Home » » Mengatasi Cendet Miyik dan Macet Bunyi

Mengatasi Cendet Miyik dan Macet Bunyi

Cendet / Pentet adalah jenis burung predator yang ganas dan agresif. Dihabitatnya, cendet/pentet sering memangsa serangga, reptil -reptil kecil, bahkan tidak jarang burung ini juga memangsa burung-burung kecil. Tapi saat dipelihara dalam kandang, sifat ganas cendet tidak bisa lagi tersalurkan karena kebutuhannya sudah disediakan oleh pemiliknya yang tentu saja tidak akan bisa sama dengan kondisi dihabitat aslinya. Dan karena salah perawatan serta kebiasaan memanjakan cendet, tidak jarang menjadikan burung predator ini menjadi manja dan berkelakuan seperti burung yang masih piyik (anakan).


Bicara tentang Solusi Untuk Cendet Miyik dan Macet Bunyi pasti suatu saat kita akan mengalami fase tersebut dan tiap orang yang hobi burung kicau pasti sudah tidak asing lagi namun apakah ada sudah pernah mengalminya atau belum, jika belum tennag saja kami akan mengulasnya berikut ini. Makanya disimak sampai selesai ya sobat burung kicu jangan sampai anda melewatkan trik dan kesempatan dalam mengulas yang satu ini.

Karakter setiap burung memang berbeda – beda, lakukan cara tersebut selama beberapa hari dan amati apakah ada perubahaan pada burung cendet yang anda miliki.

Berikut beberapa tips dari saya :

  • Dengan melakukan mandi malam. Ya benar sekali mandi malam dan juga pemberian kroto yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah cendet miyik dan berubah menjadi macet bunyi. Untuk mandi malam ini khusus burung cendet cukup di semprot menggunakan sprayer yang sering anda gunakan dan dalam memandikanya saya sarankan jangan terlalu basah atau sampai basah kuyup. Cukup sampai agak basah saja. Kemudian setelah itu anda bisa mengangin anginkan burung cendet sampai bulunya kering dan anda bisa memberikan kroto sebanyak satu sendok ketika di angin – anginkan. Kemudian setelah kering anda bisa mengkrodong burung tersebut.
  • Berikan pakan (jankrik) sekenyangnya pada cendet agar tercukupi kebutuhan proteinnya. Jangan memberikan jangkrik langsung dari tangan, cukup taruh saja dalam cepuk atau dilemparkan langsung kedalam kandangnya.
  • Dengan terapi kejut untuk membuatnya jadi liar/giras agar kembali sifat dasarnya sebagai burung predator. Terapi kejut bisa dilakukan dengan memberikan trauma kepada burung setiap kali akan berperilaku miyik. Misalnya:
• Menyemprot burung dengan air dingin (air es) ketika terlihat akan berperilaku miyik.
• Menggebrak kandang dengan tangan atau kayu agar cendet terkejut dan tidak jadi miyik.

Lakukan terapi tersebut setiap kali cendet/pentet memperlihatkan perilaku manja/miyik.

Perawatan harian agar cendet/pentet tidak kembali menjadi manja/miyik/mbayi lagi:

• Pola perawatan yang teratur serta kedisiplinan kita sebagai pemiliknya bisa mencegah cendet/pentet kembali berperilaku manja.
Pemberian pakan yang berkualitas akan membuat cendet/pentet tercukupi kebutuhan nutrisinya, sehingga cendet/pentet tidak akan merengek-rengek lagi untuk meminta makan.

• Berikan ekstra fooding (EF) yang bervariasi, misalnya:
- Jangkrik
- Belalang
- Kadal kecil
- Cicak
- Orong-orong
- Katak kecil
- Ikan-ikan kecil
- Daging mentah, dll.

• Burung-burung kecil juga bisa diberikan sebagai untulan sebulan sekali. (TIDAK DIREKOMENDASIKAN)

• Embunkan cendet/pentet setiap pagi mulai jam 5 pagi untuk menghirup udara segar.

• Mandi dilakukan setiap hari pada jam 7 pagi, setelah itu diangin-anginkan sampai bulu-bulunya kering.

• Jemur 2-3 jam rutin setiap hari.

Demikian sedikit informasi tentang cara ampuh mengatasi cendet manja/miyik/mbayi. Untuk informasi lain seputar burung cendet akan dibahas pada artikel yang lain.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive