Home » , » Cegah Punglor Semoga Tidak Gampang Stres

Cegah Punglor Semoga Tidak Gampang Stres

Punglor atau anis merah mempunyai bunyi merdu dan gaya unik ketika berkicau,dua hal tersebut manjadi daya tarik tersendiri bagi para kicau mania.burung yang kontras dengan warna merah ini tidak pernah sepi dari perbincangan komunitas dunia perburungan di tanah air.namun ada hal negatif mengenai burung ini,dimana dari dulu hingga kini punglor di kenal dengan burung yang gampang stres dan membutuhkan perawan akstra yang luar biasa.suara merdu si punglor atau anis merah ini memang membikin hati pendengar tentran dan tenang dengan nada yang melengking serta cengkok kicauannya yang merdu.namun begitu sebaliknya apabila si punglor ini stres maka tidak dapat di pungkiri pemiliknya juga akan ikut-kutan stres,pasalnya mengembalikan performa burung punglor tidak semudah membalikkan telapak tangan kita.

Punglor yang sudah terlanjur stres memerlukan contoh perawatan yang lebih baik lagi dan waktu yang agak usang semoga dapat pulih kembali.
Penyebab performa burung punglor menjadi menurun bermacam-macam,entah itu disengaja maupun tidak disengaja oleh sipemilik.salah satu penyebab yang sudah biasa di alami antara lain...
1.Setelan atau setingan harian sengaja di ubah oleh pemilik baru.
2.Kalah mental jawaban mengikuti lomba di lapangan.
3.Salah contoh perawatan ketika dalam masa mabung/ngurak/moulting.
4.Burung terlalu over birahi.
5.Burung sedang sakit.
6.Burung nyulam.
7.Dan lain-lain.

Trik mencegah burung punglor semoga tidak gampang stres sehingga gacor dan teler memang berbeda beda yang di  terapkan oleh para kicau mania,akan tetapi semuanya tetap kembali pada aksara burung itu sendiri.intinya contoh perawatan burung punglor memang mempunyai tingakatan yang lebih sulit kalau dibandingkan dengan contoh perawatan burung kicauan lainnya.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengenai contoh perawatan burung punglor semoga tidak gampang stres dan selalu tampil dalam kondisi prima.

Perawatan Harian Burung Punglor Yang Benar.

Pengembunan.
Bagi saya pribadi salah satu hal penting dalam merawat burung merah ini ialah jangan malas menciptakan burung punglor terkena embun pagi (pengembunan).cara ini harus kalian terapkan setiap hari dan jangan lupa tetap kontrol terlebih dahulu kondisi cuaca disekitar.apabila dari kalian mempunyai sifat pemalas dan mempunyai banyak kesibukan saya rasa tidak cocok merawat burung yang mempunyai julukan anis merah ini.

Pemberian pakan
Pada tahap ini,pemberian pakan berupa voer kering dan buah segar harus selalu diganti setiap harinya.dalam kesehariannya berikan pakan secukupnya,intinya cukup untuk menopang kelangsungan hidupnya dalam sehari.
Ketika memperlihatkan pakan berupa EF jangan sekali kali memakai tangan eksklusif semoga suatu ketika burung punglor tidak memperlihatkan sifat manjanya.sifat manja punglor sangat peka dan sensitif,sifat tersebut biasanya akan ia bawa ke lapangan,dimana burung tidak akan mau berkicau dan tidak mau bersaing dengan lawan ketika melihat sang majikan.jadi kalo mau bawa punglor ke lapangan buat di lombakan usahan jangan si perawat sendiri yang gantang dan jangan hingga punglor melihat si majika.bawa rekan atau teman  kalianbuat membawa dan gantang punglor tersebut.namun apabila anda ingin melihat agresi punglor tersebut di lapangan usahan melihat dari kejauhan.

Proses Pemandian
Cara yang paling teapat memandikan burung punglor ialah memakai kandang keramba.jangan sekali kali kalian pegang dengan tangan eksklusif ketika mau memasukkan burung ke dalam kandang keramba.lalu bagaimana cara memasukkan burung kedalam kandang keramba?caranya ialah kalian tempel kandang harian dan kandang keramba dalam keadaan pintu kandang sama-sama terbuka,kemudian didalam kandang keramba kalian taruh masakan kesukaannya sebagai pancingan semoga ia masuk ke dalam kandang keramba.kalau burung tidak mau pindah kandang maka jangan kalian paksa,dan alternatif lain semoga burung dapat mandi sendiri ialah dengan cara kalian sediakan cepuk yang berukuran agak besar didalam sangkarnya semoga senantiasa burung dapat mandi dengan sendirinya.

Proses Penjemuran
Pada ketika penjemuran diusahakan pilih daerah gantangan yang strategis dan jauh dari jangkauan burung peliharaan kalian lainnya.durasi penjemuran yang paling baik maksimal 2 jam (antara jam 07 pagi hingga jam 09 pagi) di bawah sinar matahari langsung.

Tempat Gantangan Harian
Masalah daerah menggantang harian buat burung punglor juga besar lengan berkuasa pada mentalnya,usahakan gantang di daerah yang sepi dari kemudian lalang insan serta kondusif dari serangga dan binatang berbahaya lainnya.Tempat gantang yang paling baik dan banyak direkomendasikan buat burung punglor ialah di daerah dimana terdengar ada bunyi gemercik air,seperti di akrab akuarium,kolam,kamar mandi dan lain sebagainya.hal ini bertujuan semoga suasana tiap harinya terasa nyaman dan berfungsi sebagai therapi.

Manfaatkan Kerodong Sangkar
Ketika burung sedang beristirahat,maka jangan kalian abaikan fungsi dari pemakaian kerodong pada sangkarnya.hal ini bertujuan semoga selama istirahat burung bebas dari gangguan dan ancaman di sekitar.gunakan kain kerodong yang mempunyai ketebakan sedang,intinya burung sulit untuk memandang jangkauan di luar sangkar.

Pemberian Pakan Berupa EF
Pemberian EF berupa keroto segar wajib kalian komsumsilan minimal 2 kali dalam seminggu.keroto segar banyak diyakini mengandung banyak multivitamin dan protein penting untuk menjaga stamina semoga punglor selalu sehat dan tidak gampang sakit.
cacing tanah sebanyak satu ekor yang berukuran sedang dan sudah di bersihkan baik juga di konsumsikan sebulan sekali untuk menjaga stabilitas birahi burung punglor.

Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan semoga punglor tidak gampang stres.bagikan artikel ini kepada rekan atau teman kalian semoga kalian dapat menerapkan arti kata indahnya berbagi.
salam Succes buat semua...

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive