sehari-hari yang dilakukan secara continue atau terus menerus setiap harinya. Perawatan harian ini tidak lepas dari sumbangan sehabis harian, sumbangan pakan dan ekstra fooding, pencucian kandang, pengerodongan, cara memandikan, penjemuran, serta pemasteran.

Perawatan harian cendet ini tidak sama dengan perawatan menjelang lomba, lantaran perawatan menjelang lomba hanya dilakukan 7 hari sebelum lomba, selebihnya cukup diterapkan perawatan harian ibarat dibawah ini.

Perawatan harian burung cendet

1. Burung cendet dikeluarkan dan diangin-anginkan pada pukul 07.00 pagi selama kurang lebih 30 menit. Baru sehabis itu pada pukul 07.30 burung dimandikan dengan cara disemprot atau mandi karamba, tergantung dari kebiasaan mandi burung cendet anda.
2. Sambil memandikan burung, bersihkan sangkar dari kotoran setiap hari, untuk menjaga kesehatan burung dan penghuni rumah dari basil dan virus yang disebabkan oleh kotoran burung.
3. Ganti atau tambahkan pakan (voer) serta ganti air minum dengan air higienis matang setiap harinya.
4. Berikan jangrik 3 ekor sebagai ekstra fooding (setelan harian) pada wadah khusus, jangan memberikannya secara pribadi memakai tangan, biar burung cendet tidak manja dan mbayeki. Jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu kaki belakangnya, biar tidak menciptakan burung tersedak yang terkadang sanggup menjadikan kematian.
5. Setelah itu jemur burung cendet dibawah sinar matahari pribadi antara jam 08.00 - jam 11.00, penjemuran sanggup dilakukan selama 2-3 jam, tergantung kondisi sinar matahari.
6. Setelah dijemur, burung kemudian diangin-anginkan diteras rumah selama sekitar 15 menit. 
7. Kemudian burung dikerodong sambil diperdengarkan bunyi masteran hingga pukul 15.00 WIB. 
8. Pada sore hari, burung cendet kembali diangin-anginkan diteras selama 15 menit, boleh dimandikan lagi, boleh juga tidak. 
9. Berikan ekstra fooding berupa jangkrik sebanyak 2 ekor sebagai setelan harian. 
10. Menjelang malam, tepatnya sekitar jam 18.00, burung kembali dikerodong dan dimasukkan kedalam rumah sambil diperdengarkan bunyi masteran. 
11. Keesokan harinya, lakukan langkah 1-10 diatas setiap hari secara rutin dan terus-menerus.
Baca juga: Cara merawat cendet mabung
Itulah tips perawatan harian burung cendet jawara biar cepat gacor dan selalu dalam kondisi prima, sehingga sanggup diturunkan untuk lomba/ kompetisi setiap saat, kecuali pada dikala burung dalam kondisi mabung.

Pencarian:

  • Perawatan harian cendet
  • Perawatan cendet juara
  • Perawatan cendet jawara
  • Merawat cendet yang benar

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive