Home » , » Penyebap Dan Cara Atasi Burung Lovebird Ngeruji Atau Ngerayap

Penyebap Dan Cara Atasi Burung Lovebird Ngeruji Atau Ngerayap

Merawat lovebird memang dapat di bilang dengan istilah gampang-gampang susah.gampang bagi yang sudah pengalaman tapi susah bagi pemula yang masih tahap awal memelihara lovebird.memang tidak dapat di pungkiri bahwa lovebird mempunyai kebiasaan yang tidak di minati oleh para pecinta burung berkicau yakni kebiasaan jelek ngeruji atau ngerayap.hal tersebut di tandai dengan tingkah laris lovebird yang ibarat binatang sedang memanjat pohon dan bergelantungan.ciri khas dan sudah tidak abnormal lagi berawal dari indukan yang sudah turun temurun.namun tetap harus kita hilangkan karna selain tidak sedap di pandang mata,lovebird yang sering ngeruji atau ngerayap mempunyai nilai yang kurang baik bagi semua kalangan dan para juri saat di lombakan.

Saya tekankan apabila kalian mempunyai lovebird dengan kebiasaan jelek ibarat di atas,maka tidak perlu panik, cemas dan putus asa,karna kebiasaan jelek pada burung lovebird tersebut tolong-menolong dapat kita atasi.pada kesempatan kali ini saya akan membuatkan trick melalui pengalam perihal cara mengatasi lovebird yang sering ngeruji atau ngerayap.
Menurut pengalaman saya pribadi,kebiasaan jelek tersebut biasanya di pengaruhi oleh 3 faktor yang sudah umum terjadi pada setiap jenis burung.faktor apa saja yang mensugesti lovebird tersebut? dan bagaimana cara mengatasinya? oke pada atikel ini saya akan menjawab satu persatu dan cara mengatasinya.
Silahkan kalian simak beberapa klarifikasi yang sudah saya rangkum di bawah ini.


1.UMUR ATAU USIA YANG MASIH MIDA.

Yang pertama biasanya lovebird yang mempunyai kebiasaan ngeruji di pengaruhi oleh faktor umur.lb atau lovebird yang masih muda biasanya sering ngeruji dan ngerayap.cara yang paling simple dan jitu untuk mengatasinya ialah usahakan lovebird yang umurnya masih muda saat di gantang tidak usah terlalu tinggi, penempatan taruh pada daerah yang biasa di lalui manusi (lalu lalang manusia),akan tetapi jangan terlalu ramai dan sering mengakibatkan bunyi gaduh.
pada malam hari usahakan lovebird gantang di ruang tamu atau ruang menonton tv tanpa perlu di kerodong.hal ini bertujuan biar lovebird terbiasa dengan insan dan suasana di sekitar.meskipun demikian kalian harus tetap hindari untuk menarik hati burung lovebird menggunakan tangan, yang menjadikan kelak bila sudah remaja lovebird tersebut akan bersifat manja.
Faktor pertama tersebut di khususkan pada burung lovebird yang masih berumur 2 hingga 5 bulan.kalau lovebird kalian umurnya sudah melebihi dari 5 bulan maka dapat di perkenalkan dan dibiasakan mamakai kerodong saat beristirahat.

2.MENGALAMI OB (OVER BIRAHI).

Faktor yang kedua biasanya di pengaruhi oleh ob atau over birahi.cara mengatasinya berbeda dengan cara yang pertama,yaitu dengan cara kalian stop derma masakan EF ibarat jagung,tauge dan kangkung.dalam proses ini berikan burung  berupa milet putih saja serta jangan lupa air minum harus selalu tersedia dan di ganti setiap hari.
Kurangi durasi penjemuran dan pemandian.saya beri pola misalkan penjemuran pada umunya di terapkan selama 2 jam,maka di pangkas menjadi 1 jam atau 30 menit saja.serta pemandian yang semula rutin di lakukan setiap hari maka di pangkas menjadi satu kali dalam seminggu.a
Namun pabila burung yang over birahi masih tetap ngeruji meskipun mengikuti cara di atas,maka kalian perlu coba cara lain.cara yang paling ampuh untuk mengatasi problem ini ialah mengawinkan burung lovebird tersebut dengan lawan jenisnya hingga salah satu ada yang bertelur.cara ini saya jamin over birahi akan pribadi sembuh dan kembali burung akan kembali normal.

3.JUMLAH DAN POSISI TANGKRINGAN YANG TIDAK SESUAI.

Faktor yang ke tiga (terakhir) di pengaruhi oleh jumlah dan posisi tangkringan,dimana posisinya tidak di sukai oleh burung lovebird tersebut.misalkan saya beri pola kalau kalian menggunakan jumlah tangkringan 2 buah coba ganti dengan 3 buah tangkringan,(satu di bawah dan dua di atas).
atau dapat kalian coba menggunakan 4 tangkringan (dua di bawah dua di atas).
pada dasarnya kalian tetap pantau kesehariannya sambil mencari posisi yang pas buat burung lovebird kalian.di samping itu semua, perlu kalian ciptakan suasana yang nyaman di dalam kandang biar burung betah untuk bertengger pada tangkringan.
kebersihan kandang juga perlu kalian jaga biar bebas dari serangga kecil pengganggu yang memicu burung untuk mengejar.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi burung lovebird yang sering ngeruji atau ngerayap.cara ini saya ambil dari pengalaman dan sudah  saya terapkan kepada lovebird yang saya pelihara.yang perlu kalian ingat bahwa keberhasilan tergantung seberapa besar perjuangan kalian masing-masing.semoga artikel yang saya buat dapat membantu kalian semua pecinta dan penghobi burung tanah air.agar kalian dapat menerapkan arti kata indahnya membuatkan maka share atau bagikan artikel ini kepada sahabat atau kerabat kalian yang mungkin lebih membutuhkan goresan pena ini.
Jika para pembaca masih ada unek-unek yang perlu di pertanyakan, silahkan tulis pertanyaan dan keluhan kalian pada kolom komentar di bawah.terima kasih dan Wassalam...

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive