Home » » Cara Semoga Bulu Ekor Cendet Tidak Rusak

Cara Semoga Bulu Ekor Cendet Tidak Rusak

Cara semoga bulu ekor cendet tidak rusak -Sahabat kicau-burung.com, burung cendet atau burung apapun jikalau mempunyai ekor yang rusak niscaya akan kurang yummy dipandang mata, dan bahkan tampak buruk dan seakan-akan burung tersebut tidak mendapat perawatan dengan baik. Selain itu burung cendet yang bulu ekornya rusak juga akan mengurangi harga jual dan mengurangi evaluasi dikala dilombakan, atau bahkan bisa jikalau ekor cendet rusak sudah sangat parah bisa didiskualifikasi oleh juri.

Burung cendet memang termasuk burung bertipe petarung dengan warna bulu yang indah dan ekor yang cukup panjang, sehingga menambah kecantikan dan keindahan burug tersebut. Selain itu burung cendet juga populer sebagai burung yang mempunyai bunyi yang keras dan serak, serta sangat cerdas alasannya yaitu mempunyai kemampuan yang bagus dalam hal menirukan suara-suara burung lainnya. Tak heran jikalau kini ini banyak para kicau mania berlomba-lomba untuk memelihara burung cendet, alasannya yaitu memang burung tersebut sedang ramai diperlombakan.

 burung cendet atau burung apapun jikalau mempunyai ekor yang rusak niscaya akan kurang yummy dip Cara Agar Bulu Ekor Cendet Tidak Rusak

Ada beberapa penyebab kenapa bulu ekor cendet rusak, diantaranya yaitu alasannya yaitu burung tersebut terlalu aktif dan agresif, suka menabrak-nabrak sangkar, dan sering turun ke dasar sangkar, sehingga biasanya bulu ekor akan rusak dan patah. Perlu sobat kicau ketahui bahwa bulu ekor cendet tidak menyerupai bulu ekor murai watu yang cukup lentur, bulu ekor cendet mempunyai abjad yang kaku dan jumlahnya hanya beberapa helai saja, sehingga jikalau burung tidak diperlakukan dengan baik, maka bulu ekor cendet akan gampang rusak.
Baca juga: Cara mencabut bulu ekor cendet
Nah pada posting kali ini saya akan memperlihatkan tips bagaimana cara merawat bulu ekor cendet semoga tidak rusak dan patah, alasannya yaitu tips ini tentu sangat penting sekali khususnya bagi kicau mania yang memelihara burung cendet yang tentunya niscaya pernah mengalami duduk kasus tersebut.

Cara semoga bulu ekor cendet tidak rusak


1. Tempatkan burung cendet kesayangan anda pada kandang yang berukuran besar, kandang burung cendet idealnya yaitu 40 cm x 40 cm. Kebiasaan para kicau mania yang gres berguru memelihara burung cendet yaitu meletakkan burung pada kandang yang ala kadarnya (sangkar kecil) yang tidak memenuhi standar ideal. Sehingga burung tidak mempunyai ruang gerak yang bebas, terlebih pada burung cendet yang masih bakalan yang belum jinak, atau burung yang sedang mengalami over birahi. 
2. Bersihkan kandang cendet dari kotoran setiap hari semoga kesehatan burung selalu terjaga, alasannya yaitu biasanya kandang yang kotor akan mengundang penyakit menyerupai tungau dan kutu. Tungau dan kutu tersebut akan menyerang bulu-bulu burung dan menyebabkan gatal, sehingga burung cenderung akan mencabuti bulu ekornya sendiri. Hal itulah yang menyebabkan bulu ekor cendet menjadi rusak dan patah. 
3. Mandikan burung cendet secara teratur baik itu pagi atau sore hari sesuai dengan kebiasaan anda dalam memandikan burung. Boleh dengan cara mandi semprot atau mandi karamba sesuai dengan kebiasaan burung pula. 
4. Jemur burung cendet kesayangan anda dipagi hari, alasannya yaitu sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat bagus untuk kesehatan tulang dan bulu. Jangan menjemur burung cendet disiang hari dikala matahari terik, alasannya yaitu hal tersebut sanggup menciptakan bulu ekor cendet kering dan rusak. 
5. Berikan 2 buah tangkringan pada kandang cendet anda, bisa diletakkan atas bawah secara sejajar atau menyilang. Lakukan percobaan dan perhatikan burung cendet anda lebih cocok dengan model tangkringan yang mana. 
6. Berikan ekstra fooding secara rutin sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan si burung, lakukan eksperimen untuk memperoleh setelan jangkrik yang sempurna pada burung cendet anda.
Baca juga: Cara mengatasi burung cendet salto
Sahabat Kicau-Burung.com, itulah tips dan cara semoga bulu ekor cendet tidak rusak, patah, dann tercabut yang sanggup saya bagikan kepada anda. Semoga artikel ini sanggup membantu menuntaskan permasalahan bulu ekor rusak pada burung cendet anda.

Pencarian:

  • Cara mengatasi ekor cendet rusak
  • Menjaga ekor cendet semoga tidak rusak
  • Mengatasi cendet ciak ekor
  • Mengatasi cendet giras

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive