Home » » Obat Alami Flu Pada Kucing

Obat Alami Flu Pada Kucing

Obat Alami Flu Pada Kucing

Jika kita melihat peliharaan kita terlihat sakit, begitu sedihnya kita, tak tega melihat hewan kesayangan kita terlihat tidak sehat, apa lagi kucing.
Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak di pelihara oleh manusia, karena tingkah dan hewan yang lucu sekali. Hewan yang satu ini sangat lucu dan imut maka dari itu kita sangat tidak tega jika melihat kucing peliharaan kita sakit , dan pada kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana cara menyembuhkan penyakit flu pada kucing peliharaan kita.
Tentu dengan cara yang mudah dan manjur.


Sebelum membahas tentang cara mengobati flu kucing secara alami, ada baiknya kita mengetahui gejala-gejala yang muncul. Sama seperti pada manusia, gejala flu pada kucing ditandai dengan bersin-bersin, hidung berlendir, mata berair dan berselaput. Terkadang disertai demam dan hilang nafsu makan. Flu pada kucing ini biasanya terjadi pada musim pancaroba dan umumnya menyerang anak kucing yang belum divaksin. Jika tidak segera diatasi terutama jika sudah si kucing sudah mulai tidak mau makan, akan sangat berbahaya.

Ciri-ciri kucing flu
Adapaun beberapa ciri-ciri yang bisa kita perhatikan untuk mengetahui apakah kucing sedang sakit flu (pilek) seperti :

  1. Badan terasa panas (demam)
  2. Bersin-bersin
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Mata memerah
  5. Batuk
  6. Keluar ingus
  7. Kurang energik
  8. Sariawan

Biasanya gejala flu di atas terjadi selama 1 minggu, nah setelah satu minggu (minggu ke 2 atau 3) biasanya kesehatan tubuh kucing akan membaik dan diharapkan sembuh.

Berikut cara mengobati kucing flu yang bisa anda terapkan di rumah:


  1. Jangan dimandikan : Kucing yang terkena flu harus dijaga agar tubuhnya tetap hangat. Oleh karena itu jangan dulu dimandikan untuk sementara waktu hingga flunya sembuh. Jika tubuhnya kotor cukup dibersihkan dengan lap basah.
  2. Berikanlah kucing kamu suplemen dan vitamin yang sedang sakit flu, karena hal ini dapat membantu daya tahan tubuh hewan peliharaan lebih maksimal walaupun kucing kamu sedang terkena flu. Nah, jika flu atau pileknya tidak terlalu parah, dampak dalam pemberian suplemen dan vitamin akan membuat si kucing cepat sembuh.
  3. Kamu bisa membersihkan ingus yang keluar dari hidung dengan tisu atau lap kering yang bersih, dan jangan lupa perhatikan kucing kesayangan kamu agar tidak kepanasan karena kelamaan menjemur kucing.
  4. Beri makanan yang cukup dan bernutrisi : Untuk mempercepat proses penyembuhannya kucing yang sedang menderita flu sebaiknya diberikan makanan bernutrisi dalam jumlah cukup sehingga kebutuhan tubuhnya terpenuhi dan dapat berangsur membaik. Bukan hanya manusia, kucing juga butuh nutrisi terlebih saat ia merasakan sakit seperti flu. Oleh karena itu, pemberian vitamin B untuk kucing sangat diperlukan agar kucing bisa kembali pulih dan bersemangat.
  5. Berikan Suhu Hangat pada Kucing : Suhu hangat bisa membantu penyembuhan kucing yang sedang flu. Anda bisa mengantungkan lampu dengan Watt kecil diatas tempat tidurnya atau memberikannya selimut hangat. Kucing akan merasa senang dan nyaman jika dipeluk dan dielus-elus. Dalam keadaan seperti itu biasanya mereka akan mengeluarkan dengkuran sehingga seluruh tubuhnya bergetar. Menurut penelitian dengkuran kucing bersifat menyembuhkan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengelus kucing anda sesering mungkin.
  6. Memberikan madu : Madu merupakan obat yang mujarab untuk segala penyakit, khususnya obat untuk kucing flu. Berikan madu untuk si kucing dalam 1×4 jam, taruh aja sedikit di kandang atau campurkan dengan air minumnya.
  7. Beri vaksinasi : Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu penyebab kucing terkena flu adalah infeksi virus. Untuk mencegah dan melawan virus ini sebaiknya kucing divaksinasi sehingga lebih kebal terhadap virus penyebab flu. Meskipun ia pada dasarnya telah memiliki antibodi pemberian vaksinasi tetap disarankan. Untuk vaksinasi kucing biasanya membutuhkan dokter yang ahli, bawalah ke dokter hewan agar vaksinasi yang diberikan kepada kucing cenderung tepat dan tidak menuimbulkan efek samping bagi kucing kesayangan anda.
  8. Berikan Vitamin Kucing : Pemberian suplemen adalah salah satu cara mengobati flu kucing. Vitamin dapat membantu meningkatkan sistem imun kucing dalam menghadapi penyakit flu. Saya sarankan untuk memilih vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami karena lebih aman dan tanpa efek samping. Ada satu vitamin herbal yang bisa dijadikan pilihan. Namanya adalah SuperJamu HerbaFit yang merupakan all-in-one suplement yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain itu, komposisinya yang lengkap bisa memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi kucing kesayangan. Komposisinya terdiri dari: protein, vitamin, kalsium, mineral, Curcuma xanthorrhiza, Curcuma domestica, Alpina galanga, Air dan bahan herbal lain. Bentuknya yang cair dapat memudahkan anda dalam memberikan vitamin ini pada kucing yang sedang sakit. Anda bisa memberikannya langsung pada kucing atau mencampurnya dengan makanan atau minumannya.
  9. Jaga kandang atau tempat tidurnya selalu bersih dan hangat : Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah selalu menjaga kebersihan kandang atau tempat tidur kucing sehingga ia dapat beristirahat dengan baik serta terhindar dari infeksi kuman-kuman penyakit lainnya. Selain itu jaga juga agar tempat tidurnya selalu hangat sehingga dapat membantu proses penyembuhannya.

Perlu kamu perhatikan juga, bahwa jangan memberikan kucing obat flu manusia karena efeknya sangat berbahaya, yang jelas dosis untuk manusia dan hewan sangatlah berbeda. Jika gejalanya semakin parah, segeralah kamu membawa kucing kesayangan kamu ke dokter hewan terdekat.
Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengobati kucing terkena flu atau pilek yang bisa saya sampaikan. Semoga setelah kamu membaca informasi yang saya berikan bisa mengatasi permasalahan kamu. Lebih baik mencegah daripada mengobati, untuk itu mari kita lebih memperhatikan kucing peliharaanya.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive