Home » » Tips Perawatan Samyong Bakalan Semoga Cepat Bunyi

Tips Perawatan Samyong Bakalan Semoga Cepat Bunyi

Samyong ialah burung yang mempunyai kecerdasan luar biasa, burung ini bisa menirukan banyak sekali macam bunyi dan bisa dinyanyikannya dengan fasih dan lantang.

Samyong hanya bisa di temukan di kawasan Flores, Nusa Tenggara saja alasannya ialah memang burung ini merupakan satwa endemik yang hanya bisa ditemukan di kawasan tersebut.

Burung ini dikenal mempunyai mental yang berpengaruh sehingga gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan gres dan gampang untuk dipelihara sekalipun dari bakalan.

Kelebihan Samyong yang paling menonjol ialah pada kemampuannya menirukan banyak sekali macam bunyi kicauan burung lain, dan merupakan burung peniru terbaik di Indonesia.

Jika kita memelihara Samyong dari bakalan atau muda hutan (MH), hal pertama yang harus dilakukan ialah melatihnya semoga mau makan voer semoga kita tidak repot dalam perawatan hariannya.

Cara untuk melatih Samyong semoga ngevoer sama dengan cara melatih ngevoer burung-burung jenis lainnya. Dan berikut ini ialah teladan perawatan harian untuk burung Samyong semoga rajin bunyi:

Pakan dan Ekstra fooding (EF)

• Voer

Berikan voer yang manis sebagai pakan utama untuk Samyong. Jangan memakai voer yang berwarna mencolok/terlalu cerah alasannya ialah kemungkinan besar voer tersebut memakai pewarna kimia yang bila dikonsumsi burung dalam jangka panjang bisa menyebabkan banyak sekali problem kesehatan pada burung dikemudian hari.

• Ekstra fooding (EF)

Samyong merupakan burung pemakan serangga. Jenis pakan alami yang bisa diberikan pada Samyong antara lain:

- Jangkrik atau belalang diberikan setiap hari dengan porsi 7-7 pagi-sore.

- Kroto segar diberikan dua hari sekali dengan porsi 1 cepuk.

- Ulat hongkong (UH) diberikan seperlunya saja, terutama pada dikala cuaca dingin/hujan.

• Buah

Walaupun Samyong ialah jenis burung pemakan serangga, tapi ada sebagian individu Samyong yang juga menyukai buah-buahan.

Kita bisa mencoba untuk menunjukkan buah-buahan ibarat pisang, pepaya atau apel untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan vitamin Samyong. Walaupun belum diketahui secara niscaya apakah derma hidangan buah-buahan tersebut sanggup menunjukkan imbas positif, terutama pada performa kicauannya.

Tapi bila dilihat dari manfaat buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral, maka derma pakan berupa buah-buahan sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi fisik burung menjadi lebih fit dibandingkan dengan burung yang tidak pernah mengkonsumsi buah sama sekali. Dan burung yang kondisi mental dan fisiknya fit, niscaya akan lebih rajin berkicau.

Mandi

Samyong bisa dimandikan dengan cara disemprot memakai sprayer atau memakai kolam karamba setiap hari bila cuaca cerah/panas.

Jemur

Lakukan penjemuran secara rutin setiap hari semoga Samyong selalu dalam kondisi prima. Tapi Samyong termasuk burung yang tidak tahan terhadap panas, alasannya ialah di habitat aslinya burung ini selalu berlindung di balik pepohonan hutan yang rimbun dan teduh, sehingga ketika terkena sinar Matahari secara eksklusif dalam waktu yang lama, maka burung ini rentan sekali mengalami stres dan dehidrasi.

Jadi, waktu penjemuran untuk Samyong sebaiknya jangan terlalu lama, cukup sekitar 15-20 menit saja setiap harinya mulai jam 07.00 pagi.

Pemasteran

Agar Samyong lebih cepat bunyi dengan bunyi bervariasi, kita bisa melaksanakan pemasteran pada Samyong dengan memakai bunyi dari Mp3 player atau memakai burung-burung masteran.

Dan untuk memancing Samyong berkicau, kita bisa memperdengarkan bunyi Mp3 Samyong betina. Biasanya Samyong jantan yang sudah dewasa, gampang sekali terpancing untuk berkicau menyahuti bila mendengar bunyi Samyong betina.

Baca juga:

Perawatan harian untuk Cucak Biru semoga rajin bunyi

Perawatan harian Poksay Hongkong semoga rajin bunyi dan gacor

Perawatan yang sempurna untuk Poksay Jambul Sumatera semoga rajin bunyi

Demikian sedikit warta wacana tips perawatan Samyong bakalan semoga cepat bunyi. Untuk warta lain seputar burung Samyong, sanggup dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Samyong

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive