Home » » Tips Semoga Trotolan Cucak Ijo (Ci) Cepat Nopeng

Tips Semoga Trotolan Cucak Ijo (Ci) Cepat Nopeng

Cucak ijo (CI) trotolan yang sudah tumbuh bulu totol hitam pada bab muka atau lehernya walaupun masih beberapa helai sudah sanggup dipastikan bahwa Cucak ijo (CI) trotolan tersebut berjenis kelamin jantan.

Umumnya bulu totol hitam akan mulai tumbuh dikala Cucak ijo (CI) sudah memasuki usia 5 bulan, tapi ada juga yang sanggup lebih lama.

Agar trotolan Cucak ijo (CI) cepat nopeng harus diberikan perawatan yang tepat dan juga diberian pakan yang berkualitas supaya terpenuhi kebutuhan nutrisi dari Cucak ijo (CI) trotolan selama masa pertumbuhannya, termasuk untuk mempercepat pertumbuhan bulu-bulunya.

Buah-buahan:

Berikan buah-buahan dengan sajian bervariasi setiap harinya sebagai pakan utama Cucak ijo (CI) trotolan, seperti:
• Pisang kepok
• Pepaya
• Apel
• Sawo
• Jambu biji, dan lainnya.

Pemberian buah dengan sajian bervariasi bertujuan supaya Cucak ijo (CI) trotolan tersebut tidak bosan. Kandungan nutrisi dalam buah-buahan tersebut juga berbeda-beda dan sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi harian Cucak ijo (CI) trotolan dalam masa pertumbuhannya.

Ekstra fooding (EF):

• Jangkrik

Jangkrik mengandung protein yang tinggi, alasannya ialah itu, jangkrik menjadi sajian Ekstra fooding (EF) harian untuk Cucak ijo (CI) trotolan. Untuk Cucak ijo (CI) muda/trotolan, jangkrik sanggup diberikan sekenyangnya supaya pertumbuhan fisik dan bulu-bulunya sanggup sehat dan sempurna.

• Ulat hongkong (UH)

Efek ulat hongkong (UH) dalam jumlah sedikit sanggup menghangatkan badan burung, tapi kalau diberikan dalam jumlah banyak, maka dampak yang ditimbulkan ialah meningkatkan suhu badan secara drastis (panas) dan sanggup menyebabkan bulu-bulu burung menjadi rontok.

Dan tujuan sumbangan ulat hongkong (UH) pada Cucak ijo (CI) trotolan/kuningan ialah supaya bulu-bulu trotolnya cepat rontok dan cepat berganti dengan bulu-bulu dewasa, terutama bulu-bulu kuning pada bab muka dan leher Cucak ijo (CI) trotolan supaya cepat berganti dengan bulu-bulu hitam (Nopeng).

• Kroto

Fungsi kroto ialah untuk meningkatkan birahi burung sehingga burung akan lebih rajin berkicau. Kandungan proteinnya yang sangat tinggi juga sanggup membantu memenuhi kebutuhan protein Cucak ijo (CI) untuk mempercepat pembentukan bulu-bulu baru.

Mandi dan Jemur:

Perawatan mandi dan jemur juga harus dilakukan secara rutin dan konsisten setiap hari supaya Cucak ijo (CI) sehat dan aktif serta terhindar dari serangan kutu dan supaya Cucak ijo (CI) menerima asupan vitamin D dari proses penjemuran di pagi hari.

Trotolan Cucak ijo (CI) jantan akan mulai tumbuh bulu-bulu hitam bertahap seiring bertambahnya usia Cucak ijo (CI) trotolan tersebut.

Bulu-bulu kuning pada muka dan leher Cucak ijo (CI) trotolan jantan akan mulai rontok bertahap dan berganti dengan tumbuhnya bulu-bulu hitam. Sebaiknya jangan mencabuti bulu-bulu trotol secara paksa untuk mempercepat Cucak ijo (CI) trotolan nopeng alasannya ialah belum tentu sehabis dicabuti nantinya tumbuhnya bulu warna hitam, melainkan warna putih.

Baca juga:

Ciri-ciri fisik Cucak Ijo (CI) orisinil Banyuwangi

Penanganan yang tepat untuk Cucak Ijo (CI) macet bunyi

Perawatan yang tepat untuk Cucak Ijo (CI) yang mengalami mabung total

Ciri-ciri perbedaan Cucak Ijo (CI) jantan dan betina muda/trotolan yang akurat

Demikian sedikit warta wacana tips supaya trotolan Cucak ijo (CI) cepat nopeng. Untuk warta lain seputar Cucak ijo (CI), sanggup dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak ijo (CI) trotol

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive