Home » » Ciri-Ciri Khusus Cendet/Pentet Orisinil Madura

Ciri-Ciri Khusus Cendet/Pentet Orisinil Madura

Cendet/Pentet asal Madura dikenal sebagai Cendet yang mempunyai kualitas paling manis dibanding Cendet dari kawasan lain. Karena itulah, para pemain Cendet lapangan banyak yang berburu Cendet Madura untuk dijadikan sebagai gacoannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, alasannya yaitu kualitas Cendet/Pentet Madura memang sudah terbukti faktual dengan banyaknya Cendet Madura yang pernah merajai arena lomba burung kicau, baik event lokal maupun Nasional.

Rata-rata Cendet/Pentet Madura memang mempunyai kualitas di atas rata-rata Cendet dari kawasan lain. Cendet dari wilayah Madura justru lebih banyak yang prospek daripada yang tidak prospek, hal ini berbanding terbalik dengan Cendet dari kawasan lain yang lebih banyak yang tidak prospek daripada yang prospek.

Tapi untuk membedakan Cendet/Pentet Madura yang orisinil dengan Cendet dari kawasan lain memang tidak mudah, alasannya yaitu secara fisik tidak ada ciri-ciri khusus yang membedakan Cendet Madura dengan Cendet dari kawasan lain.

Selama ini, yang sering disebut sebagai Cendet/Pentet Madura yaitu Cendet blangkon/sembur (kepala hitam), padahal Cendet dari kawasan lain seperti: kawasan Gunung Bromo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, Tuban, Pati, Gunung Kidul (Jogja), dan beberapa kawasan lainnya juga ada yang mempunyai kepala blangkon/sembur (kepala hitam).

Dan berikut ini yaitu ciri-ciri khusus dari Cendet/Pentet Madura yang bisa dijadikan sebagai panduan semoga kita tidak salah pilih saat kita berniat membeli Cendet Madura.

Ciri-ciri fisik Cendet/Pentet Madura:

Jika dilihat sekilas tanpa pembanding, penampilan fisik Cendet/Pentet Madura memang tidak jauh berbeda dengan Cendet dari Jatim. Keduanya mempunyai ciri fisik yang hampir serupa dan sulit untuk dibedakan. Tapi pada umunya, Cendet Madura mempunyai ciri-ciri fisik sebagai berikut:

• Rata-rata Cendet/Pentet Madura mempunyai postur badan lebih kecil, ramping, dan panjang dibanding dengan Cendet Jatim atau Cendet dari kawasan lain.

• Cendet/Pentet Madura mempunyai ekor yang lebih panjang dibanding dengan Cendet dari kawasan lain.

• Penampilannya terkesan lebih bernafsu alasannya yaitu rata-rata Cendet/Pentet Madura mempunyai kepala berwarna full hitam, dan bahkan warna hitamnya ada yang hingga bab tengkuk (gondrong).

• Bulu dada lebih banyak didominasi berwarna putih higienis dan halus, bahkan pada jenis Cendet dada putih, warna putih pada dadanya tampak putih higienis menyerupai kapas.

• Warna bulunya sangat kontras.

• Pada bab tengkuknya berwarna abu-abu terang.

• Cendet/Pentet Madura biasanya mempunyai mata yang besar dan melotot dengan sorot mata tajam sehingga terlihat lebih sangar.

Kelebihan Cendet/Pentet Madura:

• Cendet/Pentet Madura mempunyai kecerdasan yang lebih baik dari Cendet dari kawasan lain sehingga bisa merekam bahan isian lebih banyak. Dan konon, Cendet dari Sumenep yaitu yang terbaik dibanding Cendet dari wilayah Madura lainnya.

• Cendet/Pentet Madura mempunyai bunyi lebih kristal dan kasar dengan volume tembus, sehingga terasa memekakan indera pendengaran saat berkicau.

• Cendet/Pentet Madura juga populer mempunyai mental tempur yang sangat tangguh dibanding dengan Cendet dari kawasan lain.

• Cendet/Pentet Madura juga juga sangat pembangkang dan tidak gampang stres.

Baca juga:

Ciri-ciri fisik Cucak Ijo (CI) orisinil Banyuwangi

Ciri-ciri perbedaan Jalak Suren Jawa, Jalak Suren Kalimantan dan Jalak Suren Malaysia

Manfaat terapi sauna untuk mendongkrak mental fighter Cendet/Pentet

Cara membentuk mental fighter Cendet/Pentet trotolan

Demikian sedikit gosip wacana ciri-ciri khusus Cendet/Pentet orisinil Madura. Untuk gosip lain seputar Cendet, sanggup dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cendet/Pentet dada putih Madura

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive